Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kartu Imunisasi, Kartu Super Penting

OTHERS  |  26 May '18

Kartu imunisasi adalah kartu yang penting sebagai pengingat apakah anak sudah divaksin atau belum. Karena ketika masih bayi, ada beberapa imunisasi yang harus diberikan seperti imunisasi Hepatitis B, Polio, DPT dan campak. Salah satu fungsi dari kartu imunisasi yaitu sebagai pengingat agar vaksinisasi dasar maupun tambahan tidak terlewatkan. Kartu ini juga dapat membantu orang tua dan petugas kesehatan, bahkan bisa juga digunakan ketika anak hendak sekolah ke luar negeri, karena ada beberapa negara yang mewajibkan untuk menunjukkan kartu imunisasi sebagai bukti bahwa anak tersebut telah selesai divaksin.

Dalam kartu imunisasi tertera jadwal imunisasi yang berperan sebagai panduan orang tua untuk membawa anaknya imunisasi. Imunisasi teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga anak bisa tumbuh dengan optimal.

Berikut ini manfaat dari status imunisasi lengkap:

  1. Dapat mencegah anak dari penyakit hingga kecacatan ataupun kematian.
  2. Dapat menghilangkan kecemasan dan mencegah anak sakit.
  3. Jika kartu imunisasi sudah lengkap artinya vaksin dasar sudah diberikan semua, dan hal ini dapat mengurangi risiko penyakit yang tidak diinginkan.

Dalam kartu imunisasi, beberapa imunisasi yang harus dijalani oleh anak meliputi:

1. Imunisasi BCG

Imunisasi ini memberikan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit tuberculosis. Sebaiknya diberikan ketika anak berusia 2-3 bulan.

2. Imunisasi Hepatitis B

Hepatitis berkaitan dengan organ hati. Maka pemberian vaksin hepatitis B sedini mungkin sangat dianjurkan.

3. Imunisasi Polio

Polio adalah penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian.

4. DPT/DT (Difteri, Pertusis dan Tetanus)

Vaksin ini deiberikan untuk mencegah anak dari ketiga penyakit tersebut. Untuk pemberian vaksin ini, pertama kali dilakukan saat bayi berusia emam minggu, dan berlanjut saat bayi berusia 4-6 bulan. Sedangkan pemberian ulangnya dilakukan saat anak berusia 18 bulan dan lima tahun.

5. Imunisasi Campak

Dampak terburuk dari penyakit campak adalah kematian. Untuk pemberian vaksin sebaiknya dilakukan ketika anak berusia 9 bulan.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

471 Babyologist Indonesia Send Message to Writer

Related Stories