Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  20 May '22


Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami pembengkakan. Lantas, apakah penyebab kaki bengkak pada ibu hamil?

Pembengkakan atau edema merupakan kondisi wajar yang dialami ibu hamil. Gejala ini merupakan bentuk reaksi tubuh terhadap perubahan yang terjadi, seperti kenaikan kadar hormon. Namun, jika pembengkakan disertai nyeri perut dan sesak napas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Apa Saja Faktor Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil?

Dilansir dari American Pregnancy, kaki bengkak saat hamil merupakan kondisi wajar yang disebabkan oleh bertambahnya cairan serta volume darah. Saat memasuki fase kehamilan, tubuh memproduksi cairan serta darah 50% lebih banyak guna memenuhi kebutuhan calon bayi dalam kandungan. 
Pembengkakan pada ibu hamil bisa terjadi pada wajah, tangan, dan kaki.  Selama hamil, pengumpulan cairan cenderung menyatu pada tubuh bagian bawah. Itulah mengapa edema sering terjadi pada telapak serta pergelangan kaki. Pembengkakan yang dialami oleh ibu hamil akan semakin parah seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Hal ini karena terjadi penekanan oleh rahim sehingga aliran dari kaki ke jantung mengalami hambatan. Akibatnya, terjadi tumpukan darah pada kaki yang membuat kondisi pembengkakan semakin parah. 
Penyebab kaki bengkak pada ibu hamil juga bisa dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat serta kegiatan yang dilakukan secara berlebihan. Beberapa di antaranya seperti:
  • Berdiri dan berjalan terlalu sering sehingga tekanan aliran darah pada kaki semakin tinggi. Kebiasaan inilah yang bisa memperparah edema pada ibu hamil.
  • Keseimbangan elektrolit dalam tubuh terganggu karena kurangnya asupan kalium.
  • Sering mengkonsumsi kafein sehingga tekanan darah menjadi tinggi.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam yang mengandung natrium. Kebiasaan ini membuat jumlah cairan dalam sel menjadi meningkat.
Jadi apa penyebab kaki bengkak pada ibu hamil tua? Salah satu faktor di atas mungkin menjadi pemicunya. Namun, Moms tak perlu risau selama kaki bengkak tidak mengganggu kesehatan karena gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya usai melahirkan.

Kapan Kaki Bengkak Saat Hamil Perlu Diwaspadai?

