Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kenali 4 Tanda Bayi Cukup ASI

FEEDING  |  12 Jul '18

Apakah tanda bayi cukup ASI? itulah pertanyaan yang sering sekali dilontarkan oleh beberapa ibu menyusui. ASI sebenarnya menjadi makanan utama bayi hingga berusia 6 bulan. Setelah melewati fase tersebut, Mom bisa memberikan berbagai makan pendamping untuk menopang kebutuhan gizi dan pertumbuhan bayi.

Tetapi meskipun begitu, bayi tetap membutuhkan ASI untuk mendapatkan nutrisi. Setiap Mom tidak pernah mengetahui secara pasti banyaknya ASI yang telah diminum oleh bayi. Sehingga, terkadang banyak banyak yang mengkhawatirkan apakah bayi mereka telah mendapatkan cukup ASI atau tidak.

Tanda Bayi yang Cukup ASI

Ada beragam cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah ASI yang diminum sang buah hati sudah cukup atau belum. Anda hanya perlu mengamati ciri-ciri berikut ini:

1. Berat Badan Bayi yang Bertambah

Menimbang berat badan bayi dengan bantuan timbangan digital sebelum menyusui dan setelah menyusui menjadi salah satu cara yang paling mudah dan akurat untuk mengetahui apakah bayi menerima cukup ASI atau tidak. Anda bisa menimbang 10-15 menit setelah menyusui. Selisih berat badan yang ada pada bayi menunjukkan jumlah ASI yang ia minum selama 30 menit. Jika terdapat kenaikan 600 gram hingga 1 Kg per bulan, maka bayi telah mendapatkan cukup ASI dan nutrisinya sudah tercukupi.

2. Frekuensi Buang Air Kecil yang Meningkat

Tanda bayi cukup ASI selanjutnya adalah meningkatnya air seni yang dikeluarkan oleh Bayi. Saat tubuh bayi mendapatkan cairan ASI yang cukup, maka bayi juga akan sering buang air kecil. Pada umumnya bayi hanya membasahi paling banyak dua popok per hari. Namun setelah bayi telah menyusu dengan baik, maka ia akan lebih sering mengeluarkan air seni hingga menghabiskan lebih dari 5 popok per hari. Tanda meningkatnya frekuensi berkemih merupakan tanda bahwa bayi mendapatkan cukup ASI.

3. Bayi merasa Ceria dan tertidur Pulas

Bayi akan merasakan puas, santai, dan ceria ketika ia telah mendapatkan cukup ASI. Namun sebaliknya bayi akan menangis dan rewel ketika ia belum cukup mendapatkan ASI. Biasanya bayi yang cukup mendapatkan ASI juga dapat digambarkan ketika ia tidur. Seorang bayi yang kenyang, cenderung akan tidur lebih pulas. dan bayi akan bangun kembali setelah 2-3 jam untuk kembali menyusu.

4. Perhatikan Gerakan Dagu

Untuk mengetahui si Kecil sudah mendapatkan ASI yang cukup, Mom bisa memerhatikan dagunya. Metode ini tergolong unik dan instan namun memberikan hasil yang sangat akurat. Perhatikanlah bagian Dagu hingga leher bayi saat anda sedang menyusui. Ketika dagu bayi naik-turun saat menghisap ASI. setelah beberapa kali, dagu bayi akan terlihat turun lebih jauh ke bawah beberapa saat sebelum kembali ke posisi pertama. Jeda tersebut menandakan bahwa bayi sedang menelan ASI.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Gejala Intoleransi Fruktosa pada Anak

158 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories