Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kebiasaan Makan pada Anak Ini Bisa Mengancam Keselamatan

FEEDING  |  MY STORY  |  24 Aug '19


Proses memberikan makan sambil duduk bersama di meja makan atau high chair tidak hanya bagus bagi pembelajaran etika dasar pada anak namun juga penting bagi keselamatan nyawanya. Segala sesuatu yang awalnya sulit tentu bisa menjadi sebuah kebiasaan apabila dilakukan secara kontinu.

Seminggu lalu hati saya terasa sesak saat mendengar kabar anak teman usia 2 tahun meninggal dunia. Apa sebabnya? Tersedak kacang. Duh ngilunya mendengarnya. Sudah dilarikan ke UGD, kacang sudah berhasil keluar dengan dimuntahkan, namun balita tersebut masih mendapat perawatan intensif dengan selang oksigen di ICU. Sampai pindah RS untuk mendapatkan PICU dengan fasilitas lebih baik. Selang 2 hari setelah masuk UGD akhirnya anak teman saya tersebut meninggal dunia.

Beredar kabar kondisinya memburuk dikarenakan ada sebagian dari muntahan yang masuk ke paru-paru sehingga mengakibatkan pernapasannya memburuk.

Saya langsung teringat oleh bayi saya yang wafat 2 tahun lalu saat usia 3 bulan. Penyebab pneumonianya selain diduga datang dari kuman, juga potensi sering tersedak saat menyusui. Memang kala itu saya kerap menyusui sambil tiduran dan kebetulan bayi Kai (bayi saya yang meninggal) itu menyusunya sangat kuat sekali. Namun sering tersedak hingga muntah.

Dan saat bayi, balita atau anak tersedak, siapapun bahkan orangtua sekalipun. Hal ini sangat mengancam nyawa. Karena saluran napas yang tersumbat tidak bisa mendistribusikan oksigen ke organ-organ vital tubuh, seperti otak dan jantung. Hitungannya menit.

Belum selesai berduka, tak lama ini viral info tentang Mario anak berusia 7 tahun, dikabarkan meninggal setelah mengkonsumsi sushi saat berenang. “Anak lagi berenang, pas naik dikasih makan sushi, terus anak berenang lagi tapi sambil makan, makanan masuk ke paru-paru. Pas dia naik lagi, dia lemas tiduran dikursi, dikirain tuh anak kecapean. Tidak tahunya sudah tidak bernafas. Jadi jangan memberikan makanan saat anak belum selesai berenang. Kalau mau makan 1 jam sebelum berenang atau setelah selesai berenang,” tulis Suryadi dalam akun Facebook-nya. Suryadi adalah orang yang memberitakan hal ini pertama kali setelah mendapat info tentang Mario dari grup whatsappnya.

Setelah saya menuliskan hal ini ternyata beberapa teman saya mengaku juga pernah memberikan anaknya makan sambil berenang, alasannya karena makannya lebih lahap, sebuah siasat untuk mengatasi GTM (Gerakan Tutup Mulut). Bukan hanya sambil berenang, beberapa Moms pun saya lihat masih kerap memberikan anaknya makan sambil main dan jalan-jalan di taman. Padahal di sisi lain timbul resiko makanan terkena debu jalanan, anak tersedak dan proses makan menjadi lebih lama.

Contoh beberapa kasus nyata diatas seharusnya sudah cukup menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, para orangtua, untuk membiasakan proses makan sambil duduk dengan baik, dan meminimalisir resiko tersedak.

Tentunya pilihan proses pemberian makan kembali ke pada pilihan masing-masing orang tua ya Moms, setiap metode yang diberikan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun ada hal yang perlu diingat bahwa, makan adalah proses terpenting dalam kehidupan manusia, dalam proses pemberian makan ada edukasi awal bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Anak juga akan merasakan kasih sayang orangtua melalui proses pemberian makan. Merasakan cinta, dan anak juga mengetahui bahwa tanpa orangtua ia akan merasa lapar dan tidak nyaman. Untuk itu sebaiknya proses pemberian makan dilakukan dengan penuh cinta tanpa distorsi oleh mainan di taman, berenang, nonton tivi dan sebagainya.

