Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Keperluan Penting Menjelang Persalinan Normal

MY STORY  |  PREGNANCY  |  14 Nov '18

Menjalani setiap metode persalinan selalu ada sisi positif dan negatifnya, termasuk persalinan normal ya Moms. Walaupun persalinan normal merupakan persalinan yang alami dan disarankan, namun tak lepas dari berbagai macam risiko komplikasi. Di sini saya tidak menjunjung tinggi persalinan normal, namun setelah menjalani satu persalinan normal, ada beberapa hal yang mungkin Moms perlu siapkan, terutama jika ini adalah persalinan pertama Moms.

Persiapan untuk Melakukan Persalinan Normal

  1. Kipas elektrik
    Ini yang tidak saya sangka saya butuh dan akhirnya tidak saya siapkan saat kelahiran. Bagi beberapa Moms, beberapa jam setelah kelahiran, tubuh Moms dapat overheated yang menyebabkan Moms merasa sangat panas dan terus berkeringat walaupun di ruangan ber AC di malam hari. Ini terjadi di malam pertama saya melahirkan yang akhirnya membuat saya tidak bisa tidur karena kepanasan. So buy one electric fan for sure.

  2. Senam hamil
    Mengejan agar bayi keluar tidak semudah kedengarannya ya Moms. Seringkali di tengah sakit alih-alih mengejan, kita lebih banyak menahan dan berteriak. Jadi, mengikuti senam hamil untuk berlatih mengejan sangat-sangat direkomendasikan. Jika Moms tidak juga bisa mengejan maka biasanya suster akan turun tangan menekan perut (trust me ini sakit), but worst case, tangan dokter akan masuk untuk menarik bayi keluar (yes you don’t want this).

  3. Jangan mengejan sebelum waktunya
    This is no joke. Banyak yang berfikir yang sakit itu adalah saat mengejan. Then truth is, mengejan itu justru enak Moms. Nah yang sakit itu justru menahan supaya tidak mengejan sebelum pembukaan 10. Dan ini penting, jika kebanyakan mengejan sebelum pembukaan 10, maka Moms berisiko mengalami ambeien dan bahkan jahitan yang lebih banyak.

  4. Susu hangat dan makanan
    Siapkan kedua ini untuk setelah lahiran. Biasanya proses persalinan membuat kita tidak lapar karena tubuh berkonsentrasi untuk melahirkan. Namun, setelah proses itu selesai, maka Moms akan kelaparan. Susu coklat hangat really helps!

  5. Sapu tangan
    Ini bisa jadi senjata pegangan saat kontraksi.

  6. Lepas cincin
    Jangan lupa untuk berpesan pada suami, lepas dulu cincin kawinnya, jika tidak ingin kesakitan saat digenggam sang istri.

  7. Pembalut biasa
    Bawa pembalut pribadi, biasanya di RS akan disediakan pembalut persalinan. Namun di hari kedua ketiga, pembalut biasa sudah cukup dan jauh lebih nyaman karena lebih tipis dari pembalut RS. I recommend cari pembalut yang thin agar lebih nyaman. Remember, you are wounded down there.

  8. Pain killer
    Jangan ragu untuk menggunakan pain killer melalui anus. Karena ini sangat-sangat membantu kita bergerak pasca melahirkan. Saya mengonsumsi pain killer 3 hari dan setelah itu bebas seperti normal.

Semoga bermanfaat.

By: Marlisa Tenggara

Copyright by Babyologist

158 Marlisa Tenggara Send Message to Writer

Related Stories