Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenapa Harus Penuhi Asam Folat Saat Hamil?

FEEDING  |  PREGNANCY  |  Trimester 1  |  Trimester 2  |  Trimester 3  |  16 May '18

Asam folat adalah vitamin yang dapat larut dalam air ini mengandung B9 yang sangat penting fungsinya bagi tubuh yaitu bagi proses pembelahan sel dan pertumbuhannya. Baik anak-anak maupun orang dewasa membutuhkan vitamin ini. Apalagi fungsinya dalam memproduksi sel darah merah dan mencegah kita dari penyakit anemia. Asam folat menjadi penting bagi Moms yang sedang dalam program kehamilan atau yang sedang dalam masa kehamilan. Hal ini penting untuk mencegah kecacatan tabung syaraf yang terjadi pada bayi, yaitu kelainan pada tulang belakang dan kelainan pembentukan otak.

Dengan memenuhi kebutuhan Asam folat maka dapat menurunkan resilo penyakit ini pada bayi sekitar 80%. Bagi anda yang masih belum hamil dan merencanakan kehamilan, ada baiknya sudah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat 4 bulan sebelum kehamilan.  Karena jika anda kekurangan zat ini maka mempunyai risiko bayi lahir cacat.

Kesalah-Pahaman Asam Folat diantara Masyarakat

Asam folat dianggap sebagai penyebab asam lambung, atau Avid Reflux. Hal ini jelas salah karena asam lambung merupakan suatu gejala yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati dan rasa terbakar pada dada yang diakibatkan oleh asam lambung yang memenuhi esofagus atau kerongkongan. Penyakit ini bukan disebabkan oleh konsumsi asam folat, melainkan hal yang terjadi karena tidak berfungsinya otot pada bagian bawah kerongkongan. Otot ini berfungsi sebagai pintu yang membuka ketika ada makanan yang masuk ke lambung dan menutup ketika sudah tak ada yang masuk. Hal ini penting agar asam lambung dan makanan tak bisa meluap dan keluar lambung kembali ke kerongkongan.

Asam lambung juga erat kaintannya dengan keadaan stress, keturunan, masa kehamilan, kelebihan berat badan dan sebagainya. Serta disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak lemak. Jadi sudah jelas bahwa asam lambung disebabkan oleh konsumsi asam folat. Selain itu pada masa kehamilan fungsi otot di ujung kerongkongan ini dapat menjadi longgar atau kurang berfungsi. Tapi pengonsumsian asam folat tetap penting bagi anda  yang mempersiapkan kehamilan maupun yang sedang dalam masa kehamilan.

Kesalah pahaman selanjutnya untuk asam folat adalah anggapan masyarakat bahwa asam folat bisa didapat dari semua suplement yang mengandung asam folat. Hal ini jelas kurang baik. Karena saat ini kita harus berhati-hati dalam memilih suplemt bahkan menurut penelitian ada beberapa suplemem yang tercemar. Solusinya adalah pilih suplemen yang aman dan sudah berada dalam bentuk lain. Misalnya saja asam folat yang sudah diubah bentuknya menjadi produk susu untuk ibu hamil. Selain itu sebainya konsumsi asam folat bunda harus sesuai dengan takaran dan dosis. Apapun yang berlebihan pastinya tidak baik bahkan penelitian terbaru telah membuktikan konsumsi asam folat yang berlebihan dapat menyebabkan sel kanker yang menjadi semakin kuat.

Asam folat yang terdapat dalam sayuran

  • Bayam 
    Bayam adalah sayuran yang mudah didapatkan. Bayam juga rendah kalori namun berserat tinggi. Asam folat pada bayam mencapai 194 mcg / 100 gr, 49% AKG. Bagi Moms hamil konsumsi bayam sangat baik bagi bayi sekaligus mempersehat pencernaan dengan seratnya.
  • Kubis 
    Kubis merupakan sayuran yang biasa digumakan dalam sup atau capcay. Keberadaan sayuran yang satu ini banyak ditemui dimanapun. Kadar asam folat dalam kubis sebanyak 43 mcg / 100 gr, 11% AKG. Selain itu kubis juga mencegah sel kanker.
  • Bit Merah  
    Kandungan buah bit ini sangat banyak yaitu kaliun, zat besi, karbohidrat, dan protein. Kandungan asam folatnya sebanyak 107 mcg / 100 gr, 27% AKG.
  • Brokoli  
    Brokoli merupakan sayuran yang biasa dikonsumsi untuk memngurangi penurun kolesterol dalam darah. Kandungan asam folatnya sebanyak 63 mcg / 100 gr, 16% AKG.
  • Jagung 
    Jagung merupakan makanan yang mempunyai kalori tinggi tetapi sehat dan baik untuk tubuh. Selain itu jagung juga mengandung vitamin S, B, dan E. Selain itu kandungan seratnya juga tinggi. Zat anti oksidannya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.Kandungan Asam folat pada sayuran yang satu ini mencapai 9 mcg / 100 gr, 5% AKG.

