Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kekhawatiran Persalinan Dengan Riwayat Mata Minus

MY STORY  |  PREGNANCY  |  06 Dec '17

Mata minus dengan persalinan normal masih menjadi issue dikalangan para medis, pasalnya mom-to-be dengan riwayat mata minus rentan melairkan dengan normal. Hal ini dikarenakan saat proses mengejan pada persalinan normal, otot mata ikut merasakan tegang. Mom-to-be dengan mata minus memiliki resiko komplikasi mata saat melahiran antara lain syaraf mata dapat rusak, retina dapat robek atau terlepas, mata menhalami peradangan, bahkan mengalami kebutaan sementara. Oleh karena itu banyak pihak dari para medis menyarankan untuk memilih persalinan secara caesar demi keselamatan mom dan sang buah hati.

Berikut adalah sharing singkat saya, saya adalah mom dengan riwayat mata minus 7 kanan dan kiri yang tetap kekeh ingin melahirkan secara normal. Saat berkonsultasi dengan salah seorang dokter kandungan A, saya diizinkan untuk melakukan persalinan secara normal apabila saya mendapat persetujuan dari dokter mata. Namun, saya berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan lain dan saya disarankan untul melakukan persalinan secara caesar. Mulailah saya di landa kebingungan dan akhirnya saya putuskan untuk bekonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatan mata saya.

Saat mengunjungi dokter mata, pemeriksaan yang dilakukan adalah pengecekan besarnya minus serta foto retina mata. Foto retina dilakukan menggunakan alat khusus dan sekilas rasanya mata seperti disinari cahaya. Pertanyaan selanjutnya, berapakah batasan mata minus agar dapat melahirkan secara normal? Jawaban dari dokter mata saya pada umumnya mata minus diatas minus 5 untuk tidak diizinkan melahirkan secara normal. Namun terdapat kompensasi untuk mata minus 5 hingga 9 dengan catatan retina mata dalam kondisi bagus. Dengan mata minus di atas 9 diharuskan melahirkan secara caesar.

Sebetulnya hal apa yang dikhawatirkan oleh dokter kandungan terkait hal ini ? Berdasarkan jawaban dokter kandungan saya adalah saat setelah proses melahirkan sang ibu harus menjalani pengobatan mata, padahal seharusna ia bahagia melihat Si Kecil dan berada di samping Si Kecil.

Akhirnya hasil pemeriksaan mata saya bagus dan dokter mata mengijinkan saya untuk menjalani proses kelahiran normal. Namun karena terdapat kendala lain, saya tetap melahirkan secara caesar. 

Bagi ibu yang memiliki mata minus dan sedang mempertimbangkan proses kelahiran yang dipilih, semoga cerita saya sedikit bisa membantu. Apabila mata minus dan memiliki harapan yang tinggi untuk melahirkan normal, cobalah konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata untuk mengetahui keadaan mata secara jelas karena banyak dokter kandungan yang langsung menyarankan operasi caesar. 

Semoga bermanfaat.

By: Lidwina Michele

BACA JUGA: ASI Seret Saat Menstruasi, Kenapa Ya?

244 Lidwina Michele Send Message to Writer

Related Stories