Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Penyebab Sakit Perut dan Kolik pada Bayi

FEEDING  |  REVIEWS  |  25 Mar '19


Kolik merupakan gejala umum yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Ada kalanya seorang ibu sering menjadi panik ketika menghadapi situasi saat bayi kolik ini. Pasalnya, tangisan yang tak kunjung berhenti dan sulit diredakan seiring dengan ketidaknyamanan bayi, membuat Moms panik dan khawatir. Wajar ya Moms, apalagi bila Anda seorang new Mom, tentu hal ini merupakan pengalaman baru bagi Anda.

Penyebab Kolik

Sebenarnya, mengatasi kolik bisa dilakukan dengan menyelidiki apa penyebab si buah hati menjadi kolik. Walaupun sudah disebutkan bahwa penyebabnya sering tidak diketahui, namun kolik ini umumnya berhubungan dengan ketidaknyamanan bayi pada masalah perutnya. Sebagai contoh:

  1. Susu Formula yang Tidak Cocok
    Susu formula yang Anda berikan pada si kecil bisa jadi tidak cocok untuknya. Perut bayi yang baru lahir umumnya masih menyesuaikan diri dengan asupan makanan yang masuk ke dalam perutnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan apakah susu formula yang diberikan pada bayi Anda ini cocok atau tidak. Moms bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu, jika memang tidak cocok, dokter atau bidan akan merekomendasikan susu formula yang tepat bagi si Kecil.
  1. Cara Pemberian Susu Formula yang Tidak Higienis
    Susu formula yang diberikan tidak selalu menjadi indikasi ketidakcocokkan bagi si bayi. Namun juga perlu diperhatikan cara pemberian sufor ini haruslah benar dan terjaga. Jangan sampai sufor yang diberikan tidak higienis karena kurangnya kebersihan botol susu atau terpaparnya zat sabun yang masih menempel pada botol dan tercampur dengan susu bayi Anda.
  1. Suhu Pemberian Susu Formula Tidak Tepat
    Perhatikan juga suhu sufor saat diberikan pada si Kecil, jangan terlalu dingin yang bisa saja menyebabkannya sakit perut, seperti membuatnya mual atau kembung. Atau juga jangan terlalu 'hangat' cenderung panas yang mengakibatkan lidah bayi menjadi tidak nyaman. 
  1. Posisi Menyusui Tidak Tepat
    Bukan hanya masalah bayi sufor saja yang sering memiliki masalah kolik. Bayi ASI pun pada dasarnya bisa mengalami masalah kolik. Contohnya, posisi Moms saat menyusui kurang tepat sehingga mulut si bayi tidak menerima asupan ASI yang lancar pada tubuhnya. Jika hal ini adalah penyebabnya, maka Moms cukup menyusukan kembali buah hati Anda dengan posisi yang tepat. Perhatikan posisi mulut dan posisi nyamannya saat menyusui. Supaya tubuhnya nyaman dan tidak menimbulkan gejala kolik lagi.

Tanda-tanda Kolik pada Tubuh Bayi

Selain penyebab di atas, perhatikan gejala kolik pada bayi dengan mengenali tanda-tandanya pada tubuh bayi Moms. Seperti:

  • Bayi merasa mual dan kembung
  • Bayi menangis terus–menerus
  • Tangan bayi mengepal
  • Kulit bayi memerah
  • Perut bayi kram 
  • Otot perut mengejang
  • Menangis sambil menekuk kaki dan mengejang

Mengatasi Kolik dengan Botol Susu 

Botol susu juga mempengaruhi kenyamanan bayi saat menyusu. Untuk menghindari kolik, banyak botol susu yang menyediakan dan menawarkan fitur anti kolik yang bermanfaat mengatasi kolik. 

Salah satu contohnya  adalah  botol susu dari Tommee Tippee yang menawarkan fitur anti kolik bagi bayi Anda. Botol susu ini dilengkapi dengan ventilasi bagian yang dapat mencegah bayi tersedak serta mengurangi kolik. Selain itu, terdapat pula indikator pengatur suhu yang bisa berubah menjadi ungu ketika suhu susu terlalu panas, serta berwarna biru untuk suhu susu yang normal.  Desain bentuk botolnya dirancang berlekuk supaya mudah dipegang oleh bayi. 

Tommee Tippee bertipe TT-01-043 CTN. Botol ini mempunyai bahan dan kualitas yang tinggi dan didukung dengan teknologi terdepan. Teknologi anti koliknya ini bisa mengatasi tersedak, mencegah infeksi telinga, muntah, mencegah bayi supaya tidak kembung dan mual yang merupakan penyebab kolik. Jika bayi Moms menyusui dengan susu formula, maka sebaiknya beralih pada botol susu multifungsi pencegah kolik ini supaya meminimalisir gejala kolik. 

 

Semoga bermanfaat.

By: Yuni Nurmalia

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

921 Yuni Nurmalia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Memilih Botol Susu yang Tepat untuk si Kecil Kesayangan

Bagaimana jika bayi terus menangis selama 3 jam di beberapa hari bahkan dalam waktu seminggu tanpa alasan yang jelas?

Botol Susu Anti kolik vs Botol Susu Biasa

Cuti melahirkan selama 3 bulan tidak membuat saya berlama-lama dalam memilih botol susu. Ya, sejak awal saya sudah memutuskan

Tips Memilih Botol Susu untuk Bayi

Salah pilih botol susu bisa menyebabkan kolik. Pertimbangkan beberapa kriteria ini sebelum membeli ya Moms.

Botol Comotomo: Mencegah Kolik pada Bayi

Salah satu botol susu anti kolik yang direkomendasikan oleh Mom Azizah adalah Comotomo Silicone Nurser Bottle.

Kolik Bisa Diatasi dengan Penggunaan Botol Susu yang Tepat

Botol susu seperti apa yang yang digunakan oleh Mom Marliana sampai-sampai anaknya bisa terbebas dari kolik?

Review Rangkaian ASI Booster Mama Bear by Mom Dita

Untuk melancarkan ASI dan mendapatkan hindmilk, Mom Dita memilih rangkaian ASI booster dari Mama Bear.

TRF Salted Caramel Brownies: Makanan Pelancar ASI-ku

Brownies dari TRF yang satu ini bisa melancarkan ASI lho Moms! Bagaimana ya caranya?

Spesifikasi Pompa ASI Spectra S1 (Hospital Grade) dan 9+ (Portable)

Mom Arlina membagikan review spesifikasi dan penggunaan 2 jenis pompa ASI Spectra. Yuk kita simak Moms.