Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenalkan Gadget Kepada Anak Sejak Dini

MY STORY  |  PARENTING  |  12 May '18

Zaman berubah, teknologi berkembang, tidak ikut berlari sama dengan mati di tempat. Teknologi secara kuat telah masuk ke seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun, bahkan hampir masing-masing dari mereka mempunyai gadget. 

Saya tentu punya gadget, suami punya, keluarga semua punya. Bagaimana dengan bayi saya? Apakah tidak boleh mengenal gadget sejak dini? Ataukah benar-benar dihilangkan dalam isi kepalanya? Tapi tentu hal ini tidaklah mudah, apalagi anak setiap hari melihat orang tuanya menggunakan gadget. 

Tapi, kalau dikasih nanti bisa merusak kesehatan matanya, otaknya, pikirannya, bahkan pergaulannya. Terus akan susah lagi diatasi jika sudah kecanduan. Makanya, ketika anak menonton YouTube, Mom harus tetap mengawasinya, dan pastikan ia hanya menggunakannya untuk mendengarkan lagu anak-anak saja. Kita sebagai orang tua harus memastikan konten yang dilihatnya sesuai dengan usianya.

Bagaimana dengan memperkenalkan gadget kepada anak? Memang sulit untuk anak tidak mengenal gadget sejak dini, tapi Mom harus tahu bagaimana cara memperkenalkannya kepada buah hati. Sama seperti ketika Mom mengenalkan kepada anak berbagai barang-barang di rumah: ini kursi buat duduk, ini sendok untuk dipakai makan, ini kacamata buat Mommy pake karena kalo tidak pakai maka akan susah melihat, ini selimut yang digunakan agar tidak kedinginan, dan lain sebagainya. 

"Saya jelas harus memperkenalkan semua benda yang ada di dalam kehidupannya, dan saya tahu sampai mana batasnya."

Saya, mengenalkan gadget kepada anak saya bahwa ini handphone, alat untuk berkomunikasi, simpel.  Sampai usia 1 tahun, anak saya hafal betul handphone saya dan handphone bapaknya. Ketika dia temukan di meja atau di manapun, dia akan ambil dan dikasih ke yang empunya. 

Yang tidak saya lakukan adalah: Saya tidak pernah memperlihatkan lagu-lagu, video anak, permainan, atau apapun yang sifatnya menarik perhatian dan membuat dia candu kepada gadget. Dan saya bukan ibu yang bangga, ketika anak tahu lambang youtube sejak usia 6 bulan

Dia kenal gadget, sebagai bentuk alat komunikasi orangtuanya. Dia tahu benda itu bisa untuk telpon neneknya di luar kota, atau bapaknya yang mau video call karena sedang kangen di kantor. Dia tahu benda itu alat komunikasi ibunya. Dia paham, "oh itu alat komunikasi orangtua."

"Saya tentu tidak akan membuat dia candu hanya dengan sekali saja memperlihatkan video-video lucu atau game-game yang seru."

Saya sadar, saya tidak punya waktu 24 jam untuk terus mengawasi dia. Apa yang dia buka atau apa yang dia lihat ketika dia sedang tidak bersama saya. Tapi, saya juga tidak bisa sama sekali tidak pernah mengenalkannya kepada gadget. Karena jika suatu saat dia lihat dan tahu itu dari orang lain, maka saya tidak bisa mengontrol batasan keingintahuannya yang besar.

Saya jelas harus memperkenalkan semua benda yang ada di dalam kehidupannya, dan saya tahu sampai mana batasnya. Saya juga yakin semua Moms yang lain juga tahu batasan mereka masing-masing.

Semoga bermanfaat.

By: Siti Aisyah Ayya Az Zahir.

1745 Siti Aisyah Ayya Az Zahir

Comments

Related Stories