Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenapa Ibu Menyusui Sering Sakit Kepala?

HEALTH TIPS  |  13 Dec '17

Ibu menyusui dianjurkan untuk senantiasa menjaga kesehatan agar bayinya juga ikut sehat. Interaksi secara langsung dengan sang buah hati bisa mempengaruhi kondisi bayi. Pasca melahirkan ibu rentan terkena sakit kepala. Sakit kepala yang diderita dapat berupa sakit kepala ringan maupun berat. Anda perlu mengetahui penyebab ibu menyusui sering sakit kepala agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Berikut ini penyebab ibu menyusui sering sakit kepala :

  • Dehidrasi
    Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi sering dialami ibu menyusui dikarenakan cairan yang dikeluarkan ibu tidak sebanding dengan konsumsi cairan yang masuk. Ketika menyusui, ibu mengeluarkan banyak cairan tubuh seperti ASI, urine dan keringat. Dehidrasi dapat menjadi penyebab ibu menyusui sering sakit kepala karena kondisi darah kekurangan cairan sehingga membuatnya pekat. Darah yang pekat inilah yang menjadikan aliran darah ke bagian kepala kurang lancar.
    ASI yang dibutuhkan sekitar 200ml setiap kali menyusui bayi. Anda dapat menghitung jumlah ASI yang dikeluarkan ibu dalam sehari untuk menyusui. Belum lagi cairan yang dikeluarkan melalui urine maupun keringat. Pada saat menyusui anda akan lebih membutuhkan banyak cairan. Minumlah air putih kurang lebih 3 liter setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan anda. Jauhi minuman seperti softdrink atau kopi karena dapat menahan cairan. Anda dapat mengonsumsi buah dan sayur untuk menambah asupan gizi dan mineral.
  • Istirahat kurang
    Pada saat anda memiliki bayi tentu akan memiliki pola tidur yang berubah-ubah. Waktu istirahat juga menyesuaikan bayi. Bayi sering bangun pada malam hari sehingga kita harus siap siaga untuk keperluan si bayi. Kurangnya tidur pada malam hari juga dapat menyebabkan sakit kepala. Apabila dibiarkan dan terus berlanjut biasanya akan mengalami tekanan darah rendah. Dalam keadaan ini anda dapat membagi tugas dengan pasangan untuk berjaga pada malam hari. Jika ada babysister anda dapat memintanya untuk membantu anda merawat bayi apabila bayi terjaga pada malam hari. Apabila terpaksa bangun pada malam hari untuk menyusui, dapat anda lakukan dengan berbaring.
  • Posisi menyusui salah
    Apabila anda menyusui dalam posisi yang salah juga dapat menyebabkan sakit kepala. Rilekskan badan anda ketika menyusui. Pakailah bantalan sebagai sandaran untuk punggung dan bahu. Apabila anda menyusui dengan berbaring, lakukanlah secara bergantian. Anda juga dapat melemaskan otot dengan olahraga.
  • Tegang
    Tegang ketika menyusui adalah salah satu penyebab sakit kepala. Keadaan tegang ketika menyusui dapat  memicu kontraksi otot yang menyebabkan aliran kedarah berkurang. Biasanya gejala sakit kepala didahului dengan sakit dibagian tengkuk belakang. Cara mengatasinya dapat mengompres bagian tengkuk dengan air hangat agar otot kembali rileks.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Makanan Pemicu Alergi Pada Bayi

555 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories