Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kehamilan 9 Bulan

PREGNANCY  |  Trimester 3  |  12 Apr '18

Di usia kehamilan 9 bulan ini, bayi yang ada di perut Anda ukurannya semakin besar, bahkan ukurannya bisa diperkirakan sebesar semangka kecil. Di usia kehamilan ini juga bagian paru-paru Si Kecil sudah berkembang menjadi lebih sempurna, dan bayi Anda sudah siap dilahirkan. Hanya saja, sekitar 5% bayi yang terlahir tepat di mana waktu yang sudah diprediksikan. Maka, sebaiknya Mom tetap merasa tenang ketika si kecil belum juga lahir.

Di usia kehamilan 9 bulan ini, bayi yang ada di dalam kandungan sudah berkembang dengan sangat sempurna. Dan disinilah waktunya yang pas untuk mempersiapkan diri serta tetap bersiaga atau waspada agar bisa dengan tepat pergi ke rumah sakit untuk melangsungkan proses persalinan. Hal tersebut dilakukan ketika Anda mengalami kontraksi, apalagi ketika kontraksi yang Anda alami berlangsung semakin kuat dan teratur.

Bagaimana Pertumbuhan Janin?

Umumnya, di usia kehamilan 9 bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk Si Kecil keluar dari dalam kandungan. Bahkan usia ini merupakan usia yang sempurna bagi perkembangannya di dalam kandungan. Berikut beberapa perkembangan bayi dalam kandungan ketika usia kehamilan menginjak usia 9 bulan.

Hamil minggu 37

Mom, jika ini merupakan kehamilan pertama, maka umumnya bagian kepala bayi akan berada di bagian rongga panggul serta akan disangga oleh bagian tulang panggul. Akan tetapi, jika kehamilan ini merupakan kehamilan kedua, maka besar kemungkinan bagian kepala janin belum berada di bawah hingga waktu proses persalinan tiba.

Berikut beberapa perubahan lainnya ketika usia kehamilan saat memasuki usia kehamilan 37 minggu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Di usia kehamilan ini, bagian rambut sudah tumbuh dengan teratur dan sudah memenuhi kepala. Akan tetapi ada juga bayi yang tidak memiliki rambut sama sekali atau bahkan rambutnya tipis.
  • Sebagian besar bagian lanugo atau disebut juga dengan rambut halus sudah hilang.

Hamil minggu 38

Perkembangan bayi di usia kehamilan 38 minggu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bayi akan mengalami pertambahan berat badan secara teratur, hal ini bertujuan untuk mengatur suhu tubuhnya ketika lahir.
  • Semua bagian organ luar dan organ dalam tubuh sudah terbentuk dengan sempurna dan berada di tempat yang seharusnya.

Hamil minggu 39

Perkembangan bayi di usia kehamilan 39 minggu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Di usia kehamilan ini, bayi Anda bisa terlahir kapan saja ia siap, dengan berat badan yang di perkirakan mencapai 3,3 kg dengan panjang sekitar 50 cm.
  • Bagian lapisan vernix caseosa yang mana berperan untuk melindungi bagian kulit Si Kecil sudah meluruh, dan hal ini membuat bagian cairan ketuban yang tadinya berwarna jernih menjadi keruh.
  • Bagian kulit luar mulai mengelupas, terutama ketika kulitnya mulai membentuk lapisan kulit baru.
  • Di usia kehamilan ini, bagian paru-paru Si Kecil yang berperan sebagai sistem pernapasan mulai membentuk surfaktan, yaitu sejumlah zat yang mampu membuat bagian kantung udaranya terbuka serta siap untuk menarik napas pertamanya saat dilahirkan.

Hamil minggu 40

Di minggu ke 40 kehamilan, sebagian besar bayi sudah siap lahir ke dunia. Akan tetapi jika bayi masih belum lahir, hal tersebut masih terbilang wajar dan normal selama Anda tidak mengalami masalah terhadap kandungan.

Bahkan di usia ini dia juga terlihat sering mengisap jempolnya, dan ini merupakan salah satu cara berlatihnya untuk bisa mengisap puting payudara untuk memperoleh asupan ASI.

Dan di minggu inilah Mom harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menyambut buah hati. Mom dianjurkan untuk mempersiapkan segala bentuk kebutuhan persalinan agar nanti ketika mengalami kontraksi, Anda sudah mempersiapkan semuanya. Teruslah waspada untuk menanti buah hati keluar dari rahim.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

3089 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories