Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kapan Menstruasi Lagi Setelah Melahirkan?

HEALTH TIPS  |  03 Mar '18

Teman-teman saya pernah bertanya, berapa bulan setelah melahirkan baru saya kembali mengalami menstruasi, karena mereka khawatir, sudah 3 bulan setelah melahirkan kok siklus menstruasi belum kembali juga. Saya sendiri baru mendapatkan menstruasi kembali setelah 7,5 bulan setelah melahirkan Gavin. Jadi saya selalu bilang, ga perlu khawatir. Nah, sebenarnya berapa lama sih siklus menstruasi akan normal kembali setelah melahirkan?

 Ternyata, menstruasi setelah melahirkan pada setiap Ibu akan berbeda-beda, bahkan dari kelahiran pertama dan berikutnya pun juga bisa berbeda. Faktor utama yang mempengaruhi seberapa cepat menstruasi akan datang kembali adalah apakah Ibu memberikan ASI secara eksklusif atau tidak kepada bayinya, serta sesering apa Ibu menyusui bayinya. Saat Ibu menyusui bayi, hormon-hormon yang dibutuhkan untuk produksi ASI (seperti hormon prolaktin) akan meningkat jumlahnya dan dapat menekan produksi hormon reproduksi yang membuat seorang wanita mengalami menstruasi. 

 Biasanya, jika seorang Ibu memberikan ASI eksklusif, ia akan mengalami menstruasi kembali paling cepat 6 bulan setelah melahirkan, bahkan ada yang mencapai 18-24 bulan setelah melahirkan. Sedangkan Ibu yang tidak memberikan ASI ataupun kombinasi ASI dan Sufor, bisa mengalami menstruasi kembali dalam waktu 1-3 bulan setelah melahirkan. Akan tetapi hal ini tidak bisa disamaratakan, karena setiap wanita akan berbeda. Tidak ada jaminan bahwa menyusui akan menghentikan ovulasi. Jadi perlu diingat bahwa tidak ada cara yang dapat diandalkan untuk memprediksi secara tepat kapan seorang ibu setelah melahirkan akan mendapatkan menstruasi pertamanya. Bisa jadi meskipun seorang Ibu memberikan ASI eksklusif, Ibu itu tetap akan mendapatkan menstruasi lebih cepat misalnya setelah 1 bulan. Begitu pula sebaliknya meskipun Ibu memberikan kombinasi ASI dan Sufor, bisa mengalami menstruasi kembali jauh lebih lama, contohnya saya. Saya tidak memberikan ASI eksklusif melainkan kombinasi dan saya mengalami menstruasi kembali setelah 7,5 bulan.

Hal lain yang juga mempengaruhi siklus menstruasi Ibu setelah melahirkan yaitu jika terjadi sindrom baby blues, faktor kelelahan setelah melahirkan, serta keseimbangan hormon masing-masing wanita. Siklus menstruasi yang tidak teratur selama satu sampai tiga bulan di awal-awal sejak menstruasi pertama, masih normal terjadi. Pada saat ini, tubuh masih mencoba untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Kemudian untuk Ibu yang tidak menyusui bayinya dan tak kunjung mengalami menstruasi setelah melahirkan selama lebih dari tiga atau empat bulan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa kenapa tidak terjadi menstruasi karena hal ini mungkin dapat disebabkan oleh kehamilan, atau masalah lainnya.

Semoga bermanfaat.

By: Valent Cindy. 

3991 Valent Cindy

Comments

Related Stories