Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Keajaiban Sentuhan dan Pelukanmu untuk si Kecil, Moms!

BABY  |  BRANDS  |  HEALTH TIPS  |  05 May '20


Moms, sentuhan seorang ibu tidak hanya menjadi salah satu bentuk perhatian kepada buah hatinya. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan si Kecil ketika Moms sering memberikannya sentuhan, baik dalam bentuk pijatan, usapan, pelukan, atau dekapan. Secara umum, bayi yang sering disentuh orang tuanya memiliki kecerdasan emosional yang tinggi ketika dia dewasa nanti. Sentuhan tersebut memberikan pengaruh terhadap bagaimana dia berinteraksi dengan orang lain saat tumbuh dewasa.

Penelitian mengenai dampak sentuhan ibu terhadap tumbuh kembang si Kecil cukup banyak. Jens Brauer, Annett Schimer, dan peneliti lainnya telah membuktikan bahwa “otak sosial” seorang anak bekerja lebih aktif ketika mengalami sentuhan fisik dari ibunya. Anak-anak yang lebih sering disentuh ibu mereka mempunyai kemampuan lebih baik untuk merasakan kondisi mental orang lain daripada yang jarang disentuh. Efek sentuhan ibu ini permanen.

Pada bayi prematur, sentuhan ibu dapat meredakan rasa sakitnya dan membantu mengoptimalkan pertumbuhannya. Tidak hanya untuk si Kecil, Moms pun juga akan merasa bahagia dan relaks apabila banyak menyentuh si Kecil. Sebagaimana dikutip Scientific American, kontak skin-to-skin dengan anak mengurangi level stres ibunya serta ibu tersebut menjadi lebih sensitif terhadap isyarat bayinya. Dads pun juga bisa memetik keajaiban sentuhan yang sama.

Saat-saat krusial si Kecil membutuhkan sentuhan ibunya adalah pada 1000 hari pertama kehidupannya. Masa-masa keemasan ini menentukan kualitas si Kecil saat dia dewasa nanti. Perkembangan kognitif otak, sistem imun, dan pematangan saluran pencernaan terjadi pada usia dini ini. Oleh karena itu, Moms perlu melindunginya dan berusaha memenuhi kebutuhannya, termasuk kebutuhan akan sentuhan untuk mempererat bonding.

Agar pengalaman sentuhan si Kecil lebih istimewa, ada baiknya Moms meluangkan waktu untuk memijatnya setiap hari; sehabis mandi sore misalnya. Rutin memijat si Kecil (baby spa) dapat membuat dia tumbuh lebih sehat dan lebih ceria. Dia juga akan lebih lincah karena pijatan juga menstimulasi perkembangan motoriknya, dan tidurnya lebih berkualitas karena dia menjadi lebih santai.

Untuk persiapan memijat si Kecil, Moms cukup menyiapkan handuk atau kain lembut sebagai alas pemijatan dan minyak telon untuk diusapkan ke tubuhnya. Minyak telon yang Moms pakai tidak boleh sembarangan pilih, lho, Moms! Supaya si Kecil lebih segar setelah dipijat, pilihlah minyak telon dengan kriteria sebagai berikut.

Minyak telon adalah sebutan untuk produk minyak yang mengandung minyak cajuput, minyak kelapa, dan minyak anisi. Ketiga jenis minyak tersebut memiliki manfaat masing-masing. Minyak cajuput bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, minyak kelapa untuk melembabkan kulit, dan minyak anisi untuk mencegah kembung, melancarkan pernapasan, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab iritasi.

Pilihlah merek minyak telon bayi yang memiliki kandungan lebih banyak dari minyak telon biasa dan memiliki minyak anisi 2 kali lipat lebih banyak seperti Sleek Baby Telon Oil. Dengan demikian, minyak tersebut akan mampu mencegah flu, menjaga sistem pernapasan si Kecil agar tetap sehat, membantu memperlancar pernapasan saat si Kecil batuk, melegakan hidung bayi mampet, dan membantu mengurangi mual-mual serta perut bayi kembung. Jika dia merasa baikan setelah dipijat, suasana hati si Kecil akan membaik. Dia tidak akan rewel lagi.