Asam folat yang terdapat dalam  buah-buahan

  • Pisang
    Pisang adalah buah yang mengenyangkan. Sering digunakan untuk program diet. Tapi kandungan asam folatnya juga lumayan banyak untuk bunda yaitu 20 mcg / 100 gr, 5%.  Pisang dapat membantu dalam produksi sel darah merah. Selain itu pisang juga bisa menangkal rasa mual dan muntah pada hamil muda.
  • Jeruk  
    Buah yang manis asam ini mempunyai kandungan asam folat yang mencapai 30 mcg / 100 gr, 8%. Buah ini mudah didapatkan dan harganya terjangkau.  Jeruk juga mendukung pemeliharaan daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh.
  • Tomat 
    Tomat sering juga digunakan dalam sayuran, tapi baiknya buah ini di konsumsi mentah atau di jadikan minuman juice untuk menjaga nutrisinya. Tomat juga memiliki kalori tinggi dan vitamin c yang berlimpah. Kandungan asam folat dalam tomat mencapai 22.3 mcg / 100 gr, 6%.
  • Alpukat
    Alpukat adalah buah yang disukai banyak orang. Di dalam alpukat mengandung 20 mcg / 100 gr, 5%. Alpukat juga berkhasiat mencegah penyakit jantung, dan memiliki kalsiun tinggi untuk pertumbuhan tulang.
  • Melon
    Melon adalah buah yang menyegarkan. Buah ini banyak disukai oleh Moms yang sedang hamil karena memberi rasa segar dan tidak mual. Kandungan asam folatnya sebanyak 1 mcg / 100 gr, 5%.

Selain daftar sayur dan buah di atas, masih banyak lagi sumber asam folat yaitu dari zat tepung, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Manfaat asam folat bagi Moms yang sedang mempersiapkan kehamilan ataupun yang sudah hamil.

  • Untuk mengatasi rendahnya kandungan folat dalam darah. Karena kandungan folat yang rendah dapat menyebabkan anemia.
  • Dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gagal ginjal, penyakit hati, dan ketergantungan alkohol.
  • Sangat membantu kinerja usus agar menyerap banyak nutrisi untuk tubuh.
  • Dapat mencegah terjadinya kanker, termasuk kanker usus besar, dan kanker serviks.
  • Sebagai asupan untuk mencegah kecacatan pada bayi yang akan lahir.
  • Mengurangi resiko penyakit jantung pada ibu hamil.
  • Dapat mengatasi depresi, gangguan tidur, atau nyeri syaraf.

Asam folat merupakan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa akibat jika Asam folat ini tidak dipenuhi yaitu :

  • Anemia
    Anemia adalah gejala yang ditimbulkan akibat kurangnya sel darah merah dalam darah. Fungsi sel darah merah ini adalah membawa oksigen. Penyakit anemia menyebabkan lemas dan letih dan tidak bersemangat. Untuk bunda yang hamil tentu hal ini sangat tidak menyenangkan. Maka dari itu penuhi kandungan asam folat untuk tubuh anda.
  • Kekurangan asam folat akan menyebabkan cacat pada bayi yang berada dalam perut Moms. 
    Hal ini karena kandungan asam folat penting untuk proses pembelahan sel dan pembentukan otak serta tulang belakang. Untuk itu mengonsumsi asam folat sangat pemting pada awal san selama kehamilan bunda.

Ada beberapa penyebab seorang Moms kekurangan asam folat, yaitu :

Karena sedang menjalani diet. Dalam keadaan hamil diet sangat tidak disarankan kecuali dengan arahan ahli. Diet yang salah dapat membahaya bagi Moms dan calon anak. Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air, pada masa diet proses pengeluaran urin akan sangat banyak, sehingga banyak asam folat yang belum terserap tubuh keluar melalui urin dan keringat dengan percuma. Jadi pertimbangkan dengan baik jika bunda ingin menjalani diet. Demi keselamatan buah hati tercinta. Proses diet yang baik bisa dilakukan pada masa menyusui, jadi, jangan takut berat badan bertambah, semua itu akan menghilang seiring waktu.

Kondisi tubuh dimana tidak dapat menyerap asam folat dari makanan. Ada jenis penyakit dalam keadaan ini yaitu :

  • Gangguan Chom : yaitu semacam gangguan pada sistem imun. Hal ini akibat dari serangan bakteri yang menjalar ke pencernaan mulai mulut sampai anus.
  • Gangguan Celiac : yaitu gangguan fungsi usus halus yang tak dapat menyerap nutrisi asam folat.

Dosis umum yang harus dikonsumsi Moms dalam masa subur adalah sebanya 400 mcg setiap harinya. Ada banyak pilihan multifitamin yang mengandung asam folat, namun penting bagi Moms untuk mengechek berapa banyak kandungannya dan apakah sesuai denga kebutuhan anda.

Kebutuhan ketika anda mempersiapkan kehamilan adalah sekitar 400 mcg, setiap harinya. Anda dapat memilih untuk minum suplement adau susu persiapan kehamilan. Kemudian pada hamil usia pertama yakni 0 – 3 bulam, disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg. Kemudian dilanjutkan pada usia kehamilan 4 – 9 bulan yaitu sebanyak 600 mcg, terjadi peningkatan dosis karena pada masa ini pembentukan sel sel dan jaringan baru pada bayi meningkat. Konsumsi asam folat juga penting saat menyusui yaitu sebanyak 500 mcg, untuk menghindari anemia dan penyakit lainnya selama menyusui.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

402 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories