Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mengenal Usia Kehamilan dan Perkembangan Janin Dalam Kandungan

PREGNANCY  |  Trimester 1  |  Trimester 2  |  Trimester 3  |  11 Apr '18

Penting untuk Anda ketahui, bahwa umumnya manusia mengalami kehamilan selama 40 minggu atau kurang lebih selama 9 bulan. Dan penghitungan ini biasanya akan mulai di hitung dari hari terakhir Anda mengalami menstruasi. Dalam istilah medis, seorang wanita hamil disebut sebagai gravida, dan janin yang ada di dalam kandungan disebut embrio di awal kehamilannya. Ketika Anda mengalami kehamilan, pastinya akan banyak sekali hal-hal baru yang akan Anda alami, bahkan Anda juga di tuntut untuk mempersiapkan banyak hal untuk menyambut datangnya buah hati ke dunia ini. Dan pada umumnya, seorang wanita hamil akan mengalami morning sickness di awal kehamilannya, yang di tandai dengan perasaan mual yang disertai dengan muntahan.

Bagaimana pertumbuhan janin dalam kandungan selama masa kehamilan?

Penting untuk Anda ketahui, umumnya seorang wanita hamil tidak akan menyadari bahkan tidak akan terlihat bahwa dirinya tengah hamil. Mengapa? Karena di usia kehamilan pertama ini ukuran embrio yang ada di dalam kandungan masih sangatlah kecil, sehingga akan sangat sulit terdeteksi. Akan tetapi, seorang wanita hamil pastinya akan merasakan adanya perbedaan, misalkan seperti telat mengalami menstruasi bahkan mengalami morning sickness.

Ketika memasuki usia 2 bulan dan usia-usia selanjutnya masa kehamilan, embrio akan terus berkembang dan akan membentuk bagian-bagian yang utuh. Umumnya memasuki usia dua bulan embrio akan berubah nama menjadi janin, dan kemudian setelah usia kehamilan semakin menua, janin juga akan berubah nama menjadi bayi. Banyak sekali hal yang akan di lalui oleh janin di dalam kandungan, untuk memantapkan dirinya dan menyempurnakan bentuknya sebelum ia lahir ke dunia ini.

Bukan hanya janin yang mengalami perkembangan serta perubahan, karena biasanya seorang wanita hamil juga akan mengalami beberapa perubahan serta perkembangan selama masa kehamilan, dan Anda tidak perlu merasa khawatir ketika Anda mengalami perubahan-perubahan itu, karena memang perubahan tersebut merupakan perubahan yang normal di alami, terutama mengenai perubahan fisik Anda.

Jika seperti itu, bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan selama 9 bulan penuh?



Kehamilan 1 bulan

Di usia kehamilan 1 bulan ini, di pastikan Anda mulai mengalami gejala atau pertanda kehamilan, diantaranya seperti telat menstruasi dan juga perasaan mual yang disertai dengan muntah, dimana kondisi ini di sebut sebagia morning sickness. Umumnya proses pembuahaan akan terjadi sekitar 2 minggu, dan proses ini terjadi setelah hari pertama Anda mengalami menstruasi. Dan di masa inilah tubuh akan memproduksi sel telur yang nantinya akan membentuk embrio. Sehingga di usia 1 bulan ini janin masih berbentukkan sejumlah sel, yang mana nantinya akan terus membelah diri serta berkembang untuk menjadi bayi yang sempurna.

Bagaimana pertumbuhan janin 1 bulan?

Ketika usia kehamilan baru menginjak usia 1 bulan, janin di dalam kandungan masih terlihat seperti titik kecil yang memiliki ukuran panjang sekitar 0,2cm. Dimana sel-sel yang berkumpul ini nantinya akan mengalami perkembangan yang cukup singkat, untuk membentuk beberapa bagian penting hingga bentuknya bisa sangat sempurna.  Di usia satu bulan pertama dalam rahim, hanya akan terkumpul beberapa jenis sel, seperti endoderm, mesoderm, dan juga ektoderm yang nantinya akan berkumpul menjadi satu dan berkembang menjadi beberapa bagian tubuh yang utuh.

