Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kapan Sebaiknya Si Kecil Belajar Minum Secara Mandiri? Simak Tips Berikut, Moms!

BRANDS  |  MY STORY  |  25 Nov '21


Tidak hanya sebagai media minum, botol susu juga memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi dan balita. Karena itulah, banyak di antara mereka yang jadi sangat tergantung dengan botol susu sehingga tidak mau berpisah sebentar saja.

Kapan si Kecil perlu belajar minum sendiri?

Kondisi si Kecil yang selalu tergantung dengan botol susu menjadi masalah ketika mencapai usia harus disapih. Untuk mengatasi hal ini, Moms disarankan memulai menyapih sedini mungkin yaitu mulai tahap awal MPASI. Semakin lama ditunda, semakin lengket pula si Kecil dengan botol susunya hingga akhirnya akan sulit sekali berhenti minum dari botol.

Apa saja tips yang memudahkan si Kecil belajar minum sendiri?

Seperti halnya saat mencoba hal baru lainnya, menyapih membutuhkan usaha. Tentu, wajar jika si Kecil gagal saat mencoba pertama kalinya. Supaya proses transisi terhindar dari tangisan si Kecil, Moms bisa mencoba langkah-langkah berikut:

Mulai menyapih sedini mungkin

Seperti yang sudah Moms tahu, terlambat menyapih membuat si Kecil tidak terpisahkan dari botol susunya. Efek samping lainnya dari telat menyapih adalah si Kecil berisiko lebih rentan mengalami masalah gigi berlubang  dan minum lebih banyak susu daripada yang dia butuhkan. Hal tersebut dibenarkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) yang menganjurkan si Kecil sudah harus bertransisi penuh dari botol susu ke cangkir pada usia 18 bulan.

Lihat Juga: Babyo Story: Berikan Obat Bayi Anti Rewel dengan Dr. Brown's Pacidose

Gunakan Silicone Spout sebagai pilihan Spout pertama si Kecil

Silicone Spout bersifat fleksibel dan akrab di mulut bayi yang terbiasa minum dari botol. Rasa familiar inilah yang membantunya bertransisi dari botol ke Cup. Pilihlah jenis Spout yang paling nyaman bagi si Kecil, ya, Moms!

Sajikan minuman selain air putih

 

Selain ASI, air putih memang merupakan minuman terbaik untuk anak seusia si Kecil. Meski begitu, si Kecil bisa merasa bosan jika hanya ditawari air putih saja. Solusinya, isilah Cup dengan jus encer lalu gosokkan sedikit air jus pada Spout saat pertama kali mengenalkan Cup kepada si Kecil. Undang rasa ingin tahunya dengan cara mengarahkan Cup ke bibir si Kecil.

Lihat Juga: Babyo Story: Perjalanan MPASI Mom Nadia dengan Si Kecil

Gantilah botol susu dengan Cup secara perlahan-lahan

Setelah si Kecil mahir memegang dan minum dari Sippy maupun Straw Cup, Moms bisa mulai membiasakan si Kecil minum dari Cup saat jadwal minumnya tiba secara teratur. Kecuali bermaksud menyapih si Kecil dari menyusui, tidak apa-apa jika si Kecil minum ASI atau susu formula dengan menggunakan Sippy atau Straw Cup.

Kurangi frekuensi minum susu botol secara bertahap

Meski si Kecil sudah terbiasa minum dari Cup, dia mungkin masih mempunyai kebiasaan minum susu sebelum tidur. Nah, Moms bisa memberikan camilan kaya protein sebagai ganti minum susu sebelum tidur supaya si Kecil tidak kelaparan di tengah malam. Jika si Kecil benar-benar tidak bisa tidur karena perutnya harus dalam kondisi kenyang, ajak dia makan bersama di ruang makan. Lambat laun, si Kecil akan paham bahwa waktu tidur tidak harus dimulai dengan minum susu.

Lakukan transisi penuh ke Sippy Cup dalam semalam

 

Tips ini merupakan alternatif lain dari mengganti penggunaan botol susu dengan Cup secara perlahan-lahan. Langkah langsung melakukan transisi penuh ke Cup dalam semalam dianggap jauh lebih cepat daripada yang dilakukan secara bertahap. Meski begitu, Moms harus siap menangani stres yang kemungkinan dialami si Kecil di awal-awal.

Hentikan sepenuhnya pemberian susu botol saat si Kecil berusia 1 tahun

Menghentikan kebiasaan si Kecil melakukan apa pun, termasuk minum dari botol susu, bakalan susah sekali dilakukan jika usianya sudah lebih dari 1 tahun. Maka dari itu, Moms bisa mempertimbangkan untuk menghentikan sepenuhnya kebiasaan minum susu botol sebelum dia berusia 1 tahun.

