Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kapan si Kecil Boleh Minum susu UHT

BRANDS  |  FEEDING  |  TODDLER  |  16 Dec '19


Apabila Moms sering berbelanja ke supermarket, tentunya sering juga melihat produk susu UHT di deretan rak supermarket. Nah, pertanyaannya, bolehkah balita minum susu UHT? Jika boleh, sejak usia berapakah si Kecil boleh minum susu UHT?

Susu UHT (Ultra-Heat Treatment) merupakan susu sapi yang telah mengalami proses pemanasan pada suhu tinggi 137 derajat Celcius dalam waktu singkat untuk mematikan bakteri-bakteri yang ada di dalam susu, tanpa menghilangkan nutrisi yang dikandungnya. Melalui metode ini, umur simpan susu menjadi lebih lama, yaitu dari 2-3 minggu hingga 9 bulan.

Selain itu, susu UHT tentunya sangat praktis dibawa ke mana-mana, tanpa perlu lagi repot membawa botol susu atau pemanas. Nah, kalau sudah begini, bolehkah kita memberikan susu UHT pada si Kecil?

Susu UHT biasanya terbuat dari susu sapi yang kaya akan protein dan mineral. Maka dari itu sebaiknya susu UHT tidak diberikan pada anak yang masih berusia 12 bulan ke bawah. Menurut dr. Anita Amalia Sari, sistem pencernaan anak di bawah usia 1 tahun masih belum matang dalam mencerna susu sapi yang kaya protein dan mineral. Pemberian susu UHT pada anak di bawah umur dapat meningkatkan risiko pendarahan usus dan kerusakan ginjal karena dipaksa bekerja lebih keras dalam mencerna protein dalam susu UHT.

Porsi Susu UHT yang Disarankan

Meskipun aman diberikan untuk anak berusia 1 tahun ke atas, Moms tetap harus memperhatikan porsinya, ya. Menurut ahli, anak berusia 1-3 tahun sebaiknya hanya diberikan susu UHT sebanyak 2-3 gelas berukuran 250 ml dalam sehari.

Pemberian susu UHT yang berlebihan justru membuat anak kekenyangan. Hasilnya mereka sering kali enggan mengonsumsi makanan lain yang untuk mencukupi asupan nutrisi hariannya. Hal ini tentunya malah dapat membuat proses tumbuh kembangnya terganggu.

Lalu susu UHT Apa yang Bisa Moms Berikan untuk si Kecil?

Saat ini sudah banyak produk susu UHT yang bisa Moms berikan untuk si Kecil. Bahkan, Moms bisa menemukan susu UHT yang memiliki kandungan Cod Liver Oil. Kandungan Cod Liver Oil dalam susu UHT memiliki beragam manfaat mulai dari mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan giginya.

Selain kaya akan nutrisi, susu UHT juga memiliki rasa yang bervariasi seperti susu UHT rasa coklat dan stroberi. Namun, tetap ikuti anjuran dokter sebelum Moms memberikan susu UHT untuk si Kecil, ya.

Referensi: Liputan 6, Klik Dokter

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1857 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Apa itu Cod Liver Oil dan Apa Manfaatnya?

Untuk memenuhi nutrisinya, tak jarang orang tua memberi si Kecil cod liver oil.

Kiat Memilih Peralatan Makan yang Aman untuk si Kecil

Memilih alat makan untuk si Kecil tak bisa sembarangan, Mom. Moms wajib memperhatikan beberapa hal!