Setelah Moms memilih minyak telon yang tepat untuk si Kecil, yaitu yang kandungannya alami tanpa parfum, lakukan langkah-langkah berikut untuk memijatnya:

  1. Pijat kaki si Kecil dengan cara memilin lembut pahanya ke arah pergelangan kaki 2 hingga 3 kali. Pijat ibu jari Moms di telapak kaki si Kecil secara bergantian 2 hingga 3 kali. Pijat dan usap-usap dengan lembut punggung kaki, telapak kaki, dan jari-jarinya menggunakan ibu jari Moms.
  2. Posisikan si Kecil dalam keadaan tengkurap. Taruh dia di atas bantal yang nyaman. Usap punggungnya secara halus dan pijat dari arah bahu ke arah pantat.
  3. Usap lengan si Kecil dengan menggunakan minyak telon. Pijatlah bahu ke arah tangan si Kecil dengan cara memilin lalu pijat juga dengan arah sebaliknya. 
  4. Pijat pergelangan hingga ke atas bahu si Kecil dan sebaliknya. Gosok-gosok dengan lembut jari-jari tangan, telapan tangan, dan punggung tangannya. Jika sudah, lakukan hal yang sama dengan tangan si Kecil yang lainnya.
  5. Dengan kedua tangan Moms, pijat kedua sisi kepala si Kecil. Lakukan gerakan lingkaran kecil di kepalanya dengan menggunakan ujung jari Moms. 
  6. Pijat tengah kening, ke pelipis, lalu ke pipi dengan menggunakan kedua ibu jari tangan dengan lembut. Perlahan-lahan, tarik bibirnya hingga membentuk senyuman.
  7. Letakkan kedua telapak tangan di dada. Usap dadanya dari tengah ke samping kembali ke arah semula. Usap dadanya perlahan hingga pahanya dengan satu tangan bergantian dengan tangan lainnya.
  8. Pijat perut si Kecil dengan gerakan “I Love You”. Pijat dengan membentuk huruf “I” dari sebelah kiri perut ke arah bawah perut si Kecil. Pijat arah kanan ke kiri perut atas lalu ke arah bawah perut membentuk huruf “L” terbalik. Terakhir, pijat perut bawah kanan naik ke perut dan belok ke arah bawah kiri perut membentuk huruf U terbalik.

Sentuhan dan pelukan Moms sangat bermanfaat bagi perkembangannya terutama selama masa-masa keemasannya. Dukung dia agar selalu bahagia di setiap tahap kehidupannya, ya, Moms.

Referensi: Jakarta PostMother and BabyScientific AmericanSehatQThe Asian Parent

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2731 Sleek Baby

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Sudahkah Moms Memandikan Si Kecil Dengan Benar?

Sudahkah Moms memandikan Si Kecil dengan benar?

Apa yang Sebaiknya Dilakukan untuk Memastikan Stroller Bebas dari Virus?

Stroller adalah salah satu barang keperluan si Kecil yang perlu dipastikan bebas dari virus Moms. Yuk, simak berikut ini.

Kiat Mencegah si Kecil dari Kepala Peyang

Bagaimana cara mengatasi kepala peyang pada bayi? Apakah bentuk kepala peyang peyang bisa diperbaiki? Simak berikut ini.

Tips Mengajak Si Kecil Berjemur

Moms and Dads, sebelum mengajak si Kecil berjemur, simak tips berikut ini!

Skincare Mendasar Untuk si Kecil

Apa saja skincare yang menjadi kebutuhan si Kecil? Simak berikut ini.

Cegah Alergi dan Iritasi terhadap Tisu Basah Bayi

Kulit bayi yang sensitif membutuhkan perhatian ekstra sehingga Moms perlu berhati-hati dalam memilih produk.

Tips Merawat Pernapasan Bayi dengan Humidifier

Menurut dokter di Johns Hopkins All Children’s Hospital, humidifier bisa mengatasi hidung tersumbat.

Pentingnya Memilih Wipes yang Aman untuk si Kecil

Banyak tisu basah bayi yang di jual di pasaran. Tapi kenapa kita harus berhati-hati dalam memilihnya?

Bagaimana Cara Mengenali Jenis Kulit Bayiku?

Tapi tahukah Moms, bahwa pada dasarnya kulit bayi usia 0-2 tahun memang sensitif?

Sisik pada Kepala Bayi

Pertumbuhan rambut Si Kecil dapat terhambat akibat cradle cap/kerak kepala, maka Mom harus segera mengatasinya.