Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Keajaiban Dibalik Menyimpan Tali Pusat

MY STORY  |  OTHERS  |  04 May '18


Sebenarnya dari saat saya hamil dulu, saya pernah mendengar sekilas mengenai Cordlife Indonesia sebagai tempat penyimpanan tali pusat bayi. Namun saat itu sebagai orang yang awam, saya harus jujur mengatakan bahwa sama sekali belum terpikir untuk mengenal lebih jauh apa saja manfaat yang diperoleh dari menyimpan tali pusat bayi di Cordlife, malahan yang saya tahu tali pusat beserta plasenta bayi itu sebaiknya ditaruh di dalam kendi lalu dikuburkan di dalam tanah, seperti yang dianjurkan orangtua dan bukannya disimpan seperti barang beku atau deposito begitu. Sampai kemudian pada tanggal 26 April 2018, saya berkesempatan diundang bersama-sama dengan para Top Mom Influencers lainnya untuk menghadiri event “Experts Talk” dengan tema “Baby’s Umbilical Cord: Enhancing Quality of Life" di Double Tree by Hilton Hotel Jakarta untuk merayakan 17 tahun Cordlife Indonesia.

Dengan hadir di acara tersebut, saya jadi makin banyak tahu tentang apa itu stem cell (sel punca) dan betapa pentingnya manfaat stem cell untuk kesehatan kita. Stem cell pada darah tali pusat bayi dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang bersifat inflamasi (peradangan), bahkan penyakit kanker tertentu seperti leukimia dan thalasemia pun bisa diobati. Nah, sebelum kita melangkah lebih jauh, kita kenalan dulu yuk dengan stem cell!

Apa Itu Stem Cell?

Stem cell atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama "sel punca" merupakan semacam pabrik sel yang bisa melahirkan sel-sel baru yang kemudian dapat membentuk organ, kulit, bahkan sampai sebuah janin karena manusia pun juga terbentuk dari trilyunan sel yang berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Dari sini saja, sudah terbayang betapa ajaibnya dan vitalnya fungsi yang dimiliki stem cell untuk proses kemampuan regenerasi sel-sel yang sudah rusak.

Keberadaan stem cell bisa diambil dari beberapa organ tubuh namun yang terbaik adalah yang ada di darah tali pusat. Maka itu, kita semua tahu kalau yang berasal dari tali pusat, kesempatan mendapatkannya hanya sekali seumur hidup, yaitu pada saat anak baru dilahirkan. Setelah stem cell itu diambil, tentu harus disimpan secara baik dengan perlakuan sangat khusus agar bisa digunakan manfaatnya bila dibutuhkan suatu saat. Untuk itulah, Cordlife hadir di Indonesia sebagai bank penyimpanan darah tali pusat yang sangat menjaga kualitas. Cordlife Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit di Indonesia dan telah memiliki izin operasional dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Manfaat Stem Cell

Ternyata banyak sekali Moms, yang terutama pastinya stem cell dapat mengobati beberapa penyakit serius seperti kanker darah, diabetes, autoimun, kelumpuhan saraf, bahkan bisa difungsikan sebagai terapi anti-aging (penuaan dini).

Saat dimasukkan ke dalam tubuh (bisa melalui suntikan atau infus), stem cell bekerja mencari sumber peradangan di dalam tubuh dan secara otomatis akan memperbaiki kerusakan yang ada sehingga dapat menyembuhkan penyakit pasien. Bahkan jika ditemukan ada beberapa bagian tubuh yang mengalami peradangan pun, stem cell ini bisa membagi-bagi tugas untuk memperbaiki bagian-bagian tubuh tersebut. Namun tentu saja terapi stem cell ini harus disesuaikan dengan dosis dan frekuensi yang tepat supaya penyembuhannya berjalan optimal dan tepat sasaran.

Mengapa Sebaiknya Menyimpan Darah Tali Pusat?

  • Menurut riset, sekitar 3.000 anak-anak Indonesia berusia kurang dari 15 tahun didiagnosa dengan leukemia setiap tahunnya
  • Thalasemia mayor dan leukemia, dua dari penyakit yang paling sering terjadi di Indonesia, dapat diobati dengan sel punca. Sekali terlewat, sel punca hanya dapat diambil dari sumber lain termasuk sumsum tulang, yang prosesnya terasa menyakitkan.
  • Kita hanya memiliki satu kesempatan untuk menyimpan darah tali pusat bayi Anda; yaitu saat persalinan
  • 1 dari 500 bayi lahir di dunia menderita serebral palsi, suatu gangguan neurologis. Sampai saat ini pada terapi selular telah menunjukkan potensi untuk pengobatan untuk penyakit tersebut
  • Sel punca dari bayi kita dapat digunakan juga untuk saudara kandungnya. Riset menunjukkan bahwa pasien pulih lebih baik dan survival rate dua kali jika mereka menerima sel punca dari saudaranya.

Jadi dapat dipastikan kalau semua prosedur pengambilan dan penyimpanan membran tali pusat bayi kita akan berjalan aman (dengan tetap berkoordinasi bersama dokter kandungan tentunya) sebab Cordlife sudah berpengalaman dan tersertifikasi. Berapa lama tali pusat dapat disimpan? Secara teori, usia sel yang disimpan dalam temperatur nitrogen cair diperkirakan dapat disimpan selama 1000 tahun. Bahkan, sebuah studi menunjukkan pemulihan yang efisien dari sel punca yang sudah disimpan selama 21 sampai 23,5 tahun.

Investasi Darah Tali Pusat di Cordlife Indonesia

Sebagai orang awam, mendengar istilah "stem cell" sendiri pasti yang muncul di benak adalah pengobatan yang sangat canggih sekaligus super mahal. Padahal kenyataannya tidak seperti asumsi kita, Moms karena biaya penyimpanan tali pusat di Cordlife relatif terjangkau, yaitu senilai Rp. 1.650.000.- per tahun. Masih terasa mahal? Coba deh, kita hitung-hitung dulu dengan akumulasi harga 3 cangkir ngopi-ngopi cantik dan biaya kuota internet atau 2 kali rutin nonton bioskop per bulan selama satu tahun.

Yang pasti dibandingkan dengan sejuta manfaat yang bisa dihasilkan dari menyimpan darah tali pusat dengan kesempatan mendapatkan yang cuma sekali seumur hidup, nominal biaya di atas menjadi terasa sangat ringan, Moms. Ya anggap saja sebuah investasi terbaik kita untuk kesehatan anak-anak dan anggota keluarga kita yang lain.

Nah, bagaimana Moms? Bila saat ini Anda sedang merencanakan kehamilan atau malah tengah mengandung, sungguh sangat dianjurkan sekali untuk bisa memanfaatkan fasilitas penyimpanan darah tali pusat bayi terbaik di Cordlife Indonesia.

 

Semoga bermanfaat.

By: Felicia Denisa

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

3692 Felicia Denisa

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Dukung si Kecil Tumbuh Hebat Dimulai dari Orangtua yang Juga Hebat

Mendidik dan membesarkan anak merupakan kerja tim dari Moms & Dads. Memang, tugas ini

Si Kecil Sering Resah dan Rewel? Bisa Jadi Ruam Moms!

Anak-anak butuh tidur cukup untuk memulihkan tenaga dan membantu tumbuh kembang agar optimal

Melatih Kemampuan Bersosialisasi si Kecil Meskipun di Rumah Saja

Sama seperti orang dewasa, anak-anak secara alamiah ingin berkomunikasi, berinteraksi, dan

Kontrak Pra-Nikah, Sudah Tau Moms?

Kontrak pra-nikah atau yang juga biasa disebut sebagai prenup, sebetulnya apa ya? Mari simak bersama berikut ini.

Masa Pandemi Jadi Sering Ribut Dengan Pasangan? Ini Penyebabnya

Kenapa ya selama masa karantina mandiri ini jadi sering ribut dengan suami? Coba simak yang satu ini.

Ratus Pasca Persalinan, Yes or No?

Moms pernah mendengar istilah ratus? Yuk simak cerita berikut ini.

Pandemic Membuatku Jadi Makin Mesra

Simak tips semakin mesra selama pandemi berikut ini yuk Moms and Dads!

Cerita Lebaran Tahun Kedua Fiersa

Meskipun Lebaran tahun ini berbeda, tapi tetap merupakan momen yang perlu dirayakan. Yuk simak cerita berikut ini.

Ini Cara Kami Mewujudkan Pernikahan Sehat Di Masa Pandemi

Yuk simak cara Mom Risny menjaga keharmonisan rumah tangga di saat pandemi ini.

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Selama Pandemi

Moms and Dads, selama pandemi ini jaga keharmonisan rumah tangga yuk. Simak bersama yang berikut ini.

Inspirasi Nursery Room

Para bumil sedang mencari inspirasi untuk mendekor kamar si Kecil? Bisa lihat yang satu ini ya.

Menjaga Kesehatan Pernikahan Selama Di Rumah Aja

Selama di rumah aja, apa yang Moms and Dads lakukan untuk menjaga kesehatan rumah tangga? Baca cerita berikut ini ya.

Komunikasi Suami Istri Saat WFH

Apabila suami istri sedang tegang, apa yang sebaiknya dilakukan? Simak cerita berikut ini ya.

Daddies Cook on Vals Day with Nutribaby+

Babymoov menyelenggarakan acara Daddies cook on Valentines Day!

Tips Sederhana untuk Mengurangi Sampah Rumah Tangga

Mengurangi sampah bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang sederhana ya Moms, apa sajakah itu?

Yang Perlu Dipersiapkan saat Jadi Mama Muda di Perantauan

Apa saja yang harus dipersiapkan saat memutuskan untuk tinggal sendiri alias jauh dari keluarga?

Membereskan Baju dengan Menggunakan Konmari Method

Gerah banget ga sih Moms, tiap buka lemari liat baju anak awut2an. Perlu ngumpulin niat yang banyak buat rapihin semua.

Habis Melahirkan, Tetapkan Aturan Berikut

Jangan sungkan untuk menerapkan aturan aturan ya, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan

Tips Menghempaskan Mom Shaming!

Yuk ikuti tips berikut ini untuk mengatasi mom shaming

Bahaya Baby Blues

Ternyata 80% Ibu yang baru melahirkan mengalami dan merasakan yang namanya Baby Blues