Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Tanda Anak Introvert

PARENTING  |  20 Jul '18

Setiap anak memiliki bakat dan kepribadian yang berbeda-beda. Kita sebagai orang tua tentunya lebih mengerti sifat dan kepribadian anak kita dibandingkan orang lain. Anak introvert atau anak penyendiri memiliki sifat yang cukup berlainan dengan anak extrovert. Berikut adalah beberapa tanda yang dapat dikenali:

1. Anak lebih suka menyendiri 

Ketika anak-anak lain lebih suka bermain dan berlarian bersama, anak introvert justru akan lebih bersifat acuh, sibuk dengan kegiatannya sendiri dan cenderung menyendiri. 

2. Anak introvert berbeda dengan anak pemalu

Anak introvert lebih membutuhkan pendekatan serta penjalinan dengan seseorang sebelum akhirnya ia akan merasa cukup nyaman dan terbuka terhadap orang tersebut. 

3. Cenderung lebih banyak berimajinasi dan kreatif 

Kegiatan yang sering dilakukan adalah kegiatan yang cenderung menenangkan serta membebaskan kreatifitas mereka seperti membaca, melukis, dan berenang. 

4. Lebih suka beraktifitas secara berpasangan dibandingkan dengan berkelompok

Ia hanya akan merasa nyaman dengan orang-orang tertentu sehingga sulit bagi anak introvert untuk bermain dalam kelompok besar.

Beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika menghadapi anak introvert adalah dengan terus mendukung serta mendorong ketertarikan alami sang anak. Jangan pernah memaksa anak untuk ikut serta dalam kegiatan kelompok karena hal itu akan cenderung membuat dirinya merasa tertekan. Bantulah ia untuk melatih ekspresinya, seperti membuat buku jurnal serta membantunya menjalin hubungan dengan seorang kawan yang pas untuknya sehingga ia dapat berlatih untuk tidak menutup diri. 

 

Semoga bermanfaat.

By: Viona Visha.

 

BACA JUGA: Refleks Berjalan pada Bayi

1611 Viona Visha Send Message to Writer

Related Stories