Supaya pengalaman si Kecil dalam belajar minum menyenangkan, gunakan produk-produk yang memang didesain khusus mendukung transisi kebiasaan minum si Kecil dari botol susu ke cangkir orang dewasa. Dr. Brown’s® menawarkan Options+ Bottle, Options+ Transition Bottle, Sippy Straw Bottle dengan beragam keunggulan dan fitur yang sangat membantu menyukseskan program menyapih si Kecil.

Mengapa si Kecil direkomendasikan untuk menggunakan Dr. Brown’s® Options+ Bottle?

 

Dr. Brown’s® Options+ Bottle merupakan botol susu satu-satunya dengan Teknologi Internal Vent System yang disarankan untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan. Teknologi tersebut mampu memisahkan jalur cairan dan udara sehingga mengurangi risiko kolik akibat menelan udara, yang pada akhirnya turut mendukung tidur berkualitas si Kecil. Botol susu Dr. Brown’s Options+ ini dapat digunakan dengan atau tanpa Internal Vent System sehingga lebih fleksibel bagi Moms dalam menyiapkan dan membersihkan botol susu.

Bebas dari gelembung udara, Options+ Bottle menjaga kadar vitamin cairan di dalamnya lebih lama daripada jika disimpan dalam botol lain. Tidak hanya itu, aliran pada botol susu Dr. Brown's memiliki aliran yang sama dengan aliran payudara Ibu sehingga memudahkan Si Kecil bertransisi antara menyusu langsung dan minum dari botol tanpa risiko Bingung Puting.

Botol Options+ juga mudah dibuka hanya dengan menggunakan satu tangan sehingga memudahkan Moms yang harus multitasking. Selain bentuk lebih ergonomis, Moms dapat memilih bahan botol sesuai keinginan yaitu apakah mau yang terbuat dari Polypropylene (PP), Polyethersulfone (PESU), Polyphenylsulfone (PPSU), atau Borosilicate Glass (botol kaca).

Mulai transisi minum si Kecil dengan Dr. Brown’s® Options+ Transition Bottle

 

Dr. Brown’s® Options+ Transition Bottle sangat memudahkan baik si Kecil maupun Moms dalam proses menyapih. Transition Bottle dapat berfungsi sebagai tidak hanya sebagai botol susu tetapi juga Sippy Cup, hanya dengan mengubahnya dalam hitungan detik saja.

Si Kecil dapat merasakan kenyamanan dalam belajar transisi minum dari botol susu ke cups. Dr. Brown's Options+ Transition Bottle juga dilengkapi 2 Nipple yaitu Nipple Sippy Spout (bentuk cucuk dan Y-Cut) dan Nipple Level 3 (usia 6-9 bulan). Bentuk botol juga dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dipegang si Kecil.

Buat Moms yang ingin hemat dalam membeli peralatan, Dr. Brown’s® Options+ Transition Bottle merupakan pilihan tepat. Sebab, Moms dapat menggunakan Sippy Spout-nya untuk jus dan minuman-minuman MPASI lainnya yang lebih padat.

Dr. Brown's Options+ Transition Bottle juga tersedia dalam 2 ukuran yang berbeda yaitu: 240ml Narrow Neck Bottle dan 270ml Wide Neck Bottle. Sementara Nipple-nya sudah medical grade dengan level 3 yang cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas; aman, lembut, dan tahan gigitan.

Tonton juga: Babyo Review Dr. Brown's Stages Cup

Mudah mengajari si Kecil minum dari sedotan dengan Dr. Brown’s® Sippy Straw Bottle

 

Menuju ke tahap selanjutnya, Si Kecil dapat diberikan Dr. Brown’s® Sippy Straw Bottle untuk transisi minum menggunakan sedotan. Teknologi Activated Spill-Proof Valve yang dimilikinya anti tumpah dan anti tersedak. Dengan adanya Silicone Handle, si Kecil dapat meningkatkan kekuatan genggaman dan motoriknya saat belajar minum dari Dr. Brown’s® Sippy Straw Bottle.

Botol ini juga sangat direkomendasikan untuk si Kecil yang belum mampu duduk tegak lurus karena memiliki bola pemberat yang membantunya mengisap cairan. Weighted Ball mempermudah mengisap air di saat si Kecil sudah dapat berdiri tegak atau pun belum.

Lebih lanjut, sedotan silikon di Sippy Straw Bottle dari Dr. Brown’s® aman, lembut, dan fleksibel. Bentuk dan bahan dari botol yang cocok untuk bayi dalam tahap awal MPASI ini mudah dibongkar pasang untuk dicuci bersih, memudahkan Moms tetap menjaga kehigienisan peralatan si Kecil.

