Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kapan dan Bagaimana Cara Memulai Menyapih

FEEDING  |  MY STORY  |  18 Dec '18

Menyapih anak adalah waktu di mana kita sebagai mama mulai mengajarkan anak untuk berpindah ke makanan padat dari yang tadinya hanya mengonsumsi ASI saja. Ini merupakan sebuah proses yang dilakukan secara bertahap sampai anak benar-benar berhenti menyusu ASI dari payudara mamanya, biasanya sampai anak berusia 2 tahun.

Kapan saat Menyapih yang Tepat?

Nah untuk Meghan, proses menyapih yang tepat dan berhasil adalah saat usianya 22 bulan, yang sebelumnya saya dan suami bertekad untuk menyapih setelah dia 1 tahun, tapi semuanya gagal karena kemungkinan si Meghan belum siap, dan saya pun masih ada rasa tidak tega.

Sebenarnya dalam menentukan kapan waktunya menyapih anak akan tergantung dari pilihan masing-masing Moms. Namun, optimalnya masa yang direkomendasikan bagi bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif adalah enam bulan. Sementara masa umum untuk Moms menyusui adalah hingga bayi berusia dua tahun. Setelah bayi berusia enam bulan, ia bisa mulai mendapat nutrisi tambahan di samping ASI, melalui MPASI.

Bagaimana Cara Memulainya?

  1. Tentukan waktu yang paling tepat untuk menyapih agar anak bisa menerima prosesnya.
  2. Mulai kurangi frekuensi menyusui secara bertahap, terutama di siang hari. Atau Moms bisa juga mulai dengan mengurangi waktu lamanya menyusui.
  3. Mulailah belajar membuat MPASI yang menarik untuk mengalihkan perhatian anak dari ASI. Pastikan pula anak selalu merasa kenyang.
  4. Berikan ASI perahan dalam botol dan kurangi pemberian ASI secara langsung. Jika memungkinkan, ASI juga bisa diganti dengan susu formula yang sesuai untuknya.
  5. Ubah kebiasaan sebelum tidur dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat anak lupa untuk menyusu.
  6. Peran menyapih bukan hanya untuk Moms saja ya, baik Dads maupun anggota keluarga lain juga penting untuk membantu kesuksesan proses menyapih.
  7. Terakhir dan terpenting adalah rajinlah memberi pengertian pada anak dengan berbicara langsung dan menunjukkan perhatian dan kasih sayang.

Dan sekarang usia Meghan sudah 25 bulan dan dia sudah lancar minum susu formula sehari 2 kali lewat botol, meskipun terkadang dia merasa kangen saat masa-masa meminum ASI langsung dari mamanya.

Semoga bermanfaat.

By: Cindy Fransisca

Copyright by Babyologist

200 Cindy Fransisca

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Memperjuangkan ASI Eksklusif untuk Anak Kedua

Berikut ini ada beberapa tips buat mommies yang ingin memberikan asi eksklusif pada anak kedua, yuk disimak

ASI Tidak Keluar selama 3 Hari! Berikut Solusi Saya!

Kira-kira pada saat Cha berumur 2-3 bulan, ASI saya tidak keluar setetes pun.

Benarkah Menyusui Menyebabkan Tulang dan Gigi Keropos?

Proses menyusui adalah sebuah tantangan, dan masing masing mommy pasti punya cerita tersendiri.

Lactation Cookies, Booster ASI Buatan Sendiri

Saat ini, sudah banyak dijual cookies-cookies yang bisa digunakan sebagai booster ASI.

Pentingnya Memilih Pompa ASI yang Berkualitas

Bagi seorang ibu, tentunya memberikan ASI Esklusif kepada buah hati tercinta adalah hal yang sangat membahagiakan.

Tetap Memompa ASI saat Sakit Demam Berdarah

Bulan januari akhir kemarin saya harus opname di rumah sakit karena sakit demam berdarah.

Pasta untuk si Kecil

Solusi ketika si kecil menolak nasi. Biasanya pasta jadi pilihan saya. Kalau moms gimana nih?

Tips Menyusui dengan Ukuran Payudara Kecil

Saya seorang ibu dengan payudara kecil, namun saya bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ASI pada bayi saya.

Drama Pumping? Ga Lagi Deh

Kalo kalian mau enjoy setiap kegiatan pumping yang everyday, kaya makan sehari bisa berkali-kali ada tipsnya Moms

Menyusui Bukan Pertandingan, tapi Perjuangan

Menurut saya, keberhasilan menyusui mau seberapa banyak ASI yang dihasilkan dan seberapa lama bisa menyusui itu bukanlah sebuah pertandingan.

Handsfree Pump: Penyelamat Perjalanan Breastfeeding

Tantangan terbesar yang sekarang tengah saya alami adalah bagaimana agar tetap bisa menyediakan ASI.

Menjadi Ibu EPING? Siapa Takut!

Masalah breastfeeding memang sangat populer, tidak terbatas pada ibu baru saja, ibu dengan tiga anak pun terkadang mengalaminya.

Tips Mengatasi Bayi yang Menggigit Puting

Saat menyusui merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi ibu karena kita bisa melakukan eye contact dan membangun bonding dengan bayi.

Mengapa Sterilizer Harus Diutamakan?

Baru tersadar kalau ternyata sterilizer itu penting banget setelah Rasheed berumur 2 bulan. Telat gak sih Moms?

Menyusui Hanya dengan Satu Payudara

Tak pernah terpikirkan, kalau saya akan menyusui di satu payudara saja. Bukan karena kebiasaan memberikan si Kecil satu payudara saja,

Botol Susu Penyelamat di Kala Anak Ngempeng ke Ibunya

Sejak hamil, saya selalu optimis akan mengASIhi anak saya selama 2 tahun. Namun kenyataannya berbeda jauh dari ekspektasi saya.

Tips agar Busui Tetap Nyaman Berpuasa

Beberapa hari lagi umat Islam menyambut kehadiran bulan puasa Ramadhan, sebagai umat Islam yang bertakwa pasti sudah menantikan bulan penuh [...]

Tips Mengatasi ASI Mampet bagi Ibu Eping

Bagi Moms yang merupakan ibu eping seperti saya, pasti pernah mengalami ASI mampet karena skip jadwal pumping.

Perjuangan Memberi ASI Eksklusif

Memberi ASI pada anak adalah kewajiban bagi setiap ibu yang baru melahirkan, tapi apa jadinya jika ASI ibu tidak keluar?

Anak ASI Tubuhnya Lebih Kecil Dibanding Anak Sufor?

Cha adalah bayi full ASi sejak umurnya 2 bulan hingga sekarang menginjak 10 bulan. Saat awal baru lahir hingga umur 1 bulan, Cha dibantu sufor [...]