Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  14 Jun '22


Keputihan merupakan suatu hal normal yang pasti dialami oleh setiap wanita. Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. Lalu, keputihan berwarna putih susu apakah tanda hamil? Saat sedang hamil, Moms juga akan mengalami keputihan. Kondisi ini disebabkan terjadinya perubahan pada hormon estrogen dan progesteron dari plasenta serta meningkatkan aliran darah ke vagina sejak masa awal kehamilan. Agar lebih pasti, Moms bisa mempertimbangkan tes kehamilan.

Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Menjelang Menstruasi

Bagi Moms yang sedang menantikan kehadiran seorang buah hati, tentu segala gejala yang tampak seperti tanda kehamilan akan membuat excited, bukan? Termasuk juga saat mengalami keputihan dengan warna berbeda dari biasanya. Moms pasti berharap bahwa itu adalah pertanda kehamilan.
Lalu, sebenarnya seperti apa keputihan tanda hamil? Untuk dapat mendeteksi kehamilan lebih awal, maka Moms perlu mampu membedakan antara ciri keputihan tanda hamil dan menjelang haid. Berikut ini adalah perbedaan paling mencolok yang bisa Moms jadikan panduan:
  1. Tekstur Keputihan
Meskipun sedikit sulit membedakannya, keputihan tanda hamil memiliki tekstur berbeda dengan keputihan menjelang menstruasi. Tekstur keputihan tanda kehamilan cenderung lebih encer atau cair dan lengket.
  1. Warna Keputihan
Tidak seperti keputihan normal yang Moms alami saat menjelang haid, warna keputihan tanda hamil cenderung putih seperti susu. Akan tetapi, keputihan tanda hamil bisa juga berwarna putih kekuningan.
  1. Jumlah Keputihan
Moms bisa menjadikan jumlah keputihan yang keluar sebagai panduan mengetahui apakah akan menstruasi atau sedang hamil. Umumnya, di masa awal kehamilan, Moms akan mengalami keputihan dalam jumlah banyak sehingga celana dalam menjadi cepat basah.

Kenali Gejala Kehamilan Lain yang Mungkin Juga Muncul Menjelang Menstruasi

Selain telat datang bulan dan keluar keputihan, terdapat beberapa tanda kehamilan yang cukup mirip dengan gejala Moms akan menstruasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Sakit Punggung
Mengalami sakit punggung menjelang haid memang normal bagi sebagian besar wanita. Akan tetapi, keluhan ini juga umum dirasakan wanita di masa awal kehamilan.
  1. Sakit Kepala
Menjelang jadwal haid, sebagian wanita mengeluhkan sakit kepala atau migren. Namun, keluhan serupa juga dialami saat memasuki trimester pertama kehamilan.
  1. Nyeri Payudara
Pada awal kehamilan dan saat menjelang menstruasi, keluhan seperti payudara bengkak, nyeri, dan lebih sensitif biasanya terjadi. Hanya saja, keluhan ini akan terasa lebih berat serta berlangsung dalam periode waktu lebih lama pada kehamilan
  1. Perubahan Suasana Hati (Mood Swing)
Sama seperti keluhan lain yang telah dibahas sebelumnya, di awal kehamilan maupun menjelang haid umum terjadi perubahan suasana hati yang membuat Moms menjadi moody.
  1. Kelelahan
Sejak awal hamil, hormon progesteron di dalam tubuh mengalami peningkatan sehingga Moms merasa sering mengantuk dan lelah meskipun tidak melakukan banyak kegiatan. Kelelahan juga bisa dikarenakan energi tubuh dipakai mempersiapkan kehamilan. Salah satu kegunaan energi untuk mempersiapkan kehamilan adalah untuk memproduksi sel darah lebih banyak. Kelelahan karena kehamilan akan umumnya dirasakan satu minggu setelah proses pembuahan terjadi.
  1. Pendarahan Ringan dan Kram Perut
Pada kehamilan trimester pertama, sel telur yang sudah dibuahi mulai berkembang menjadi calon janin dan kemudian menempel di dinding rahim. Pada proses penempelan, bisa saja terjadi kerusakan di beberapa pembuluh darah sehingga menyebabkan pendarahan ringan. Perdarahan ini muncul seperti flek saat menstruasi sehingga membuat beberapa ibu tidak sadar bahwa diri mereka sedang berbadan dua. Flek tanda kehamilan biasanya terjadi sekitar 6-12 hari pembuahan. Selain itu, wanita hamil juga bisa merasakan kram perut.
Kram tanda hamil juga sangat mirip dengan kram sebelum haid namun lebih ringan. Hal ini pula yang menyebabkan timbulnya flek dan kram perut tidak jarang terlewatkan sebagai tanda hamil. Sebab dianggap mengalami datang bulan biasa oleh calon ibu.

