Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kehamilan 1 Bulan

PREGNANCY  |  Trimester 1  |  09 Apr '18

Ada satu hal yang harus di ketahui oleh ibu hamil, bahwa di kehamilan 1 bulan pertama, biasanya seorang bumil tidak akan terlihat bahwa dirinya sedang hamil. Hal ini di karenakan ukuran janin di dalam rahim masih sangatlah kecil. Meskipun demikian, biasanya bumil akan tetap merasakan gejala-gejala dari kehamilan, diantaranya seperti terlambat datang bulan dan juga merasakan mual disertai muntah-muntah yang disebut dengan morning sickness.

Penting untuk di ketahui, bahwa umumnya proses pembuahan akan terjadi sekitar 2 minggu setelah Anda mengalami datang bulan terakhir. Dan di masa-masa inilah biasanya tubuh akan memproduksi sel telur. Dan sebelum usia kehamilan 1 bulan, biasanya janin masih berbentuk sejumlah kumpulan sel yang mana di sebut dengan embrio, yang nantinya akan terus membelah diri serta berkembang secara terus-menerus dan bertahap untuk menjadi bayi yang kecil di bulan kehamilan selanjutnya.

Bagaimana Pertumbuhan Janin 1 Bulan? Ketika kehamilan baru memasuki 1 bulan pertama atau dalam kata lain usia kehamilan baru 4 minggu, umumnya si janin atau si bayi masih menyerupai titik dengan ukuran yang masih sangat kecil. Disini sejumlah sel yang ada dalam embrio akan terus berkelompok dan nantinya akan terus berkembang untuk membentuk sejumlah bagian tubuh hingga utuh.

  • Hamil 4 minggu 
    Ketika usia kehamilan memasuki usia 4 minggu atau 1 bulan, embrio akan mulai berkembang di dalam rahim Anda. Bagian sel terluar akan mulai membentukkan dirinya ke bagian suplai darah Moms. Sementara itu, bagian sel dalam akan membentuk menjadi dua bagian, tiga lapisan dan kemudian akan terus berkembang menjadi bagian tubuh yang utuh.Dan lapisan-lapisan tersebut terdiri dari endoderm, mesoderm, dan juga ectoderm. Di minggu pertama ini, embrio akan melekatkan dirinya pada bagian yolk sac yang mana disini tugasnya menyuplai nutrisi ke bagian janin. Jadi sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagia jenis makanan yang memang memiliki kandungan nutrisi yang baik, karena disini bukan hanya tubuh yang membutuhkan nutrisi, melainkan janin juga membutuhkan asupan nutrisi yang baik.
  • Hamil 5 minggu
    Di usia kehamilan inilah, biasanya para wanita hamil baru akan menyadari bahwa dirinya tengah hamil, hal ini di karenakan mereka mengalami telat datang bulan. Dan di usia kehamilan ini pula, sistem syaraf Si Kecil serta organ-organ utamanya akan mulai berkembang dengan sangat baik.
  • Hamil 6 minggu
    Di usia kehamilan 6 minggu ini bagian embrio akan terbentuk secara stabil, dimana embrio  akan memiliki ekor sehingga embrio akan terlihat menyerupai seekor kecebong dengan di lapisi bagian kulit yang sangat tipis bahkan bisa terbilang tembus pandang. Bahkan jika di lakukan USG, sudah mulai bisa terlihat bentuk denyut jantungnya.
  • Hamil 7 minggu
    Di usia kehamilan 7 minggu, embrio akan berkembang lebih baik dan biasanya memiliki panjang hingga 10mm. Bagian otak dari embrio ini juga mulai berkembang dengan sangat baik, sehingga mampu membentuk sebuah kepala yang mana akan bertumbuh juga dengan sangat cepat serta memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari waktu sebelumnya. Di usia kehamilan ini juga bagian embrio sudah terlihat memiliki dahi dengan ukuran yang cukup besar. Bukan hanya itu,di usia kehamilan 7 minggu ini, rahim mulai berkembang dan memiliki ukuran sebesar lemon. Dan mungkin saja di usia kehamilan ini Anda akan merasakan lemas, mudah merasa lelah, bagian payudara yang akan terasa sangat nyeri, serta Anda juga akan merasakan sering buang air kecil. Dan hal-hal ini merupakan hal normal yang sering di alami wanita hamil.

Lantas, apa saja yang harus diperiksakan?
Ketika Anda merasakan gejala kehamilan, mungkin Anda bisa memeriksa kehamilan untuk pertama kali dengan menggunakan testpack, lakukan pengecekan ini lebih dari satu kali untuk meyakinkan diri Anda. Dan jika Anda sudah yakin dengan apa yang Anda lihat, maka Anda bisa langsung menghubungi dokter atau bidan untuk memeriksa ulang kondisi janin yang ada di dalam perut Anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat hamil 1 bulan :

  • Hal yang harus Anda ingat adalah, bahwa janin yang ada di dalam kandungan membutuhkan asupan nutrisi yang baik, maka dari itu, pastikan kalau Anda juga mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh sekaligus untuk janin dalam kandungan.
  • Anda bisa mengkonsumsi suplemen atau bahkan vitamin yang di anjurkan oleh dokter.
  • Jika mengalami masalah, segeralah periksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

BACA JUGA: Tips Menjaga Kehamilan Sampai Persalinan

646 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories