Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenalilah Warna ASI

FEEDING  |  13 Mar '18

ASI memang memiliki beragam warna. Biasanya Mom juga akan melihat beragam warna ASI seperti krem, kekuningan atau mungkin bening. Itu masih umum dan biasa ibu alami. Tapi ibu juga perlu mengetahui apa saja perbedaan dan faktor yang menyebabkan warna ASI bisa berubah-rubah.

Faktor yang mempengaruhi Warna ASI

  • Waktu/ periode menyusui 
    Secara umum warna ASI akan terlihat jernih dan kebiruan saat ibu awal menyusui atau pada awal memompa ASI. Dengan warna seperti itu, ASI yang dihasilkan lebih rendah lemak. Dengan seiringnya waktu ibu menyusui, lemak dalam ASI akan bertambah. Maka setelah lemak bertambah, warna ASI pun akan berubah menjadi lebih krem atau putih.
  • Kolostrum 
    Kolostrum terkandung dalam ASI yang baru pertama kali diproduksi oleh ibu. Yang pertama tentunya banyak kandungan nutrisi yang lebih tinggi untuk tubuh bayi, meski dengan jumlah yang sedikit, terkadang kolostrum berwarna putih jernih, namun yang sering dialami oleh Mom ialah berwarna kuning atau oranye dan kental.

 

Macam-macam Perbedaan Warna ASI pada Ibu Menyusui:

  1. Warna Hijau 
    Mom juga mungkin pernah melihat warna ASI hijau atau sedikit kehijauan. Hal tersebut terjadi setelah Mom memakan sayuran hijau seperti bayam dan rumput laut. Itu tidak berbahaya, karena mengkonsumsi sayuran hijau bisa memperlancar produksi ASI dan lebih berkualitas.

  2. Warna Merah Jambu, Oranye dan Merah 
    Sama seperti halnya ASI yang berwarna hijau. Ternyata warna ASI merah jambu, oranye dan merah juga bisa saja diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi ibu yang berwarna tersebut. Makanan seperti jambu biji atau sejenis makanan berwarna merah dan oranye.

  3. Warna Coklat Warna ASI
    yang berwarna coklat biasanya terjadi karena ada darah yang masuk pada kelenjar menyusui. Tapi ibu juga masih bisa tetap menyusui, karena dengan begitu darah juga akan bercampur dengan ASI dan berhenti dengan sendirinya. Karena darah dalam jumlah yang sedikit tidak akan membahayakan bayi. Jika darah yang sudah bercampur dengan ASI tidak berhenti, ibu bisa periksakan pada ahli medis.

  4. Warna Hitam 
    ASI yang berwarna kehitaman diakibatkan oleh penggunaan antibiotik jenis Minocin. Minocin atau minocycline antibiotik yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada jerawat, demam dan masalh kulit lainnya. Selain itu, bisa juga menyebabkan kulit menggelap. Ibu menyusui tidak dianjurkan menggunakan antibiotik ini. Agar ibu lebih yakin, konsultasikan dan pastikan terlebih dahulu dengan dokter.  

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor. 

BACA JUGA: Vitamin Ibu Menyusui Yang Terdapat Dalam Makanan

2264 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories