Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kapan Life Skills Perlu Diajarkan ke Anak?

MY STORY  |  PARENTING  |  27 Nov '18

Kapan anak kita harus diajarkan mandiri?

Jawaban saya adalah sedini mungkin. Ketika Edgar Mulai bisa berjalan di usia 14 bulan. Sejak itu saya sudah ajarkan ke dia bahwa popok yang sudah digunakan harus dibuang olehnya sendiri.

Namun, tentu sebelumnya kita harus memberikan contoh ke dia. Lakukan hal ini tiap hari supaya anak mengetahui itu merupakan tanggung jawab dia. Kedua, di mana saya mengajarkan kalau urusan mengambil dan meletakkan sepatu kembali setelah dipakai juga merupakan salah satu tanggung jawab dia.

Seiring waktu berjalan sejak usia 14 bulan sampai dengan sekarang 27 bulan, Edgar sudah mempunyai rasa tanggung jawab atas barang yang dia pakai sendiri. Dan untuk saat ini, dia sudah mengambil baju bersih dan meletakkan baju kotor di keranjang laundry, membereskan segala mainan, bahkan laci-laci lemari dan pintu lemari belum tertutup rapat, dia mempunyai rasa tanggung jawab untuk membereskan semua baru kemudian boleh bermain. 

Dia bahkan bisa menyiapkan sandal papa mama ketika saya dan suami ada rencana mau keluar, bahkan ketika pulang dia juga mempunyai inisiatif untuk menaruh semua kembali ke lemari.

Edgar juga senantiasa membantu di dapur dengan membantu saya mengambil bawang merah dan bawang putih yang terjangkau oleh dia. Kalau ada yang kotor di lantai, dia juga punya inisiatif untuk mengambil pengki dan sapu terus berusaha menyapu. Kalau ia menumpahkan air di lantai, dia bisa cari kain untuk menglapnya.

Saat mau minum susu, dia bisa siapin botolnya sendiri, ketika mau mandi dia bisa mengambil handuknya sendiri, bahkan dia bisa juga ambilkan buat papanya yang mau mandi. Begitu juga sejak memasuki usia 23 bulan dia sudah punya niat untuk membantu saya menyiram tanaman di depan teras rumah, dan masih banyak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Jadi saya merasa sangat bersyukur dari semua yang saya ajarkan ke anak masih tetap ia lakukan sampai sekarang, dan tentunya hal ini akan menjadi bekal untuknya di kemudian hari.

So, mommy mommy semua, yuk mari kita ajarkan si Kecil life skills sedini mungkin agar dia bisa memiliki kemampuan untuk bertahan serta beradaptasi di kemudian hari. 

jadi jangan menyerah ya buat ajarin mereka, karena memang akan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa dan bukan secara instan

 

Semoga bermnfaat.

By: thokhifui thokhifui

Copyright by Babyologist

 

8440 thokhifui thokhifui Send Message to Writer

Related Stories