Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kapan Si Kecil Memahami Suatu Perintah?

GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  12 Oct '18

Beberapa bayi mulai memahami apa yang dimaksud dengan “tidak” sekitar usia 6 bulan. Akan tetapi, banyak di antara mereka yang tidak akan menghentikan apa yang sedang mereka lakukan sebagai respon terhadap perintah tersebut sampai mereka berumur di antara 12 dan 18 bulan.

Ketika si Kecil mulai nakal, dengan tenang katakan padanya “tidak” dan cobalah untuk membuatnya tertarik pada hal lain. Sebagai contoh, jika dia terus berusaha menangkap seekor kucing, alihkan perhatian dia dengan mainan, pindahkan dia jauh dari kucing tersebut, atau letakkan kucing peliharaan Moms di ruangan lain.

Jika si Kecil merasa seolah-olah “tidak” adalah kata yang paling sering Moms katakan kepadanya, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang menjelaskan mengapa Moms tidak ingin si Kecil melakukan apa yang dia sedang lakukan. Misalnya, ketika si Kecil terlalu dekat dengan oven, katakan, “Awas, panas!” Nada keras dari suara Moms adalah bagian terpenting dari pesan yang ingin Moms sampaikan kepada si Kecil.

Sementara itu, sebagian besar bayi memahami perintah sederhana seperti “tenanglah!” atau “tunggu sebentar” antara usia 12 dan 15 bulan.

“Tetapi, itu tidak berarti mereka memiliki kendali impuls untuk menghentikan perilaku yang Moms minta agar mereka berhenti,” kata Traci B. Pitts, seorang psikolog anak di Reno, Nevada.

Kemampuan anak untuk memahami dan berhenti saat diperintah mungkin tidak akan muncul setelah si Kecil berumur 2 tahun bahkan kadang-kadang lebih dari itu.

Kepatuhan juga tergantung pada kepribadian seorang anak,” tambah Pitts, “Anak-anak yang lebih pemalu akan mengerti dan taat pada usia yang lebih muda.”

Ingatlah juga bahwa permintaan yang mengharuskan si Kecil untuk melawan impuls atau tindakan yang sedang berlangsung, seperti menyuruhnya berhenti berbicara terlalu keras ketika Moms sedang berbicara di telepon, atau menyuruhnya berjalan daripada berlari saat melalui toko seringkali lebih sulit untuk dipatuhi ketimbang permintaan seperti, “Tolong bawakan sepatu Mama agar kita bisa pergi berjalan-jalan ke taman.”

Buatlah permintaan Moms seterus terang dan sesederhana mungkin. Jangan terkejut jika Moms harus mengatakannya beberapa kali atau mengambil perhatian si Kecil sebelum Moms mendapatkan respon yang diinginkan.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

434 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories