Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

KB Aman Untuk Ibu Menyusui

06 May '18

Pada umumnya semua jenis alat kontrasepsi aman digunakan untuk Moms menyusui, namun jenis kb bagi  Moms menyusui harus yang tidak mengandung hormon estrogen, sebab pada umumnya hormon estrogen dapat menurunkan produksi ASI. Oleh karena itu pilihlah jenis kb untuk Moms menyusui yang tidak mempengaruhi produksi ASI.

Berikut ini adalah beberapa jenis kb untuk Moms menyusui yang aman digunakan, diantaranya :

  • Intrauterine device (IUD) 
    IUD merupakan salah satu jenis alat kb untuk Moms menyusui yang dimasukan kedalam rahim. Penggunaan IUD sebaiknya setelah bayi berusia sekitar 6 minggu. Ada dua jenis IUD yang dapat anda  gunakan yaitu, IUD yang tidak mengandung hormon estrogen dan IUD yang mengandung hormon progesterone. Kedua jenis tersebut bisa digunakan sebagai kb Moms menyusui, sebab keduanya dinilai aman dan tidak akan mempengaruhi produksi ASI.
  • Implan 
    Apabila anda takut dengan pemasangan alat kontrasepsi di dalam rahim seperti IUD, Moms menyusui bisa memilih alat kontrasepsi implan. Implan akan dipasang dibawah kulut lengan atas dan bertahan hingga 3 tahun untuk mencegah kehamilan. Penggunaan implan yang mengandung hormon progesteron aman, sebab tidak akan mempengaruhi produksi ASI.
  • Suntikan Devo Provera 
    Selanjutnya jenis alat kontrasepsi yang aman untuk Moms menyusui yaitu dengan suntikan devo provera. Cara ini dinilai aman sebagai kb Moms menyusui dan dapat mencegah kehamilan selama 3 bulan. Namun anda harus menggunakan suntikan depo provera yang mengandung hormon progesteron, sebab hormon progesteron tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Tapi sayangnya, kelemahan dari jenis alat kontrasepsi suntik ini akan membuat kesuburan anda lama untuk kembali,  waktu yang dibutuhkan sekitar 1 tahun untuk mengembalikan kesuburuan.
  • Pemberian ASI Ekslusif 
    Jenis kb Moms menyusui yang paling aman yaitu dengan memberikan ASI Ekslusif secara efektif sejak bayi lahir sampai bayi berusia 6 bulan dapat mencegah kehamilan. Pemberian ASI Ekslusif dinilai sebagai kb alami. Sebab selama anda memberikan ASI Ekslusif pada bayi, tubuh ibu tidak akan mengalami ovulasi sehingga dapat mencegah kehamilan sampai 6 bulan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

603 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Mudik Membawa Si Kecil

Pernahkah anda mengalami stress ketika membawa si Kecil dalam perjalanan jauh? Nah, untuk menghindarinya Yuk simak tips berikut.

Konstipasi Pada Bayi

Apakah itu konstipasi dan apa penyebabnya terjadi pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya? Mari simak yang berikut ini.

Penyebab Silent Disease Kinanti

Untuk penyebab infeksinya ini, tidak bisa diketahui secara pasti.- Usia-usia segitu memang aktif-

Simple Set Sandwich For Babies 12 Month

Si Kecil suka cemilan? Bosan dengan biksuit? Roti isi dapat menjadi salah satu alternatif lho Moms. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Si Kecil Alergi Minyak Telon, Kok Bisa?

Si Kecil mengalami alergi terhdap minyak telon? Mari simak pengalaman Mom Mala Sari dalam mengatasinya.

Lebih Dekat Dengan Imunisasi PCV

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar terutama pada bayi dan anak-anak dengan tujuan dapat

Chicken Puree Vegie

MPASI adalah saat yang menarik dimana kita belajar memberikan asupan bergizi bagi Si Kecil. Mari simak resep mango lassi berikut ini.

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 3 Bulan?

Pada usia kehamilan 3 bulan, akan ada banyak sekali perubahanterjadi pada kandungan anda. Apa sajakah itu? Mari, simak yang berikut ini.

Bubur Tomat Dengan Chia Seed

Bingung ingin menyajikan MPASI dengan resep apalagi? Tidak ada salahnya anda mencoba menu berikut ini. Selain mudah dibuat juga bergizi loh Moms.

Bolehkah Saat Menyusui Duduk Di Kursi Menyusui Goyang?

Betulkah saat menyusui duduk di kursi menyusui goyang dapat membantu Moms menenangkan bayi yang rewel? Mari simak ulasan berikut ini.

Olahan Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

Prolaktin bertugas untuk memproduksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas merangsang ASI untuk keluar.

Cara Asyik Memandikan Bayi

Memandikan Si Kecil harus dengan perawatan kulit khusus. Cairan pembersih juga harus aman bagi kulit bayi.

Tips Penyimpanan ASI Yang Baik

Penyimpanan ASI adalah hal yang banyak dilakukan ketika menyusui. Berikut adalah beberapa tips penyimpanan ASI yang baik. Yuk disimak.

Cara Memberikan ASI Yang Benar

Ibu menyusui disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi sampai berusia 6 bulan . Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan , yuk simak [...]