Bagi ibu hamil, pembengkakan yang terjadi selama mengandung bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Edema terjadi sebagai efek penumpukan cairan dalam tubuh. Meski begitu, untuk memastikan apakah pembengkakan tidak berbahaya, Moms perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.
Pembengkakan perlu diwaspadai bila disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan. Gejala yang harus diwaspadai misalnya saja seperti gangguan penglihatan, mata berkunang-kunang, nyeri pada perut, sesak napas, pusing, serta edema yang muncul juga di bagian tubuh lain misalnya pada wajah, tangan, serta mata.
Apabila Moms mengalami pembengkakan dengan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Bisa jadi, gejala edema yang dialami merupakan tanda dari preeklampsia. Jika ini terjadi, maka penanganan dari dokter harus didapatkan secepatnya.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Gejala pembengkakan pada kaki selama kehamilan memang bukanlah hal yang berbahaya. Meski begitu, gejala tersebut menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi ibu hamil. Misalnya saja, aktivitas hariannya menjadi terganggu karena rasa nyeri pada kaki.
Edema memang tidak bisa diobati. Namun, Moms bisa menggunakan cara di bawah ini untuk mengurangi efek pembengkakan pada kaki. Di antaranya adalah:
  1. Memastikan Tubuh Tetap Terhidrasi
Langkah mudah meredakan gejala kaki bengkak saat hamil adalah memperbanyak konsumsi air putih. Fungsi dari air tersebut adalah menarik cairan yang menumpuk pada bagian kaki, lalu mengeluarkannya bersama dengan urine.
Selain itu, Moms juga bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi dengan cara berenang, berendam, atau sekedar mencelupkan kaki di kolam yang dangkal. Dengan melakukan hal tersebut, maka cairan yang menumpuk dalam kaki bisa segera dikeluarkan karena mendapat tekanan dari air.
  1. Mengompres dengan Air Hangat
Penyebab kaki bengkak pada ibu hamil salah satunya adalah terjadi penyumbatan aliran darah dari kaki ke jantung. 
Dikutip dari Marshfield Clinic System, cara cepat untuk meredakan edema adalah dengan mengompres bagian kaki dengan air hangat.  Panas yang dihasilkan dari kompres mampu melancarkan peredaran darah sehingga aliran darah dari kaki ke jantung tidak akan mengalami hambatan. Moms bisa menggunakan handuk yang bersih, kemudian basahi dengan air hangat. Selanjutnya, kompres pada bagian kaki yang bengkak selama kurang lebih 20 menit. Sebaiknya jangan mengompres melebihi dari durasi waktu tersebut untuk mencegah timbulnya luka bakar.
  1. Memperbaiki Pola Makan
Apa yang harus dilakukan jika kaki bengkak saat hamil? Sebagian besar ibu hamil pasti selalu mempertanyakan hal tersebut. Untuk mengurangi gejala kaki bengkak, harus diketahui dulu penyebab utamanya. Bisa saja, penyebab kaki bengkak berasal dari kebiasaan yang salah atau konsumsi makanan yang tak sehat.
Pemilihan makanan yang tidak tepat menjadi salah satu faktor yang dapat memicu masalah kaki bengkak. Konsumsi jenis makanan yang tinggi garam, kafein, serta kurangnya asupan kalium bisa memperparah efek kaki bengkak.
Oleh karena itu, Moms perlu memperbaiki pemilihan jenis makanan yang sesuai kondisi ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Adapun pola makan yang sehat untuk ibu hamil di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Menghindari jenis makanan maupun minuman yang mengandung kafein.
  • Memilih jenis makanan yang bersifat diuretik yaitu mampu merangsang pengeluaran cairan dari dalam tubuh. Misalnya, seledri dan jahe.
  • Memperbanyak asupan kalium, terutama dengan mengkonsumsi jeruk, pisang, melon, kentang, jamur, ubi, kacang-kacangan, serta buah-buahan yang dikeringkan.
  • Mengurangi jenis makanan olahan yang tinggi kandungan garamnya.
  • Memilih jenis makanan yang bersifat alami.
  1. Memposisikan Tidur Menghadap Kiri
Tekanan yang terjadi pada pembuluh vena cava inferior membuat aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Dengan tidur menghadap ke kiri, maka tekanan pada pembuluh tersebut bisa dikurangi. Dengan begitu, aliran darah dari kaki ke jantung tidak mengalami penyumbatan dan pembengkakan bisa sedikit diredakan. Tidur menghadap kiri juga bisa meringankan beban di perut. Posisi tidur ini paling nyaman untuk ibu hamil serta si Kecil karena tekanan dalam perut relatif kecil.

Tips Mencegah Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak bisa membuat ibu hamil menjadi cepat lelah karena tidak bisa melakukan berbagai kegiatan dengan mudah. Untuk ibu hamil yang belum mengalami gejala kaki bengkak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala tersebut:
  • Berolahraga secara rutin, terutama berenang dan berjalan kaki.
  • Memperbanyak konsumsi air putih.
  • Memakai sepatu yang nyaman serta tidak mengenakan kaos kaki yang terlalu ketat.
  • Jangan melipat salah satu atau kedua kaki saat duduk.
  • Membatasi konsumsi garam maksimal setengah sendok teh per hari.
  • Saat terlalu lama duduk, berdiri atau berjalanlah sebentar agar aliran darah kembali lancar.
  • Menggunakan pakaian yang longgar, terutama untuk celana.
Penyebab kaki bengkak pada ibu hamil salah satunya berasal dari penimbunan cairan dalam tubuh. Gejala ini tidak membahayakan dan merupakan hal yang lumrah. Kaki bengkak tidak bisa disembuhkan, namun bisa dicegah serta dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

117 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]