Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kapan Sebaiknya Melakukan Imunisasi Pada Bayi?

HEALTH TIPS  |  13 May '18

Memiliki seorang bayi merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang telah menikah. kika memiliki seorang bayi tentu saja anda memiliki tanggung jawab penuh serta perhatian yang ekstra pada bayi tersebut. Terlebih lagi harus memperhatikan sesuatu yang berkaitan dengan kesehatannya.

Bayi baru lahir akan mendapatkan kekebalan tubuh dari ASI, namun kekebalan alami ini hanya bersifat sementara. Kekebalan tubuh tersebut hanya dapat mencegah terhadap salah satu jenis penyakit. Antibodi alami ini, tidak dapat bertahan lama maka dari itu, bayi pun perlu melakukan imunisasi untuk meneruskan kekebalan tubuh alami yang telah di dapatkan oleh Si Kecil.

Maka dari itu, sebelum melakukan imunisasi ada baiknya anda mengataui imunisasi apa saja, dan kapan waktu terbaik untuk memberikan imunisasi tersebut pada sang buah hati.

Berikut ini beberapa waktu pemberian imunisasi pada bayi yang wajib untuk dilakukan, diantaranya :

  • Pada saat lahir hingga usia 3 bulan 
    Pada saat lahir bayi hingga memasuki usia 3 bulan, bayi akan diberikan imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin). Tujuan dari diberikan imunisai BCG ini yaitu untuk melindungi bayi dari tuberculosis atau yang lebih dikenal dengan TB. TB merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang bagian paru-paru. Maka dari itu bayi wajib diberikan vaksin TB ini karena vaksin ini dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri TB.
  • Pada saat lahir hingga usia 2 bulan 
    Waktu pemberian imunisasi selanjutnya yang dapat dilakukan kepada bayi yaitu dengan pemberian imunisai jenis vaksin Hepatitis B yang mana pemberian pertama diberikan pada saat pertama kali bayi lahir dan pemberian kedua diberikan ketika bayi memasuki usia 1 bulan. Tujuan dari pemberian vaksin ini yaitu untuk mencegah terjadinya penualaran penyakit hepatitis B terhadap bayi yang baru dilahirkan. Virus hepatitis B  merupakan salah satu virus yang dapat menyebabkan kerusakan hati bahkan dapat terjadinya kematian.
  • Pada usia 2 bulan hingga 5 tahun 
    Pemberian imunisasi selanjutnya yaitu imunisasi jenis vaksin polio yang dapat diberikan kepada bayi pada saat bayi berusia 2 bulan untuk pemberian pertama, pemberian kedua pada saat berusia 4 bulan, pemberian ketiga pada saat usia 6 bulan. Dan pemberian ke empat pada usia 18 dan 24 bulan, dan untuk pemberian yang terakhir diberikan pada saat usia menginjak 5 tahun. Tujuan dari pemberian vaksin polio ini yaitu untuk memberikan kekebalan pada tubuh bayi yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit polio (kelumpuhan).

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

 

290 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories