Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  09 Jun '22


Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi mampu membuat pikiran menjadi fresh dan tubuh kembali bugar. Namun, apakah ibu hamil boleh minum kopi?

Boleh tidaknya ibu hamil mengkonsumsi kopi masih menjadi polemik saat ini. Ada dokter yang memperbolehkan. Namun, ada juga yang melarang. Jika Moms ingin mengetahui jawaban lebih pasti mengenai pertanyaan tersebut. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi? Ini Takaran Amannya

Seorang ibu hamil sebenarnya masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi kopi selama kondisinya memungkinkan. Ada beberapa kasus ibu hamil yang kesehatannya tidak maksimal selama mengandung, misalnya tekanan darahnya tinggi, kelainan jantung, dan sebagainya.
Menurut seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Bersalin Asih Jakarta Selatan, Dr. Benny Johan Marpaung SpOg, kandungan kafein yang terdapat pada kopi sangat berbahaya bagi janin. Hal ini terjadi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
Konsumsi kopi berlebihan bisa membuat gejala mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil menjadi lebih parah. Apalagi, untuk para Moms yang mengalami morning sickness, kafein berlebih dalam tubuh akan membuat badan menjadi lebih tidak nyaman.
Oleh sebab itu, disarankan bagi ibu hamil untuk tidak terlalu banyak minum kopi. Tujuannya untuk meringankan gejala mual dan muntah sehingga badan bisa lebih segar. 
Bolehkah ibu hamil trimester 3 minum kopi? Meski ibu hamil dianjurkan untuk tidak minum kopi, tidak ada larangan ibu hamil untuk mengonsumsinya. Tentu saja, kopi yang dikonsumsi harus sesuai dengan takaran yang aman. Adapun takaran dosis kopi per hari yang aman untuk ibu hamil adalah tidak lebih dari dua cangkir.
Untuk meminimalisir kandungan kafein dalam kopi, Moms bisa menyiasatinya dengan membuat kopi lebih encer. Dengan begitu, jumlah kafein yang masuk dalam tubuh tidak melebihi batas aman.

Dampak Konsumsi Kopi Berlebihan Bagi Ibu Hamil

Pertanyaan mengenai apakah ibu hamil boleh minum kopi selalu menghantui perasaan Moms yang tidak bisa meninggalkan minuman ini sama sekali. Sebagai pecinta kopi, pasti sangat berat untuk menjauhi minuman berkafein tersebut. Konsumsi kopi masih diperbolehkan selama takarannya tidak melebihi batas aman yaitu 2 cangkir per hari. Lalu, apakah bumil boleh minum es kopi? Moms, es kopi itu sama saja dengan kopi hangat karena dua-duanya mengandung kafein. Karena itulah, Moms pun harus membatasi konsumsi es kopi.
Berikut ini dampak buruk konsumsi kopi berlebih bagi ibu hamil:
  1. Insomnia
Moms harus mengetahui bahwa sistem metabolisme tubuh ibu hamil lebih lambat 1,5 hingga 3,5 kali dari kondisi orang biasa. Karena itulah, kafein yang Moms konsumsi dari kopi akan lebih lama beredar di dalam tubuh. Akibatnya, Moms sulit tidur atau yang disebut juga dengan insomnia.
Walaupun mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedikit saja, efeknya bisa sangat besar bagi tubuh sebab metabolismenya yang berjalan lambat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari dulu minum kopi saat hamil agar tubuh bisa beristirahat dengan optimal.
  1. Mengganggu Kesehatan Plasenta
Salah satu dampak konsumsi kopi berlebih yang cukup mengkhawatirkan adalah terganggunya kesehatan plasenta yang sekaligus juga bisa membahayakan kondisi janin. Berdasarkan American Pregnancy Association, kafein yang terdapat dalam kopi mampu melintas ke dalam plasenta. Kafein sangat mungkin masuk ke dalam janin. Jadi, efek buruk kopi tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil saja tetapi juga oleh si Kecil dalam kandungan. Karena itu, minum kopi sebaiknya sesuai dengan takaran aman saja agar tidak banyak kafein yang masuk ke tubuh.
  1. Keguguran
Hasil penelitian American Journal of Obstetrics and Gynecology menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per hari berisiko 2 kali lipat mengalami keguguran. Dampak inilah yang membuat Moms harus waspada supaya kondisi kandungan tidak mengalami masalah selama kehamilan. Bila perlu tinggalkan dulu kopi atau konsumsi sewajarnya saja.
  1. Anemia
Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini disebabkan kurangnya asupan zat besi bagi tubuh. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi kafein yang berlebih, baik yang berasal dari kopi, teh, maupun cokelat.
Senyawa fenol yang terdapat dalam kafein dapat menghambat penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil. Padahal, peran zat besi sangat penting untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke janin dalam kandungan.
  1. Meningkatkan Asam Lambung
Bukan rahasia lagi kalau salah satu dampak buruk kopi yang sangat terasa bagi tubuh adalah meningkatkan kadar asam lambung. Lantas, apakah ibu hamil boleh minum kopi? Konsumsi kopi melebihi dua cangkir per hari bagi ibu hamil juga bisa memicu meningkatnya asam lambung. Akibatnya, bisa memperparah gejala mual dan muntah yang kerap dialami ibu hamil, khususnya pada pagi hari.
  1. Berat Badan Lahir Rendah
Moms pasti ingin si Kecil lahir dengan berat badan normal. Bayi dengan berat badan yang normal menandakan bahwa asupan nutrisi terserap dengan sangat baik oleh janin selama dalam kandungan. Namun, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir rendah atau dikenal dengan istilah BBLR. Salah satunya adalah konsumsi kafein yang berlebih selama masa kehamilan. Kafein inilah yang menghambat penyerapan nutrisi sehingga kebutuhan janin tidak terpenuhi.  

