Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Nutrisi yang Wajib untuk Ibu Hamil

BRANDS  |  PREGNANCY  |  04 Nov '19


Saat mengandung, ibu hamil biasanya membutuhkan asupan nutrisi untuk mendukung kesehatan dan perkembangan janinnya. Berbeda dengan wanita pada umumnya, ibu hamil akan membutuhkan asupan nutrisi dengan jumlah tertentu.  Biasanya mereka membutuhkan asupan dua kali lebih banyak dari pada wanita yang tidak sedang hamil. Lalu, apa saja nutrisi wajib yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi makro yang sangat kita butuhkan, termasuk untuk ibu hamil. Menurut penelitian, mengonsumsi sedikit karbohidrat selama hamil dapat berisiko memnyebabkan bayi terlahir cacat. Dikutip dari Alo Dokter, dr. Kevin Adrian menjelaskan bahwa asupan karbohidrat yang dikonsumsi ibu hamil ini diubah menjadi energi serta nutrisi untuk mendukung pertumbuhan si Kecil. Asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalan 175-210 gram per harinya.

Karbohidrat bisa berupa pati, serat, dan gula. Meski ketiganya merupakan karbohidrat, Moms tentunya harus memperhatikan jumlah ketiga jenis karbohidrat tersebut, ya. Adapun, jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang aman Moms konsumsi diantaranya pasta, roti, kentang, nasi, dan sebagainya.

Protein

Ketika hamil, jaringan sel dan otot ibu hamil berubah. Tak jarang, berubahnya postur tubuh ibu hamil juga bisa menyebabkan jaringan dan sel otot tersebut mengalami kerusakan. Untuk memperbaiki jaringan sel dan otot tersebut, ibu hamil wajib mencukupi asupan protein mereka. Menurut dr. Tania Savitri yang dikutip dari Hello Sehat, protein juga bisa membantu meningkatkan persediaan darah ibu hamil. Selain untuk ibu, protein juga dapat mendukung proses tumbuh kembang janin terutama pada bagian otaknya. Menurut Angka Kecukupan Gizi Indonesia (AKG), ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 80 gram protein per hari.

Lemak

Nutrisi makro harian ketiga yang harus dipenuhi oleh ibu hamil adalah lemak. Biasanya kita mengenal lemak sebagai salah satu hal yang harus dihindari, ya. Tapi faktanya, lemak merupakan salah satu asupan yang harus dipenuhi, termasuk untuk ibu hamil. Sama seperti karbohidrat, lemak juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi ibu serta janin ketika melahirkan. Tak hanya itu, lemak juga penting untuk perkembangan otak dan mata bayi.

Lemak bisa didapatkan dari banyak sumber makanan, salah satunya adalah cod liver oil. Cod liver oil merupakan sumber omega 3, DHA (Docosahexaenoic Acid) dan, EPA (Eicosapentaenoic acid) yang penting untuk jaringan otak janin sehingga perkembangan otaknya bisa optimal. Cod Liver Oil juga baik untuk tumbuh kembang janin dan daya tahan Moms selama kehamilan.

Selain memenuhi nutrisi makro, ibu hamil juga wajib memenuhi nutrisi mikronya seperti vitamin dan mineral. Apa saja kandungan nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan asupan sebanyak 2 kali lebih banyak dari pada sebelum hamil. Menurut AKG, ibu hamil akan membutuhkan 26-39 mg zat besi per harinya. Jumlah tersebut harus terpenuhi selama hamil karena selain untuk mengakomodasi perubahan tubuh ibu hamil itu sendiri, janin juga membutuhkan zat besi untuk menerima oksigen dan darah untuk mendukung tumbuh kembangnya. Zat besi bisa Moms temukan pada makanan-makanan seperti kacang merah, ikan, ayam, dan sayuran hijau.

Kalsium dan Vitamin D

Ketika mengandung, ibu hamil lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi. Untuk mengurangi risiko tersebut, ibu hamil harus mencukupi asupan kalsiumnya sebanyak 1200-1300 mg per hari. Selain itu, janin juga sangat membutuhkan kalsium untuk perkembangan tulang dan giginya di dalam kandungan. Jika ibu hamil kekurangan kalsium, maka janin akan menyerap kalsium dari cadangan tubuh ibu sehingga risiko darah tinggi dan osteoporosis pun akan tinggi. Beberapa sumber makanan yang mengandung banyak kalsium adalah susu, keju, yogurt, kacang almond, salmon, dan sebagainya.

Agar kalsium dapat diserap secara optimal oleh tubuh, ibu hamil juga wajib mencukupi Vitamin D sebanyak 15 mcg per harinya.

Asam Folat

Asam Folat juga dikenal sebagai Vitamin B9. Vitamin ini dapat membantu mencegah bayi terlahir cacat tabung saraf, kelainan pada otak, serta sumsum tulang belakang. Ibu hamil disarankan mengonsumsi 600 mcg asam folat per harinya. Moms dapat mengonsumsi makanan-makanan seperti sereal, sayuran hijau, mangga, kacang-kacangan, melon, dan sebagainya.

Selain Asam Folat, vitamin B Kompleks lainnya yang harus ibu hamil penuhi adalah kolin. Asupan kolin yang harus dipenuhi oleh ibu hamil setiap harinya adalah 450 mg per hari.

Itulah daftar kandungan nutrisi makro, serta vitamin dan mineral yang wajib dikonsumsi oleh ibu hami. Namun, selain kandungan vitamin dan mineral di atas, ibu hamil juga wajib memenuhi kebutuhan harian vitamin lainnya mulai dari Vitamin A, B, C, D, E, dan K serta berbagai mineral mulai dari iodium, seng atau zinc, magnesium, mangan, selenium, dan fosfor.

Kandungan nutrisi di atas secara umum dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi berbagai macam makanan bergizi yang mudah kita temukan. Namun salah satu cara praktis untuk dapat mencukupi nutrisi harian tersebut adalah dengan mengonsumsi susu ibu hamil. 

Susu ibu hamil yang beredar di pasaran biasanya sudah dilengkapi dengan nutrisi-nutrisi penting untuk ibu hamil mulai dari vitamin A, B Kompleks, C, D, E, K, mineral, serta kandungan nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, lemak bahkan cod liver oil. Namun, agar bisa tetap sehat selama hamil, jangan lupa juga untuk makan-makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan jauhi stres, ya, Moms!

Referensi: Mayo Clinic, Hello SehatAlo Dokter

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1868 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Tips Mengatasi Lelah dan Pegal saat Hamil

Salah satu hal tidak nyaman yang sering dialami oleh Ibu hamil adalah kelelahan. Yuk, simak 5 tips mengatasi lelah dan pegal selama hamil berikut ini.

Apa Itu Stretch Marks dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Tahukah Moms bahwa selama hamil, terdapat beberapa perubahan yang terjadi termasuk peregangan kulit?

Benarkah Kacang Hijau Bermanfaat untuk Janin?

Kacang hijau dipercaya sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Benarkah demikian?

Manfaat Cod Liver Oil untuk Perkembangan Janin

Tak hanya baik untuk anak dan orang dewasa, cod liver oil juga sangat baik untuk perkembangan janin.

Cordlife Shield, Perlindungan Pada Kehamilan

Hipertensi dalam kehamilan salah satunya dapat terjadi pada pre eklamsia.

Tips Mengolah Makanan Ala Pregnant Working Mom

Siapa bilang pregrnat working Mom tidak bisa mengolah makanan dengan praktis? Yuk simak caranya di sini!

4 Tips If You Plan to Do Maternity Photo Session

Masa kehamilan adalah waktu yang berharga bagi ibu. Tak heran banyak yang ingin mengabadikan momen ini.

Proses Inseminasi, Tingkat Keberhasilan dan Resikonya

Metode inseminasi bisa menjadi salah satu cara agar pasangan memiliki anak. Bagaimana prosesnya?

Tips Atasi Kaki Pegal saat Hamil

Saat hamil, terkadang kaki terasa pegal. Apa saja yang bisa kita lakukan agar bisa mengatasinya?

Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui dan Melahirkan

Payudara kendur memang bisa bikin Moms tidak PD. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan serum.

Kiat Menyiapkan ASI Eksklusif Sebelum Melahirkan

Tahukah Moms, menyiapkan ASI eksklusif harus disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan ketika kita masih hamil?