Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Penyebab Stres pada Anak dan Cara Mengatasinya

MY STORY  |  05 Jan '21


Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh sehat. Namun, perlu diketahui Moms &  Dads bahwa tak hanya perlu tumbuh sehat secara fisik tetapi si Kecil juga perlu tumbuh bahagia secara mental dan emosinya. Jika tak menjaga dan kesehatan mental dan emosi, si Kecil bisa saja mengalami stres, loh, Moms! Untuk menjaga kesehatan mental dan emosi si Kecil, memang orang tua harus lebih peka terhadap perubahan apapun pada si Kecil. Berikut ini tanda-tanda si Kecil mengalami stres yang bisa Moms perhatikan.

  1.     Anak menjadi lebih pendiam dari biasanya bahkan sering terlihat murung
  2.     Nafsu makan anak menurun atau tidak mau makan sama sekali
  3.     Menjadi lebih sulit tidur nyenyak
  4.     Tidak ingin bermain dengan orang lain dan lebih suka menyendiri
  5.     Untuk si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun, lebih sering menangis
  6.     Untuk anak yang lebih besar, lebih sering tantrum

Jika tanda-tanda di atas sudah mulai ditunjukkan oleh si Kecil, maka sebaiknya Moms &  Dads segera untuk mengatasi stres yang terjadi pada si Kecil dengan beberapa tips mengatasi stres pada anak berikut ini.

  1.     Cari penyebab stres yang terjadi pada si Kecil.

Moms &  Dads perlu mencari penyebab si Kecil mengalami stres sebelum mencari cara yang lain untuk mengatasinya; apakah stres yang dialami si Kecil penyebabnya dari dalam atau dari luar lingkungan rumah.

  1.     Luangkan waktu lebih banyak untuk si Kecil.

Moms &  Dads yang memiliki kesibukan tinggi kebanyakan jarang bisa sering menemani atau bermain dengan si Kecil. Usahakan luangkan lebih banyak waktu untuk si Kecil setiap harinya. Misalnya, setiap hari selama 30 menit sampai 1 jam Moms &  Dads bisa melakukan aktivitas bersama si Kecil seperti menemani bermain atau ikut melakukan hobi si Kecil.

  1.     Mengobrol dengan si Kecil.

Selain meluangkan waktu, jika anak sudah bisa diajak berkomunikasi dua arah cobalah untuk lebih sering mengobrol dengannya. Cobalah dengarkan apa yang menjadi ketidaknyamanan dan apa yang diinginkan oleh si Kecil. Lebih sering mengobrol juga dapat meningkatkan bonding orangtua dengan anak.

  1.     Mengurangi aktivitas si Kecil

Terlalu banyak aktivitas juga bisa menjadi penyebab si Kecil menjadi stres. Moms &  Dads bisa mengurangi aktivitas si Kecil yang dirasa dapat menimbulkan stres. Misalnya, mengurangi kegiatan belajar atau mengurangi stimulasi berlebihan bagi balita.

  1.     Lebih sering memeluk si Kecil.

Tahukah bahwa pelukan dapat meningkatkan kadar hormon endorfin atau hormon bahagia dalam tubuh? Jadi, Moms & Dads usahakan lebih sering memeluk si Kecil  untuk menghindari stres tak hanya untuk si Kecil tapi untuk Moms & Dads juga.

  1.     Berikan nutrisi tambahan untuk daya tahan tubuhnya.

Salah satu tanda anak mengalami stres adalah berkurangnya nafsu makan. Jika nafsu makan si Kecil berkurang, hal ini bisa mempengaruhi daya tahan tubuhnya. Untuk itu, Moms perlu memberi nutrisi tambahan yaitu susu pertumbuhan yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil seperti Nestle Lactogrow. Memiliki kandungan Lactobacillus reuteri yang membantu menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil, karena 80% sistem imunitas ada pada saluran cerna. Nestle Lactogrow juga mengandung Omega 3, Omega 6, kalsium, zat besi dan mikronutrien lain yang dibutuhkan si Kecil.

Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, Nestle Lactogrow juga turut membantu Moms &  Dads dengan berbagi tips parenting di Grow Happy Club. Moms &  Dads bisa bergabung di Grow Happy Club melalui www.growhappy.co.id. Banyak inspirasi dan tips parenting untuk merawat si Kecil agar tidak mengalami stres dan dapat tumbuh bahagia. Karena bahagia si Kecil pasti menjadi bahagia Kita juga sebagai orang tua.

Semoga bermanfaat!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

225 Elzalina Jp

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?

Rekomendasi Baby Hair Lotion versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 hair lotion yang menjadi pilihan versi Babyo untuk si Kecil. Bagaimana menurut versi Moms?

Pendidikan Anak Usia Dini, Apa yang Harus Dicermati oleh Orangtua?

Sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), seorang anak dapat mengikuti jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (

Kenali Penyebab Si Kecil Stres Di Masa Pandemi dan Solusinya

Seperti layaknya orang dewasa, stres yang dialami si Kecil pun berasal dari berbagai faktor. Tak jarang penyebabnya adalah hal-hal terdekat, [...]

Penuhi Nutrisi Si Kecil Agar Grow Happy With Nestle Lactogrow, Moms!

Nah, agar menghindari supaya si Kecil tidak stres terlebih selama di rumah saja karena kondisi pandemi, saya mau berbagi tips nih, Moms.

Orangtua Penyebab Stress Anak? Yuk, Lakukan Hal Ini Dukung Anak Grow Happy

Stres bukan hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Sejak usia dini, anak juga bisa mengalami stres. Bahkan salah satu penyebab anak menjadi stres [...]

Membersamai Anak jadi Salah Satu Kunci Agar Si Kecil Tumbuh Bahagia

Selain membersamai si Kecil, pemenuhan nutrisi untuk si Kecil juga diperlukan ya, Moms.

Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Mudah Stres? Simak Tips Berikut ini, Moms!

Hal apa saja sih, yang bisa kita lakukan agar si Kecil tidak mudah stres dan dapat tumbuh bahagia di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini? [...]

Caraku Mengatasi Stres pada Anak di Tengah Kondisi Pandemi

Nah, berikut ini ada tips mendukung anak agar tumbuh bahagia.

4 Cara Cegah Stres Si Kecil Kala #diRumahSaja

Hai, Moms, Selamat Tahun Baru! Di tahun baru ini, aku ingin sedikit membagikan tips mengatasi stres pada anak.

3 Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Stres dan Tumbuh Bahagia

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk membuat si Kecil bahagia dan juga agar si Kecil tidak mudah stres ya, Moms.

5 Ide Kegiatan Coping Stress untuk Si Kecil

Pandemi banyak membawa perubahan untuk kita ya, Moms. Produktivitas dan kreativitas tentu terus berkembang. Itu menjadi nilai positif yang patut [...]

Ini Cara Ampuh Menangani Stres Si Kecil di Kala Pandemi

Pernahkah Moms melihat si Kecil marah-marah gak jelas dan mudah tersinggung saat Moms berkomunikasi dengannya? Bisa jadi, si Kecil sedang [...]

Kenali Stres dan Cara Mengatasinya pada Balita

Tahukah parents bahwa stress si Kecil dapat berpengaruh terhadap kesehatannya?

Grow Happy, Stres Terkendali

Stres terdengar cukup menyeramkan ya, Moms. Padahal sebenarnya stres merupakan proses penyesuaian diri terhadap lingkungan. Hal ini sebenarnya [...]

Tips Mengatasi Stres Pada Anak

Beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menciptakan rasa bahagia si Kecil apabila mulai terlihat tanda-tanda kejenuhan padanya adalah:

Kunci Kebahagiaan Si Kecil Adalah Orang Tua Yang Bahagia

Tidak semua orang tua mengetahui cara membesarkan anak dengan bahagia, faktor yang membuat anak tumbuh bahagia, dan apa saja yang bisa [...]