Manfaat Kopi Bagi Ibu Hamil

Dengan kadar yang aman dan tepat, konsumsi kopi ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil. Walaupun masih menjadi dilema apakah ibu hamil boleh minum kopi, faktanya kopi juga punya dampak baik bagi kondisi ibu hamil.
Lantas, apa khasiat kopi untuk ibu hamil? Simak ulasan singkatnya di bawah ini:
  1. Membuat Perasaan Menjadi Stabil
Ibu hamil punya emosi yang gampang naik turun. Hal ini tentu akan berdampak juga bagi kondisi janin. Dengan mengkonsumsi kopi, perasaan Moms bisa menjadi lebih stabil.
Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi mampu memberikan energi positif bagi ibu hamil sehingga suasana hatinya bisa lebih terkontrol. Tak hanya diminum, mencium aroma kopi saja bisa membuat perasaan yang campur aduk menjadi stabil.
  1. Membuat Tekanan Darah Lancar
Kandungan hormon epinefrin yang terdapat dalam kafein berkhasiat untuk memperlancar aliran darah. Untuk Moms yang menderita anemia, konsumsi kopi bisa sangat bermanfaat. 
Akan tetapi, minuman ini tidak disarankan untuk ibu hamil yang menderita hipertensi karena bisa menaikkan tekanan darah. Konsumsi kopi harus sesuai dengan takaran dan jangan berlebihan. Bila kandungan kafein dalam tubuh sudah sangat banyak jumlahnya, maka manfaat yang diharapkan bisa dirasakan malah akan berganti menjadi dampak buruk bagi kesehatan Moms.
  1. Membuat Sistem Kerja Saraf Meningkat
Hormon epinefrin juga bisa meningkatkan sistem kerja otak. Kondisi ibu hamil yang gampang stres dengan emosi yang naik turun bisa teratasi dengan mengkonsumsi satu cangkir kopi.
Apakah ibu hamil boleh minum kopi? Dengan kadar yang aman, ibu hamil bisa mengkonsumsi kopi setiap hari. Namun, jika sudah berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan Moms, bahkan mengancam keselamatan jiwa janin yang sedang dikandung.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

223 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]