Untuk ukuran botolnya, Sippy Straw Bottle tersedia dalam varian Standard Neck 250ml dan Wide Neck 270ml. Moms dapat memilih mau yang warna biru atau warna pink sesuai kesukaan si kecil. Sippy Straw Bottle kompatibel digunakan dengan botol susu Dr. Brown’s® lainnya. Jadi, Moms bisa mix & match sesuai kebutuhan.

Moms tidak perlu khawatir dengan material pembuat seluruh botol merek Dr. Brown’s®. Mau yang dari plastik maupun kaca, seluruhnya terbuat dari material bebas bahan kimia berbahaya dibuktikan dengan hasil uji klinis BPA-Free. Moms juga dapat menjaga seluruh perlengkapan botol si Kecil tetap higienis karena aman disterilkan dengan mesin sterilizer.

#SolusiBelajarMinum si Kecil dengan Dr. Brown’s®

Referensi: Moms Loves Best

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

9289 Dr. Brown's Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Pentingnya Mengganti HEPA Filter Secara Berkala

Mungkin Moms bertanya-tanya, apa sih HEPA filter itu? High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter adalah filter yang memiliki cara kerja [...]

Pasca-Lockdown, Polusi Udara Masih Menjadi Masalah Utama Selain COVID-19

Semakin terkendalinya pandemi membuat beberapa tempat mulai beroperasi kembali seperti sebelum pandemi, tentu saja kini disertai anjuran untuk [...]

Pentingnya Air Purifier pada Ruang Komunal untuk Dukung Kegiatan Tatap Muka

Sebagaimana diberitakan oleh VOA news, pemerintah di banyak negara di Asia termasuk Indonesia telah melonggarkan peraturan physical distancing [...]

Si Kecil Makin Lahap, Makanan Hangat dalam Sekejap

Bayi tumbuh dengan cepat selama tahun pertama kehidupan. Termasuk juga jenis dan tekstur makanan yang dapat dimakan si Kecil selama tahun [...]

10 Produk Ibu dan Anak Terfavorit Babyo Awards 2021

Babyo Awards 2021 telah resmi berakhir dan memilih brand terfavorit pilihan Moms. Simak brand terfavorit pilihan Moms disini!

Bebas Gunting Rambut di Rumah Saja, Untuk Siapa Saja

Selain merapikan penampilannya, potong rambut juga harus memberikan pengalaman menyenangkan kepada si Kecil. Itulah sebabnya psikolog anak....

Terhindar dari Virus, Ini Ragam Manfaat Air Purifier Bagi Aktivitas Moms!

Kondisi polusi udara ditambah pandemi COVID-19 membuat orang perlu ekstra hati-hati dengan lingkungan sekitar. Sebagai respons terhadap kondisi [...]

Mulai Lagi Beraktivitas, Optimalkan Nutrisi & Imun si Kecil

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi COVID-19, anak kurang memiliki waktu untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya ....

Dukung Si Kecil Miliki Cita-Cita Setinggi Langit

Mendampingi si Kecil menemukan jati diri sejak dini perlu persiapan yang matang. Sebagian besar anak bercita-cita dapat menciptakan sesuatu yang [...]

Nutrisi Prima Untuk Cegah Stunting & Tumbuh Kembang Anak

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Tinggi badan merupakan

Mom Kembali Bekerja, Gimana Merawat Si Kecil, Ya?

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini tentunya menyebabkan banyak perubahan gaya hidup. Namun, ada juga sisi positifnya. Para [...]

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia Seorang bayi tidak serta merta mempelajari semua

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar Terkadang, orang tua tidak begitu memperhatikan

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya Bedtime routine alias

Khawatir Perubahan Badan Pasca Melahirkan? Rawat Diri dengan Skin Care Alami

Saat seorang wanita hamil dan melahirkan, tubuhnya banyak berubah demi mengakomodasi janin yang kemudian lahir menjadi bayi. Perasa...

Pemerintah Sarankan Air Purifier untuk Ruangan Tertutup

Sejak akhir tahun 2019, dunia menghadapi tantangan yang mengharuskan semua orang menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru sebagai respon atas situasi [...]

Sabun Bikin Si Kecil Alergi? Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman untuk Bayi

Salah Sabun Mandi Bikin Si Kecil Alergi? Ini Dia Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman

Dukung Pertumbuhan Kini dan Nanti, untuk Si Kecil dan Bumi

Pentingnya menggunakan produk susu dengan kemasan ramah lingkunganSebagai upaya mendukung

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini!

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini! Kulit

Bantu Cegah Sensitivitas, Dukung Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Alergi makanan merupakan reaksi tubuh secara berlebihan terhadap jenis protein tertentu.