Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Tanda Dehidrasi Ketika Anak Lemas dan Tidak Mau Makan!

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  TODDLER  |  01 Jan '20


Anak tidak mau makan memang banyak penyebabnya. Ketidakmauan makan anak pasti membuat ibu merasa susah dan cemas. Ditambah kondisi anak yang lagi sakit. Kalau kata orang harap dimaklumi anak baru sakit atau anak baru tumbuh gigi maklum kalau tidak mau makan. Tapi hati ibu tidak bisa dibohongi pasti rasanya tidak tega melihat anak tidak mau makan. Berbagai kecemasan pun timbul, apalagi kalau sampai berat badan anak turun. Berat badan anak menjadi momok tersendiri bagi ibu.


Jika anak tidak mau makan karena gigi mau tumbuh, bisa diatasi dengan ibu menyiapkan berbagai makanan yang meredakan rasa nyeri ketika gigi tumbuh. Namun jika anak sakit hingga tidak mau makan 1 minggu lebih. Hati ibu mana yang tega. Aku sendiri pernah mengalami hal ini. Inginku tetap tenang tapi tidak bisa. Akhirnya aku bawa anakku ke IGD karena badan lemas inginnya hanya tidur saja. Bukan hanya tidak mau makan berat, makan snack atau buah pun tidak mau, anakku hanya minum ASI terus-terusan dan sedikit air putih. Diumurnya yang sudah 1,5 tahun, ASI saja tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya. Lalu untuk mencukupinya di dapat dari mana kalau makan saja tidak mau. Benar-benar bungkam dan mulut disembunyikan setiap mau disuapi. Super duper panik waktu itu.

Lalu Apa yang aku dapatkan setelah membawa anakku ke IGD?

1. Dokter mengecek paru-parunya katanya bersih. Sebelumnya Azka batuk, takutnya ada dahak/ bunyi mengi. Detak jantungnya juga normal.
2. Dokter melihat perut anakku dan menekan bagian kaki.
3. Dokter melihat mata anakku.

Beliau menyimpulkan masih normal. Namun, harap waspada jika terjadi hal-hal berikut ini:

1. Detak jantung yang cepat
2. Bagian tubuh jika ditekan tidak kembali lagi.
3. Anak menangis dengan lemah dan tidak mengeluarkan air mata.
4. Air kencing berwarna keruh.
5. Muntah terus menerus.
Karena hal-hal tersebut merupakan tanda dehidrasi pada anak yang harus ditangani oleh medis.

Jadi ketika badan anak lemas sekali namun selama masih mau minum susu atau ada nutrisi yang masuk ke tubuh. Moms tidak perlu khawatir berlebihan. Bisa saja anak hanya dalam masa pemulihan setelah sakit. Dokter hanya memberi obat batuk dalam bentuk puyer dan suplemen makan. Alhamdulillah dua hari kemudian sudah pulih. Kecemasanku selama hampir dua minggu usai sudah.

Mungkin hal-hal yang aku dapatkan dari penjelasan dokter bisa sebagai pengetahuan Moms ketika mungkin suatu saat mengalami hal yang sama dengan yang aku alami. Jadi bisa tetap mencoba untuk tenang sebelum hal-hal yang patut di waspadai itu terjadi.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

258 Ninditya Ika

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Anak Susah Makan dan BB Seret (Part 1)

Orang tua mana yang tidak khawatir ketika buah hatinya susah banget disuruh makan selama berbulan-bulan?

Pentingnya Zat Besi untuk Anak

Tahukah Moms, bahwa ternyata zat besi itu penting banget lho untuk pertumbuhan dan kecerdasan si Kecil!