Semoga anak-anak kita selalu makan dengan lahap dan mendapat tumbuh kembang optimal ya Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1984 Dian Yulia Kartikasari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Bahan MPASI dan Manfaatnya

Moms, membuat MPASI itu tidak serumit yang dibayangkan loh, bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan pangan lokal,

Resep Baso Sapi Homemade

Baso sapi cocok sekali dihidangkan bersama mie, sayuran & kuah kaldu yang panas, lengkap dengan taburan bawang goreng.

Resep MPASI: Misua Kuah Udang

Memasuki musim hujan, paling nikmat kalau makan makanan yang berkuah ya Moms.

Resep MPASI: Egg Drop Soup

Moms ingin menaikkan berat badan si Kecil? Yuk coba buatkan MPASI berbahan dasar telur

Resep MPASI: Gulai Ikan Dori

Sejak MPASI 6 bulan, saya sering menggunakan ikan dori fillet sebagai protein hewani untuk anak saya.

Resep MPASI: Bakmi Godog

Mie adalah masakan andalan saya kalau sedang bingung mau masak apa dan atau saat si Kecil tidak mau makan nasi.

Bakso Oat Spesial untuk MPASI si Kecil

Moms butuh referensi membuat makanan yang kuah-kuah untuk MPASI si Kecil?

Tumis Udang Asam: Penambah Selera Makan Ghaitsa

Sering kali kita kewalahan menghadapi anak-anak yang tiba-tiba selera makannya jadi menurun.

Resep MPASI High Calorie: Nasi Gurih Telur Dadar

Halo Moms, butuh ide makanan yang tinggi kalori dan nutrisi yang sudah mengandung komponen lengkap?

Resep MPASI : Bening Bayam Merah Jagung Manis dan Telur Puyuh (12m+)

Di masa pertumbuhan anak membutuhkan cukup zat besi untuk pertumbuhan nya.

Resep MPASI Pepes Ikan & Tahu

Buat MPASI ikan yuk Moms, ikan kaya akan omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil

Camilan MPASI: Terong Goreng Keju

Pernahkah Moms memberikan terong sebagai santapan bagi si kecil?

Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Mommy perlu banget nih mengatur dengan benar jadwal menu MPASI si kecil agar kelak dia makan teratur

Membuat MPASI Homemade? Apa Sih yang Perlu Diperhatikan?

Masa MPASI bagi buah hati bagi saya adalah masa yang menyenangkan sekaligus menantang

Resep MPASI: Nugget Nasi, Solusi Anak GTM & Susah Makan Nasi

Buat moms yang anak nya ga suka makan nasi, bisa banget ni buat nugget nasi di rumah

Sup Jagung Creamy

Kesempatan kali ini aku mau berbagi resep andalanku yang bisa membuat si Kecil lahap saat makan

Anak Sudah 3 Tahun, Apakah Tetap Ada Larangan Makanan?

Banyak sekali yg bilang : "Dastan udah 3 tahun masak gak boleh makan ciki?"

Stir Fry Egg & Tomato

Sebelum malem mingguan, share resep dulu yahh.. ini buatnya gampang banget & bisa dimakan semua orang di rumah.

Memberikan MPASI Fortifikasi a.k.a Instan ke Bayi? Kenapa Tidak?

Ada beberapa keuntungan menggabungkan MPASI homemade dan MPASI terfortifikasi, apa saja?

Pisang Saus Karamel, Camilan Kaya Manfaat untuk si Kecil

Moms, si Kecil suka ngemil? Saya suka mencari kreasi buah-buahan supaya menyiasati agar anak saya mau makan buah.