Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali dan Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  30 Sep '19


Mungkin tak banyak yang tahu kalau bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Tentang Kanker Payudara. Yupppp, bulan Oktober ini dijadikan bulan agar kita senantiasa mengingat, mengetahui dan banyak belajar tentang penyakit yang satu ini. Kita sering mendengar dan melihat di layar televisi, bagaimana perjuangan para survivor cancer untuk bertahan hidup melawan penyakit kanker ini. Atau mungkin justru ada orang-orang terdekat kita yang mengalaminya. Bukan karena kita tidak mengalaminya lantas kita bersikap acuh. Justru mereka, para pejuang kanker payudara sangat membutuhkan dukungan dan doa dari semua orang, siapa pun itu agar mereka tetap bertahan dan mampu melewati semuanya.

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang satu ini. Saya rasa semua Moms sudah tahu dan setiap mendengarnya bulu kuduk saya jadi merinding.

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya bagi wanita. Menurut ahli medis, penyebab dari kanker payudara ini belum diketahui secara pasti, tapi mereka menyimpulkan jika penyakit ini muncul karena adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara. Seorang wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara jika memiliki riwayat keluarga menderita penyakit ini.

Sebagai seorang wanita dan ibu bagi anak-anak kita, sudah seharusnya kita banyak belajar dan membaca tentang penyakit yang satu ini. Tidak ada salahnya kan Moms. Kita tidak pernah tahu kepada siapa dan kapan penyakit ini menghampiri apalagi jika itu orang terdekat kita. Mengetahui lebih banyak dan detail tentang penyakit ini, tidak akan membuat kita rugi.

Saya pribadi sangat takut dengan penyakit yang satu ini, makanya saya sangat sensitif jika ada sesuatu yang berbeda pada payudara saya, apalagi di saat saya menjadi ibu dan menyusui buah hati saya. Ada beberapa gejala awal dari penyakit kanker payudara yang bisa kita deteksi/sadari sedari dini, yakni:

1. Adanya benjolan di payudara

Benjolan pada payudara adalah salah satu gejala awal munculnya kanker. Benjolannya tidak selalu harus sakit. Pernah sekali saya merasakan ada benjolan di payudara, saya panik pastinya tapi setelah konsul ke dokter Alhamdulillah hanya benjolan karena pengaruh saya menyusui anak. Menurut dokter, itu hal yang wajar bagi ibu menyusui. Benar saja Moms, 2 hari setelahnya benjolannya sudah hilang dan tidak teraba lagi.

2. Puting terasa sakit

Jika ada perubahan pada puting yang Moms rasakan misalnya timbul rasa nyeri, membengkak atau memerah, tidak ada salahnya dicek dan dikonsultasikan ke dokter karena itu salah satu gejala awal dari kanker payudara.

3. Adanya benjolan di ketiak

Mengapa ada benjolan di ketiak padahal kan ini kanker payudara? Hal itu karena adanya pembesaran kelenjar getah bening di area ketiak.

4. Warna kulit payudara kemerahan seperti iritasi

Gejala yang juga sangat nampak adalah warna kulit di daerah payudara memerah seperti mengalami iritasi.

Jika ada salah satu gejala di atas yang Moms rasakan, langsung periksakan ke dokter ya. Jangan dibiarkan begitu saja. Pemeriksaan sejak dini itu sangat penting agar bisa dilakukan tindakan medis secepatnya.

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kanker payudara:

1. Menggunakan bra yang tidak ketat

Penggunaan bra yang tepat bisa jadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Malahan jika akan tidur, dokter menganjurkan agar kita tidak menggunakan bra. Tekanan dari bra yang ketat akan mengganggu peredaran darah dalam payudara. Ini sangat tidak baik bagi kesehatan payudara, apalagi jika ibu menyusui.

2. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Pola hidup yang sehat adalah kunci agar penyakit bisa dicegah. Memakan makanan yang sehat dan bergizi sangat penting. Tidak perlu makan banyak, yang penting semua unsur penting dalam makanan bisa terpenuhi. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur dan hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Selain itu, hindari juga mengonsumsi alkohol, merokok dan sejenisnya. Alangkah baiknya perbanyak mengonsumsi air putih.

3. Rutin berolahraga

Tidak perlu olahraga berat Moms, olahraga ringan saja tapi rutin juga bisa membuat badan kita lebih segar dan daya tahan tubuh jadi lebih meningkat.

4. Rutin memeriksa payudara sendiri

Memeriksa payudara sendiri di rumah, sangat penting ya Moms. Jika menurut Moms ada yang berbeda dari biasanya, lebih baik segera periksakan. Mengetahui/mendeteksi lebih awal kanker payudara sangat baik untuk penyembuhan yang lebih cepat juga.

5. Bagi ibu, usahakan menyusui si Kecil jika memang tidak ada alasan kesehatan yang membuat kita tidak menyusui

Dengan menyusui, maka membantu diri kita untuk terhindar dari kanker payudara. Mengapa? Karena dengan menyusui, maka sel-sel dalam payudara lebih aktif memproduksi susu setiap saat sehingga tidak menimbulkan peradangan atau pembengkakan pada jaringan payudara.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

519 Nurulynayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Mudah Mengenali Gejala Kanker Payudara

Berbicara cancer, saya sebenarnya sudah tidak asing lagi ya. Karena kakak sepupu saya salah satu breast cancer survivor

Jangan Remehkan Benjolan pada Payudara Ya Moms!

Kali ini saya mau sharing nih mengenai penyakit tumor jinak yang saya alami yaitu FAM, dan bagaimana cara mengatasinya

Lindungi Diri dengan Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara!

Awal tahun lalu sebelum hamil anak kedua, saya mengikuti suatu tes skrining payudara dan mammography.

Apa Saja yang Perlu Kita Waspadai Sebagai Gejala Awal dari Kanker Payudara?

Tepat 1 tahun yang lalu tante saya dinyatakan kanker payudara yang sudah bukan stadium awal lagi.

Mengenal Tumor Jinak yang Dapat Memicu Kanker Payudara

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya didiagnosis mengidap tumor jinak di payudara

Mengetahui Lebih Awal & Belajar dari Breast Cancer Survivor

Saya melihat sendiri bagaimana perjuangan Tante saya dalam melawan penyakit kanker payudara yang dideritanya.

Penyebab dan Gejala Kanker Payudara

Di bulan Oktober akan dilakukan kampanye tahunan, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kanker payudara.

Kanker Payudara: Musuh Para Wanita

Agar para perempuan yang mengidap kanker dapat bertahan hidup lebih lama, perlu dilakukan deteksi dini. Apa saja?

Cara Mengatasi Mastitis Ketika Menyusui

Dulu ketika Carine lahir, senang sekali rasanya karena bisa langsung memberikan ASI kepada Carine.