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Seperti yang sudah dijelaskan, kemungkinan keputihan warna putih susu bisa menjadi tanda hamil. Ada banyak pertanyaan seputar keputihan dan hamil. Salah satunya adalah keputihan tanda hamil muncul kapan? Keputihan tanda hamil umumnya terjadi pada minggu awal kehamilan.  Oleh sebab itulah, wajar apabila tidak banyak Moms yang menyadari kalau sedang hamil dan bukan menjelang datang bulan. Apalagi, keputihan pertanda hamil bisa saja keluar sebelum jadwal periode menstruasi.
Lalu, apakah keputihan warna kekuningan bisa jadi tanda hamil? Dilihat dari warnanya, ada kemungkinan Moms sedang hamil. Namun, jangan abaikan beberapa tanda keputihan lain untuk lebih akurat, di antaranya adalah keputihan bertekstur tebal dan memiliki aroma ringan. Selain itu, keputihan juga keluar dalam jumlah tidak normal berbeda dengan keputihan biasa saat hendak menstruasi. Pada ibu hamil, keputihan bahkan bisa terus terjadi hingga menjelang waktu persalinan. Oleh sebab itulah, Moms disarankan menggunakan pantyliner bebas pewangi.

Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Mengalami Keputihan

Setelah membahas tuntas pertanyaan, keputihan berwarna putih susu apakah tanda hamil. Sebaiknya, Moms juga mewaspadai beberapa hal terkait keputihan lain. Terutama kalau keputihan diikuti dengan beberapa gejala tidak biasa. Sebaiknya, periksa apakah keputihan normal atau tidak.
Di bawah ini adalah beberapa ciri keputihan tidak normal yang mungkin juga Moms alami saat hamil:
  • Timbul rasa gatal dan sensasi terbakar di sekitar vagina.
  • Keputihan berwarna kuning terang atau kehijauan.
  • Berbau tidak sedap dan menyengat.
  • Disertai rasa nyeri pada bagian panggul.
  • Jumlah cairan yang keluar sangat banyak.
Apabila muncul tanda-tanda seperti yang dijelaskan di atas, maka disarankan agar Moms segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Sebab, gejala tersebut bisa saja merupakan tanda terjadi infeksi di area intim. Jika dibiarkan, maka bisa meningkatkan risiko mengalami keguguran.

Tips Mengurangi Risiko Terjadi Keputihan Tidak Normal Selama Kehamilan

Sebagai orang tua, tentu Moms menginginkan agar si Kecil dalam rahim selalu sehat dan tumbuh sempurna, bukan? Salah satu kunci untuk memastikan janin aman dan nyaman adalah meminimalisir berbagai gangguan kesehatan, termasuk keputihan tidak normal selama masa mengandung.
Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya adalah:
  • Mengenakan celana longgar dengan material bahan nyaman.
  • Hindari memakai celana dalam tidak menyerap keringat.
  • Menjaga pola makan sehat dan asupan gizi seimbang.
  • Mengeringkan organ intim menggunakan tisu setelah selesai urusan toilet.
  • Membersihkan area kewanitaan secara teratur.
  • Konsumsi susu fermentasi atau yoghurt untuk meningkatkan produksi bakteri baik di vagina.
  • Hindari penggunaan sabun mandi ketika membersihkan organ intim, sebab pH nya berbeda.
  • Tidak menahan buang air kecil selama kehamilan apapun alasannya.
  • Menggunakan pantyliner bebas kandungan pewangi dan alkohol.
  • Hindari penggunaan toilet umum sebab rentan terpapar bakteri dan kuman berbahaya.
  • Selalu mengganti celana dalam sehabis mandi.
  • Menggunakan celana dalam berbahan katun.
  • Biasakan membilas dengan air secara benar, dari organ genital ke belakang.
Setelah mengetahui jawaban keputihan berwarna putih susu apakah tanda hamil. Untuk lebih memastikan hasilnya, Moms juga sebaiknya melakukan tes kehamilan, seperti menggunakan test pack. Apabila positif hamil, maka bisa ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

378 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]