Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kegiatan Persiapan Agar Persalinan Lancar

PREGNANCY  |  20 Jan '18

Pada saat hamil, seorang ibu hamil haruslah benar-benar menjaga kehamilan semaksimal mungkin. Selain menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil haruslah mempersiapkan berbagai hal, salah satunya yaitu mempersiapkan fisik agar persalinan lancar. Dengan mempersiapkan fisik yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif, terbukti dapat mempermudah persalinan menjadi lancar dan cepat. Maka berbagai persiapan sejak memasuki trimester ketiga sangatlah penting.

Selain dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, dalam mempersiapkan persalinan. Ibu hamil harus melakukan berbagai kegiatan yang positif yang dapat melancarkan persalinan. Berikut ini beberapa kegiatan agar persalinan lancar, yaitu :

  1. Olahraga
    Tetap melakukan olahraga pada saat hamil, karena dengan melakukan olahraga rutin akan meningkatkan kebugaran tubuh sertta akan membuat tubuh dan janin yang ada dalam kandungan menjadi sehat. Namun ibu hamil hanya boleh melakukan olahraga-olahraga tertentu, seperti yoga, renang, jalan-jalan kecil disekeliling rumah, senam hamil dan olahraga ringan lainnya.
  2. Latihan pernafasan
    Kegiatan agar persalinan lancar yang paling penting yaitu melakukan latihan pernafasan. Latihan pernafasan akan sangan membantu persalinan menjadi lancar dan cepat. Selain itu, latihan pernafasan membantu ibu terhindar dari sesak yang sering dialami oleh ibu hamil saat memasuki trimester akhir. Latihan pernafasan bisa dilakukan secara rutin setiap pagi, siang atau ketika mau tidur.
  3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan
    Saat hamil, seorang ibu hamil tidak boleh merasakan stress. Karena ketika seorang ibu mereasakan perasaan stress, maka hal itu akan sangat membahayakan bagi janin yang ada dalam kandungan. untuk itu, lakukanlah kegiatan yang dapat menyenangkan perasaan anda, misalnya dengan pergi belanja dengan suami atau jalan-jalan.
  4. Tidur yang cukup
    Pada saat hamil usia trimester akhir banyak ibu hamil yang mengalami kesulitan tidur, hal ini dikarenakan kondisi perut yang semakin membesar. Namun meskipun demikian, ibu hamil harus tetap memperhatikan pola tidur, usahakan tidur yang cukup. Apabila kesulitan dalam memilih posisi tidur, ibu hamil bisa memilih posisi tidur memiring ke sebelah kiri agar janin mendapatkan oksigen yang cukup. Tidur dengan posisi seperti ini dinilai aman dan sangat dianjurkan bagi ibu hamil tua.
  5. Lakukan gerakan ringan
    Terakhir, kegiatan agar persalinan lancar ibu hamil bisa melakukan beberapa gerangan ringan. Seperti melakukan naik turun tangga pelan-pelan sambil mengatur nafas, berdiri dengan posisi tegap dan posisi dagu diangkat, atau melakukan jalan santai di pagi hari atau sore hari. Melakukan gerakan-gerakan ringan seperti itu dapat memperlancar persalinan anda.

Itulah beberapa tips yang dapat ibu hamil lakukan agar persalinan lancar. Ingat, lakukan kegiatan-kegiatan tersebut dengan hati-hati.

By: Babyologist Editor

755 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories