Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali Apa Saja Perkembangan Kehamilan di Minggu 7

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  13 Mar '19

Wanita yang ingin mempunyai keturunan tentu ingin untuk segera hamil. Kehamilan merupakan pengalaman berharga yang tidak dapat digantikan rasanya dengan hal lainnya. Memasuki perkembangan kehamilan di Minggu ke-7, ukuran janin masih sangat kecil. Jika dianalogikan, janin pada minggu ke-7 itu seukuran dengan buah kersen. Namun, bagian otak janin berumur 7 minggu itu sudah berkembang pesat. Simak beberapa info tentang kehamilan minggu ke-7 di bawah ini.

Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

  1. Pertumbuhan Janin
    Pada perkembangan di tahap ini, janin sudah memiliki ukuran sebesar biji apel hijau. Panjang janin sudah dua kali lipat lebih panjang dari minggu sebelumnya, yaitu sekitar 1,27 cm.
    Namun, tahukah Moms bahwa pada fase ini bayi atau janin dalam perut sedang berjuang untuk mulai beradaptasi dengan kehidupan di dalam rahim? Pada tahap ini, ari-ari sudah mulai terbentuk. Ari-ari akan menyediakan oksigen, nutrisi dan pembuangan kotoran untuk si Kecil. Tidak hanya itu, paru-paru dan sistem pencernaannya sudah mulai terbentuk dan berfungsi dengan baik.
  1. Perubahan Bentuk Tubuh
    Selanjutnya, salah satu informasi yang harus Moms ketahui tentang pertumbuhan janin pada minggu ke-7 adalah perubahan pada tubuh Moms. Selama kehamilan, leher rahim (serviks) akan terus membesar. Sumbat ketuban juga sudah mulai terbentuk.
    Sumbat ketuban berfungsi untuk melindungi rahim dan mengontrol membuka atau menutupnya rahim. Perlu diketahui bahwa sumbat ini akan terus ada sampai Moms memasuki fase siap melahirkan.

Tips Menjaga Kehamilan Usia 7 Minggu

  • Kurangi Aktivitas Berat
    Janin yang berusia 7 minggu masih rentan terhadap guncangan. Agar kondisi kehamilan tetap sehat dan lancar, Moms harus mengonsumsi makanan sehat, menghindari stres dan membatasi aktivitas agar tidak berlebihan.
    Jika Moms sudah pernah hamil sebelumnya, kondisi perut Moms saat ini akan lebih besar dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya. Gejala-gejala kehamilan yang biasa terjadi pun akan muncul lebih awal.
  • Lakukan Kontrol Kehamilan ke Dokter atau Bidan Secara Teratur
    Hal selanjutnya yang perlu dilakukan pada saat perkembangan kehamilan pada minggu ke-7 adalah rutin melakukan kunjungan ke bidan atau dokter. Tanyakan kiat-kiat menjaga kesehatan ibu dan bayi kepada para ahli kesehatan ini.
  • Jalankan Pola Hidup Sehat
    Ibu hamil di usia 7 minggu perlu menjalankan pola hidup sehat. Jangan melakukan kegiatan yang justru mengganggu kesehatan janin. Hindari terkena paparan asap rokok dan mengonsumsi makanan tidak bernutrisi. Jangan lupa lakukan olahraga sehat untuk menjaga agar badan tetap sehat dan bugar.

Itulah sedikit informasi seputar perkembangan kehamilan di minggu 7 yang perlu Moms tahu.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

173 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories