Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ketahui 4 Langkah Penting Saat Persiapan Kehamilan

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  20 Apr '18


Masa kehamilan merupakan masa yang sangat diimpikan oleh setiap pasangan terutama pasangan muda. Tak sedikit pasangan muda telah merencanakan persiapan kehamilan dari jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi mental dan fisik sehat untuk menunjang pertumbuhan bayi yang optimal. Dengan persiapan yang matang, maka diharapkan setiap ibu yang hendak hamil akan terhindar dari janin yang tidak normal dan mengurangi keluhan selama masa kehamilan.

Kehamilan bukan hanya tentang kesiapan seorang wanita untuk mengandung janin selama 9 bulan, namun ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh setiap Moms yang sedang mempersiapkan masa kehamilan. Lantas apa saja yang harus diperhatikan selama mempersiapkan kehamilan ? 

  • Mulailah memperhatikan berat badan 
    Obesitas atau kelebihan berat badan sebelum hamil akan menyebabkan resiko terjadinya beberapa komplikasi saat anda hamil, diantara resiko tersebut adalah, diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kelebihan berat badan juga beresiko menyebabkan janin yang anda kandung terlahir cacat hingga keguguran. Kelebihan Berat badan juga dapat mengurangi tingkat kesuburan seorang wanita, sehingga potensi untuk hamil akan sangat sulit. Tak hanya kelebihan berat badan yang menjadi masalah untuk hamil, ternyata kekurangan berat badan juga berpotensi menyulitkan anda untuk hamil. Karena dengan kekurangan berat badan, maka siklus menstruasi anda tidak akan teratur. Sehingga hormon dalam Rahim anda akan terganggu, hal tersebut tentu akan menyullitkan anda untuk hamil. 
  • Hindari asap rokok
    Berhentilah merokok ketika anda sedang mempersiapkan kehamilan. Rokok memiliki resiko yang sangat tinggi untuk seorang wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam proses kehamilan. Tak hanya perokok aktif saja yang yang berbahaya, namun perokok pasif juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif pada tubuh. Dengan begitu, sebaiknya anda menghindari seseorang yang sedang merokok.
  • Jangan mengkonsumsi minuman berakohol
    Tak hanya rokok yang berbahaya, namun minuman berakohol juga memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi wanita yang sedang dalam proses persiapan kehamilan. Alkohol memiliki zat yang bisa menyebabkan tingkat kesuburan anda menurun dan meningkatkan resiko anda mengalami keguguran dini. Sehingga akan sangat sulit untuk anda mendapatkan masa kehamilan yang anda impikan. Jalan terbaik yaitu dengan berhenti mengkonsumsi minuman berakohol dan beralih mengkonsumsi minuman sehat yang kaya akan mineral.
  • Mengkonsumsi sayuran hijau
    Hal terpenting yang harus dilakukan bagi wanita saat sedang mempersiapkan kehamilan adalah memperhatikan pola makan yang sehat. Anda dianjurkan mengkonsumsi sayuran hijau yang bisa memenuhi kebutuhan asam folat, antioksidan, dan vitamin B yang bisa meingkatkan kesehatan sistem reproduksi. Selain itu sayuran hijau juga bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon estrogen sehingga kesuburan wanita akan meningkat.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

918 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Abortus Imminens, Ancaman Kehamilan di Trimester Pertama

Fase kehamilan paling rentan adalah di trimester pertama yaitu bulan pertama sampai dengan bulan ketiga kehamilan.

Gejala dan Penyebab Hamil Anggur

Mengapa hamil anggur bisa terjadi? Yuk simak penjelasan seputar hamil anggur di artikel berikut.

Bolehkah Puasa Bagi Ibu Hamil Usia 4 Bulan?

Mendekati bulan puasa, mungkin ibu hamil merasa khawatir dengan kandungannya, mari kita perhatikan tips berikut.

Kenapa Bumil Dianjurkan Konsumsi Susu Kedelai?

Susu kacang kedelai memiliki banyak kandungan nutrisi baik. Lantas, bagaimana manfaatnya jika Moms hamil mengonsumsinya?