  • Sistem syaraf Si Kecil dan juga beberapa bagian organ utamanya mulai mengalami perkembangan.
  • Bagian jantung dan juga pembuluh darah mulai melakukan perkembangannya.
  • Ketika memasuki usia 6 minggu, embrio mulai mengalami perubahan bentuk. Dimana bentuknya menyerupai bulan sabit serta memiliki ekor di bagian belakangnya, sehingga akan terlihat seperti kecebong.
  • Dan ketika Anda melakukan USG, maka biasanya di usia ini denyut jantung Si Kecil mulai bisa terlihat meskipun belum jelas.
  • Saat memasuki usia 7 minggu kehamilan, ukuran dari embrio mulai mengalami perkembangan, dan besarnya yaitu sekitar 10 mm.
  • Selain itu, bagian dagu juga sudah mulai terbentuk dan bagian beberapa tulang rawan juga sudah siap untuk membentukkan dirinya.



Kehamilan 2 Bulan

Di usia kehamilan 2 bulan ini, umumnya embrio akan mulai berubah menjadi janin. Meskipun Anda belum bisa melihat tonjolan di bagian perut yang menandakan Anda tengah hamil, namun di usia kehamilan 2 bulan ini kondisi morning sickness yang Anda alami akan semakin meningkat. Dan embrio yang berubah menjadi janin ini mulai mengalami perubahan yang sangat pesat.

Bagaimana pertumbuhan janin 2 bulan?

Di usia kehamilan 2 bulan ini, umumnya rahim Anda akan memiliki ukuran yang lebih besar dari biasanya. Jika sebelum hamil rahim Anda hanya berukuran sekepal tangan, maka ketika usia kehamilan menginjak usia 2 bulan, ukuran rahim akan bertambah menjadi seukuran jeruk bali. Bahkan di usia kehamilan 2 bulan ini ukuran embrio juga bertambah besar. Dan berikut beberapa perkembangan janin di usia kehamilan 2 bulan :

  • Wajah janin mulai terbentuk di usia kehamilan 2 bulan ini.
  • Ekor yang terdapat di bagian belakang embrio mulai menghilang secara perlahan, dan embrio dalam kandungan mulai memasuki masa yang disebut dengan janin.
  • Di usia kehamilan ini, bagian daun telinga juga mulai terbentuk.
  • Dan bagian jenis kelamin juga mulai terbentuk meskipun belum bisa di pastikan apakah kelamin dari janin Anda laki-laki atau perempuan.
  • Jaringan kaki dan tangan juga mulai terbentuk di usia kehamilan 2 bulan ini.
  • Bahkan bagian bibir atas dan bagian hidung juga mulai terbentuk.
  • Di usia kehamilan 2 bulan ini, bagian rahang dan calon gigi juga mulai terbentuk dengan baik.
  • Dan beberapa bagian organ dalam juga mulai terbentuk dengan baik meskipun belum sempurna.



Kehamilan 3 Bulan

Pada usia kehamilan 3 bulan ini, dipastikan Si Kecil mulai bisa mendengar. Jadi, jika Anda ingin memperdengarkan musik kepadanya, maka Anda bisa melakukannya di usia kehamilan 3 bulan ini. Mengapa demikian? Karena di usia kehamilan 3 bulan, Si Kecil mulai bisa mendengar berbagai jenis bunyi yang dapat di dengarnya, baik suara Anda atau bahkan suara yang terdengar dari dalam perut Anda.

Bagaimana pertumbuhan janin 3 bulan?

Ketika kehamilan Anda memasuki usia kehamilan 3 bulan, umumnya janin memiliki ukuran sekitar 7,4 cm dengan bobot sebesar 23 gram. Dan berikut ada beberapa perkembangan lainnya yang akan di lalui Si Kecil di usia kehamilan 3 bulan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bagian ovarium atau disebut juga dengan testis sudah bisa berkembang dengan baik.
  • Bagian organ kelamin luar juga mulai terbentuk meskipun masih belum di pastikan jenis kelaminnya apa.
  • Si Kecil  mulai memiliki kemampuan menghisap.
  • Selain itu, Si Kecil sudah mulai bisa menelan cairan di dalam kandungan. Bukan hanya itu, Si Kecil juga kerap kali mengalami cegukan, hal ini bertujuan untuk melatih pernapasannya.
  • Kepala Si Kecil sudah terbentuk menghampiri kata sempurna, bahkan bagian matanya juga mulai berada di posisi yang seharusnya.



