DAILY FEED

Manfaat Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari Manfaat Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari
26 Apr '19

SCOORA Bine, Kasur Bayi yang Multifungsi SCOORA Bine, Kasur Bayi yang Multifungsi
22 Apr '19

Ini Sebab Kulit Moms Lebih Gelap Saat Hamil Ini Sebab Kulit Moms Lebih Gelap Saat Hamil
25 Apr '19

MPASI Home Made vs Instan, Mana yang Lebih Bagus? MPASI Home Made vs Instan, Mana yang Lebih Bagus?
25 Apr '19

Yakin Anak Moms Sedang GTM? Yakin Anak Moms Sedang GTM?
25 Apr '19

Smart Shopping for Kids Clothings Smart Shopping for Kids Clothings
22 Apr '19

Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Kulit si Kecil Dengan Lucas Papaw Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Kulit si Kecil Dengan Lucas Papaw
25 Apr '19

Cottonseed Oil, Apa Manfaatnya? Cottonseed Oil, Apa Manfaatnya?
25 Apr '19

Perkedel Daging ala Mom Kartika Perkedel Daging ala Mom Kartika
25 Apr '19

Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga Tips Mengatasi LDR yang Tak Terduga
16 Apr '19

Asam Folat Dan Vitamin E Caraku Agar Cepat Hamil Asam Folat Dan Vitamin E Caraku Agar Cepat Hamil
25 Apr '19

Air Purifier Bisa Membasmi Penyebab Flu? Air Purifier Bisa Membasmi Penyebab Flu?
25 Apr '19

Cara Mengatur Anak Agar Tidur Malam Tepat Waktu Cara Mengatur Anak Agar Tidur Malam Tepat Waktu
25 Apr '19

Bekal Praktis dengan OmieBox Bekal Praktis dengan OmieBox
13 Apr '19

Penyebab Benjolan di Kulit Ibu Hamil Penyebab Benjolan di Kulit Ibu Hamil
25 Apr '19

Masker Rambut Dari Cottonseed Oil Masker Rambut Dari Cottonseed Oil
25 Apr '19

Bahaya Madu untuk Bayi Berusia Di Bawah 1 Tahun Bahaya Madu untuk Bayi Berusia Di Bawah 1 Tahun
25 Apr '19

Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop Menyusui si Kecil saat Traveling dengan Nursing Apron Baby Loop
12 Apr '19

Khasiat Cottonseed Oil Sebagai Bahan Dasar Produk Naif Khasiat Cottonseed Oil Sebagai Bahan Dasar Produk Naif
25 Apr '19

Bagaimana Cara Mom Melissa Melakukan Sleep Training pada si Kecil? Bagaimana Cara Mom Melissa Melakukan Sleep Training pada si Kecil?
25 Apr '19

Bouncer Sugar Baby 10 in 1, Penolong Ibu Ketika Repot Bouncer Sugar Baby 10 in 1, Penolong Ibu Ketika Repot
25 Apr '19

Jangan Salah Memilih Selimut! Jangan Salah Memilih Selimut!
11 Apr '19

Gunting Rambut Saat Hamil Kenapa Nggak? Gunting Rambut Saat Hamil Kenapa Nggak?
25 Apr '19

Jangan Lakukan Ini Agar Liburan Berakhir Menyenangkan Jangan Lakukan Ini Agar Liburan Berakhir Menyenangkan
25 Apr '19

Babyo Story with Mom Tania Putri: Cara Atasi Hyperemesis dan Siap ASI Babyo Story with Mom Tania Putri: Cara Atasi Hyperemesis dan Siap ASI
25 Apr '19

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Serum
09 Apr '19

Review: Baby Huki Liquid Cleanser by Mom Intan Review: Baby Huki Liquid Cleanser by Mom Intan
25 Apr '19

Praktis Memasak Menu MPASI Praktis dengan Slowcooker Babysafe Praktis Memasak Menu MPASI Praktis dengan Slowcooker Babysafe
25 Apr '19

Pendarahan Saat Hamil Muda? Yuk Segera Cek Ke Dokter Kandungan Pendarahan Saat Hamil Muda? Yuk Segera Cek Ke Dokter Kandungan
25 Apr '19

Butter Fried Crab ala Mom Sherly Butter Fried Crab ala Mom Sherly
25 Apr '19

Buds Calming Rub Cream Bikin Perut Bayi Nyaman, Tidurpun Nyenyak Buds Calming Rub Cream Bikin Perut Bayi Nyaman, Tidurpun Nyenyak
25 Apr '19

Makanan yang Aman dan Sehat untuk Ibu Hamil Muda ala Amanda Soraya Makanan yang Aman dan Sehat untuk Ibu Hamil Muda ala Amanda Soraya
24 Apr '19

Review Susu Pediasure Triplesure Complete, Susu Penambah Berat Badan Anak Review Susu Pediasure Triplesure Complete, Susu Penambah Berat Badan Anak
24 Apr '19

Minyak Kutus-kutus dan Tempra sebagai Obat Demam Minyak Kutus-kutus dan Tempra sebagai Obat Demam
24 Apr '19

How to Manage Budget for Nursery Room How to Manage Budget for Nursery Room
24 Apr '19

Review Mustela Stretch Marks Cream, Krim Andalan Pencegah Stretch Marks Review Mustela Stretch Marks Cream, Krim Andalan Pencegah Stretch Marks
24 Apr '19

Tips Merawat Kulit Bayi yang Kering Tips Merawat Kulit Bayi yang Kering
24 Apr '19

READ MORE

Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kebutuhan Nutrisi Mikro untuk Ibu Menyusui

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  18 Mar '19

Tidak dapat dipungkiri lagi, ASI dipercaya sebagai sumber nutrisi terbaik bagi bayi, terutama pada masa 6 (enam) bulan pertama kehidupannya. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya sarat akan nutrisi penting (yang terdiri dari perpaduan sempurna lemak, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, zat antibodi, serta enzim) yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ASI juga diyakini mampu mengurangi risiko sindrom kematian mendadak pada bayi atau yang lebih dikenal dengan istilah SIDS (sudden infant death syndrome), serta beberapa risiko penyakit tertentu, seperti diare, ISPA, pneumonia, asma, obesitas, dan diabetes.

Tahukah Moms bahwa kebutuhan nutrisi tambahan pada ibu menyusui jauh lebih besar dibandingkan pada saat hamil?

Jika pada saat hamil wanita membutuhkan tambahan energi 300 kkal/hari, kebutuhan ini akan meningkat hampir dua kali lipat pada saat menyusui, yaitu sebesar 500 kkal/hari pada 6 (enam) bulan pertama, dan 550 kkal/hari pada 6 (enam) bulan berikutnya. Kebutuhan tambahan akan nutrisi ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Selain nutrisi makro, ibu menyusui juga disarankan memenuhi kebutuhan nutrisi mikro seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, dan folat. Meskipun nutrisi mikro dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun keberadaanya dalam tubuh sangat esensial lho, Moms. Kekurangan nutrisi mikro tertentu dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah serius bagi kesehatan. Misalnya saja, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kebutaan serta menghambat pertumbuhan pada anak.

Jadi, apa saja sih nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh ibu menyusui? Yuk, simak penjelasan berikut:

1. Kalsium

Menurut tabel AKG (Angka Kecukupan Gizi) tahun 2013, ibu menyusui membutuhkan asupan kalsium harian sebesar 1.200 mg. Kendati asupan kalsium yang rendah tidak memengaruhi konsentrasi kalsium dalam ASI, namun hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kepadatan massa tulang ibu menyusui, apalagi jika Moms menyusui si Kecil dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kebutuhan kalsium harian ini dapat Moms penuhi dengan mengonsumsi susu dan produk susu (seperti keju dan yogurt), serta sayuran hijau (seperti bayam, brokoli, sawi hijau, daun kale, dan lainnya).

2. Zat Besi

Zat besi merupakan unsur penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah, terutama untuk mencegah terjadinya anemia pasca melahirkan. Berdasarkan AKG 2013, di masa menyusui kebutuhan zat besi Ibu meningkat sebanyak 6 mg/hari. Kebutuhan asupan zat besi harian akan selalu meningkat besarannya selama satu tahun pertama pada masa menyusui.

Moms bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian dari konsumsi daging, ayam, ikan dan seafood, kuning telur, dan sayuran hijau (seperti bayam dan brokoli).

3. Magnesium

Selama masa menyusui, tubuh Moms akan memerlukan dua sampai tiga kali lebih banyak asupan magnesium, dan akan menyerap kadar magnesium 1,5 (satu setengah) kali lebih tinggi.

Magnesium memiliki banyak sekali manfaat, khususnya untuk mencegah risiko terjadinya osteoporosis. Moms bisa memperoleh asupan magnesium dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berwarna hijau, kerang, dan tiram. 

4. Vitamin B6

Vitamin B6 penting untuk perkembangan otak dan menjaga sistem saraf serta sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.  Moms bisa memperolehnya dari pisang, ayam, daging, ikan, kentang, ubi jalar, bayam, semangka, kacang polong, sereal, dan kacang-kacangan.

5. Vitamin E

Kandungan yang terdapat dalam vitamin E mampu mencegah terjadinya anemia pada bayi setelah dilahirkan serta melindungi retina mata dan paru-paru bayi.

Makanan yang menjadi sumber vitamin E adalah kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah, biji-bijian termasuk biji bunga matahari, sayur dan buah seperti bayam, brokoli, mangga, dan tomat.

6. Vitamin B1

Selain menjaga sistem saraf agar tetap sehat, vitamin B1 diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan vitamin B1 adalah telur, susu, roti dari biji-bijian utuh, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong.

7. Folat 

Folat merupakan bentuk vitamin B kompleks yang bisa larut dalam air. Folat diperlukan dalam proses “pembentukan” tubuh, mulai dari memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah. Folat juga berperan dalam membantu pembelahan dan pertumbuhan sel tubuh secara cepat. 

Kekurangan folat menyebabkan produksi sel darah merah tidak normal (berada di bawah rata-rata), sehingga menyebabkan seseorang rentan terkena anemia.

Beberapa makanan kaya folat yang sering Moms jumpai di antaranya adalah sayur-sayuran berwarna hijau (seperti bayam, brokoli, dan selada), kacang-kacangan, buah-buahan (misalnya melon, pisang, dan lemon). Selain itu, terdapat juga beberapa makanan olahan yang diperkaya folat, seperti roti, sereal, dan jus.

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus dalam mengonsumsi makanan-makanan tertentu untuk memperlancar ASI, asalkan makanan yang Moms konsumsi bergizi seimbang, dan Moms terus menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, serta memenuhi demand ASI secara berkala dan konsisten, maka produksi ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan si kecil.

Semoga bermanfaat.

By: Iswatun Hasanah

Copyright by Babyologist

120 Iswatun Hasanah Send Message to Writer

Related Stories