Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Keguguran pada Usia Kehamilan 8 Minggu

MY STORY  |  PREGNANCY  |  27 Oct '19


Saat itu saya masih menjadi pribadi yang ambisius. Belum tau rasanya kehilangan seperti apa. 8 Juli 2018 saya menikah dan awal Agustus 2018 saya positif hamil tapi masih menunda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Kata orang tua masih tunggu 2 bulan ke atas baru periksa. Saat itu saya masih bekerja di salah satu perusahaan swasta di Semarang. Masih tetap nyetir sendiri kesana sini sendiri, tetap capek kerja, makan masih sembarangan, tanpa menyadari risiko yang bisa terjadi.

Sampai akhirnya tanggal 26 Agustus keluar flek darah yang membuat saya dan suami panik. Dan pada hari itu juga saya memutuskan untuk periksa ke RS Hermina Banyumanik, RS yang paling dekat dengan rumah saya. Sebelumnya reservasi dulu via telepon. Sesampainya di sana, menunggu antrian untuk dipanggil. Saat dipanggil dan diperiksa, usia kandungan ternyata sudah 7 weeks, janin tidak berkembang karena ukurannya tidak sesuai dengan usia janin. Belum terdengar detak jantung dan posisi janin mendekati jalan lahir. Seketika dunia seperti runtuh hancur, menyesal karena tidak baik menjaga titipin dari Allah SWT. Dokter bilang kita harus usaha dulu dan lihat seminggu ke depan bagaimana perkembangannya. Obat penguat kandungan dan obat pendarahan. Sampai rumah nangis sejadi-jadinya, takut, panik, cemas, khawatir dan merasa bersalah. Bedrest selama seminggu dan makan sehat anjuran dokter.

Tanggal 28 Agustus saya dan suami berdebat karena masalah sepele, tapi karena memang posisi saya sedang sensitif, masalah sepele membuat kita berdebat hebat sampai saya menangis. Malam harinya perut melilit seperti akan menstruasi, saya kira hanya sakit biasa. Paginya pukul 08.00 keluar flek darah lumayan banyak dan perut semakin melilit. Saya tidur berharap rasa sakitnya hilang. Tapi sekitar jam 11.00 saya terbangun karena ingin buang air kecil. Saat buang air kecil, keluar darah dan gumpalan putih. Saya menangis dan mengambil gumpalan itu. Saya menelfon suami saya dan saya segera dibawa ke rumah sakit. Dan benar dugaan saya, bahwa gumpalan itu adalah janin. Saat diUSG ternyata masih ada jaringan tersisa di dalam rahim sehingga harus dilakukan kuretase/kuret.

Akhirnya saya menyetujui karena jaringan itu bisa menjadi penyakit dan menghambat kehamilan berikutnya. Belum selesai sedih ini saya harus membayangkan proses kuretase yang belum pernah saya alami. Kuretase dilakukan malam hari jam 21.00 karena saya harus puasa 8 jam dulu. Prosesnya ternyata hanya 1 jam dan bius total. Saya tidak merasakan sakit sama sekali bahkan saya boleh langsung pulang setelah efek biusnya hilang.

Sesampainya di rumah hati dan hidup saya hancur. Seminggu saya tidak keluar rumah tidak bicara kepada siapapun kecuali suami saya. Suami saya selalu mensupport saya sehingga saya bisa bangkit dan selang 2 bulan saya hamil lagi dan sekarang anak saya sudah berusia 3 bulan.

Pesan saya kepada para mommy tolong jaga baik-baik titipan Tuhan yang begitu mengagumkan ini. Dan untuk para suami jadilah suami yang penuh dengan kasih sayang dan lebih sabar kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Karena perubahan hormon membuat mereka menjadi lebih sensitif. Saya yakin tingkat ketampanan akan naik 100% di mata istri anda jika kalian lebih memanjakan mereka dan sering menggunakan kata-kata sayang kepada istri kalian.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1126 Dini Iscahyani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pengalaman Flek ketika Hamil di Trimester Pertama

Sebagian dari ibu hamil mengalami flek di trimester pertama.

Q&A Kegalauan Bumil TM1 (Part 2)

Hai Moms! Melanjutkan artikel sebelumnya, hari ini kita bahas berbagai kegalauan lain selama hamil.

Morning Sickness Bikin IQ Bayi Tinggi?!

Kondisi kehamilan setiap ibu berbeda beda, ada yang sensitif banget ada yang aman-aman saja.

Q&A Kegalauan Bumil TM1

Hai Moms! By the way usia kandungan bumil-bumil semua udah berapa weeks nih?

Bolehkah Snorkeling Saat Hamil?

Saat usia kandungan menginjak 12 minggu / sekitar 3 bulan, saya pergi berlibur bersama teman-teman ke Pahawang.

Panas-Dingin di Trimester Satu

Yang saya hadapi saat pertama kali tahu hamil adalah: demam berkepanjangan hampir 5 minggu lamanya. Kok bisa?

Preggo Story: Trimester 1, Ngidam Sebel Sama Suami

Kali ini aku mau cerita tentang gimana rasanya ngejalanin kehamilan di Trimester 1 berdasarkan perjalanan pribadi ya

Unusual Habits in Pregnancy

Hari ini saya ingin membahas tentang kebiasaan-kebiasaan baru yang muncul setelah kehamilan yang pertama ini.

Kista di Awal Kehamilan

Apakah Moms juga mengalami kista dimasa awal kehamilan? Jangan khawatir Moms, simak informasi berikut.

Saat Pertama Kali Merasakan Denyut Jantung Janin

Ternyata gerakan dalam perut ketika hamil belum tentu si janin bergerak loh Moms, tapi bisa jadi itu detak jantungnya

Tokso yang Mengawali Kehamilanku

Apakah Moms sudah menunggu-nunggu untuk positif hamil dengan jangka waktu yang lama? Hati-hati terkena tokso!

Mual Tiap Kali Menyikat Gigi Saat Hamil?

Mual muntah menjadi faktor utama yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari di trimester awal kehamilan.

Hamil Muda Perjalanan Jauh? Why Not!

Apa saja yang boleh dilakukan oleh ibu hamil ketika sedang melakukan perjalanan?

Hamil pada Minggu Ketujuh

Berbagai kasus memang sering terjadi dalam dunia kehamilan, contohnya kasus seperti mom Yan yang hamil diluar kandungan.

Keguguran yang Bisa Mengancam Kehamilanku

Abortus Imminens sering disebut ancaman keguguran, dimana kondisi janin masih sehat namun beresiko mengalami keguguran

Pengalaman Kehamilan Kedua Mom Ryana Dea

Bagaimana pengalaman kehamilan kedua Mom Ryana Dea di saat ia juga masih harus menyusui si Kecil?

Cerita Awal Kehamilan Baby P

Pada waktu libur Lebaran 2018, ada satu hari tiba-tiba aku lemes banget, teler maunya tidur terus.

Hamil 2 Kantong Menjadi 1 Kantong, Kok Bisa?

Awal menjadi new Mom, aku senang sekali diinfoin Dokter Kandungan bahwa terdetect ada 2 kantong.

Apa Bedanya Morning Sickness dan Hiperemesis Gravidarum?

Apakah Moms mengetahui tentang perbedaan morning sickness dan hiperemesis gravidarum? Yuk, simak informasi berikut!

Rasa Ngantuk Berlebih Saat Hamil

Rasa ngantuk berlebih dialami ibu hamil terutama pada saat trimester pertama kehamilan. Bagaimana mengatasinya?