Kehamilan 4 Bulan

Ketika usia kehamilan Anda memasuki bulan ke 4, atau bahkan sekitar 17 sampai 20 minggu, biasanya di usia kehamilan ini Anda mulai bisa merasakan adanya gerakan janin. Bahkan di usia ini, bentuk wajah Si Kecil juga mulai bisa terlihat dengan jelas, apalagi jika Anda melakukan USG 4D. Bagaimana dengan kondisi perut? Di usia kehamilan ini, bentuk perut Anda sudah terlihat membesar karena memang kondisi embrio dalam kandungan yang juga mulai bertambah atau berkembang besar.

Bagaimana pertumbuhan janin 4 bulan?

Di usia kehamilan 4 bulan, janin 4 bulan dalam kandungan Anda memiliki ukuran berat sebesar 140 gram dengan panjang kurang lebih sekitar 13 cm. Dan di usia ini, bagian tempurung kepala Si Kecil yang terbentuk dari tulang rawan mulai mengeras. Bukan hanya itu, bagian saraf tulang belakang Si Kecil juga mulai diselubungi atau bahkan di selimuti oleh sejumlah lapisan pelindung yang memang di namai dengan myelin. Sementara itu, Si Kecil mulai memiliki kelenjar keringat yang mulai terbentuk.



Kehamilan 5 bulan

Sebagian besar wanita menyebutkan bahwa di usia kehamilan 5 bulan ini merupakan masa yang paling nyaman. Bahkan mereka juga menyebutkan masa ini merupakan masa yang paling aman untuk melakukan perjalanan jauh, karena mereka menganggap di usia kehamilan 5 bulan ini, kondisi janin 5 bulan dalam kandungan mulai terbentuk dengan sangat kuat.

Jika di usia kehamilan 4 bulan Anda masih kerap kali merasakan moring sickness, maka di usia kehamilan 5 bulan perasaan tersebut mulai hilang. Bahkan kondisi tubuh Anda juga mulai bisa terbiasa dengan kondisi kehamilan Anda sendiri.Meskipun kondisi perut mulai membesar, namun di usia ini Anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya.

Bagaimana pertumbuhan janin 5 bulan?

Di usia kehamilan 5 bulan, hal yang harus Anda ketahui adalah, si kecil yang berada di dalam kandungan memiliki berat badan sekitar 340 sampai 360 gram dengan panjang badan sekitar 21 hingga 22 cm. Bahkan di usia ini, Si Kecil juga sudah mulai menyerupai bayi yang baru saja di lahirkan, akan tetapi ukurannya masih sangat terbilang kecil. Bukan hanya itu, di usia kehamilan ini, bagian organ pankreas yang dimilikinya juga mulai terbentuk dengan sangat baik, bahkan Si Kecil juga mulai memiliki bentuk bibir dan juga mulut yang terlihat dengan jelas. Di usia kehamilan ini, bagian alis dan juga kelopak matanya mulai terbentuk dengan baik pula.



Kehamilan 6 Bulan

Di usia kehamilan ini, anda sudah bisa berinteraksi dengan Si Kecil meskipun ia masih berada di dalam kandungan. Umumnya di usia kehamilan 6 bulan ini Si Kecil mulai merasakan adanya sentuhan dan ia juga bisa mendengar suara dengan jelas. Maka dari itu, ketika usia kehamilan Anda menginjak usia 6 bulan, Anda dapat berinteraksi dengannya secara tidak langsung, dan jika Anda beruntung, maka Anda akan memperoleh respon darinya.

Bagaimana pertumbuhan janin 6 bulan?

Di usia 6 bulan ini sudah di pastikan kalau Si Kecil mampu mendengar suara Anda dengan baik. Bahkan ketika Si Kecil mendengar adanya suara, maka ia akan memberikan respon dengan gerakan, baik berupa lonjakan atau bahkan berupa tendangan dari kaki mungilnya.

Ketika usia kehamilan memasuki usia 6 bulan, biasanya Si Kecil memiliki berat sekitar 0,6 kg dengan ukuran panjang sekitar 34,6 cm. Dan di usia kehamilan ini, Anda sudah bisa merasakan adanya gerakan aktif yang di berikan Si Kecil bahkan Anda juga bisa merasakan jika Si Kecil mengalami cegukan. Selain itu, di usia janin 6 bulan, bagian tubuh dan organ dalam Si Kecil mulai terbentuk dengan baik dan juga bisa melakukan tugasnya meskipun belum berjalan dengan sempurna. Dan di sini, bagian mata Si Kecil yang tadinya berada di sebelah kanan dan kiri kepalanya, kini sudah berada di bagian yang tepat, yaitu berada di bagian atas hidung.



Kehamilan 7 bulan

Ketika usia kehamilan Anda memasuki bulan ke-7, merupakan usia kehamilan trimester akhir atau trimester ketiga. Dan bagi wanita hamil yang memasuki usia kehamilan 7 bulan, biasanya akan merasakan sesak di bagian dada bahkan sangat susah untuk mengatur nafas. Dan hal ini merupakan hal yang sangat wajar di alami oleh wanita hamil. Akan tetapi kondisi sesak ini umumnya akan mereda ketika Si Kecil sudah berada di posisi siap lahir, dimana kepala Si Kecil berada di bagian bawah perut Anda.

Bagaimana pertumbuhan janin 7 bulan?

Mungkin berbeda dengan usia kehamilan 6 bulan atau usia kehamilan sebelumnya, karena ketika kehamilan Anda memasuki usia 7 bulan, Anda akan sangat membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Karena memang di sini kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan bukan hanya untuk kesehatan tubuh, melainkan untuk asupan kesehatan tubuh Si Kecil yang ada di dalam kandungan juga.

Umumnya Si Kecil akan memiliki berat badan sekitar 1 kg dengan panjang badan sekitar 38,6 sampai 39 cm di usia kehamilan 7 bulan ini. Bahkan di usia janin 7 bulan, Si Kecil akan terasa sangat aktif bergerak di dalam kandungan. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, Anda juga akan mulai merasakan adanya pergerakan yang terjadi pada bagian perut Anda, dimana pergerakan ini mampu mendeteksi kondisi kesehatan Si Kecil di dalam sana.



Kehamilan 8 Bulan

Memasuki usia kehamilan 8 bulan, maka di sini Anda harus benar-benar mempersiapkan diri dan mempersiapkan beberapa hal yang Anda butuhkan untuk proses persalinan Anda nanti, termasuk menentukan cara persalinan. Jika Anda ingin melakukan persalinan secara normal, maka inilah waktunya yang tepat untuk Anda mempersiapkan diri, bahkan jika perlu, Anda bisa melakukan olahraga ringan untuk memperlancar proses persalinan kelak.

Bagaimana pertumbuhan janin 8 bulan?

Ketika usia kehamilan Anda memasuki usia 8 bulan, maka janin atau bayi umumnya akan memiliki berat badan sekitar 2 kg dengan panjang sekitar 44 cm. Dan jika kehamilan ini merupakan kehamilan pertama Anda, maka biasanya si kecil mulai merubah posisinya, dimana ia akan merubah posisi kepalanya yang tadinya di atas berubah menjadi ke bawah dengan kondisi kepala menekan bagian leher Rahim Anda. Di usia janin 8 bulan ini, di pastikan sejumlah bagian organ si kecil baik organ dalam atau bahkan organ luar sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Meskipun tidak sesempurna bayi usia 9 bulan di dalam kandungan.



Kehamilan 9 Bulan

Penting untuk Anda ketahui, di usia kehamilan 9 bulan ini umumnya Si Kecil memiliki ukuran sebesar buah semangka yang kecil. Di usia ini, bagian paru-paru yang dimilikinya mulai berkembang dengan sangat baik, bahkan bisa terbilang sudah terbentuk dengan sempurna. Dengan kata lain, Si Kecil sudah siap untuk lahir ke dunia ini.

Bagaimana pertumbuhan janin 9 bulan?

Penting untuk Anda ketahui, bahwa setidaknya ada sekitar 5% para wanita hamil yang melahirkan tepat di waktu yang sudah di prediksikan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tetap merasa tenang ketika Anda masih belum saja melahirkan Si Kecil meskipun sudah melewati waktu melahirkan yang sudah di prediksikan.

Di usia kehamilan ini, Si Kecil sudah melalui sejumlah perkembangan yang baik, bahkan di usia ini tubuhnya sudah terbentuk dengan sempurna dengan bagian organ dalamnya yang juga sudah bisa bekerja dengan sangat baik. Dengan begitu, Si Kecil sudah siap untuk terlahir ke dunia ini dan bertemu dengan orangtuanya.

Bukan hanya itu, umumnya Si Kecil memiliki berat badan sekitar 2,8 kg dan juga panjang badan sekitar 48 cm di usia kehamilan 9 bulan ini. Dan Si Kecil dianggap sudah siap untuk keluar dari dalam kandungan karena dianggap ia sudah memiliki bentuk yang sempurna.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 8 Bulan?

605 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories