Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kakak Menyapih Dirinya Sendiri Ketika Bunda Positif Hamil

FEEDING  |  MY STORY  |  TODDLER  |  16 Aug '19


Semua Moms pasti menginginkan untuk bisa menyusui anaknya sampai lulus ASI 2 tahun. Tapi apa yang Moms rasakan, ketika secara tiba-tiba anak memutuskan untuk menyapih dirinya sendiri? Bingung, patah hati, sedih, merasa bersalah, dan mencari tahu apa penyebabnya. Yes, itulah yang pernah aku alami ketika secara mendadak, anakku menolak untuk direct breastfeeding padahal usianya baru 1 tahun. Semua gundah gulana dan rasa bersalah berkecamuk di dalam pikiran. Setelah ditelusuri penyebabnya, ternyata sudah ada calon adik bayi di dalam rahim sehingga si toddler menolak ASI.

Sempat aku konsultasikan ke konselor laktasi, berharap supaya si toddler tetap mau direct breastfeeding sampai minimal usia 18 bulan, tapi hasilnya nihil. Walaupun sudah di-pumping, anakku tetap menolak ASI dengan alasan ASI Bunda sudah basi katanya.

Setelah adiknya lahir, ada keinginan untuk mengASIhi kakak demi menebus rasa bersalah. Awalnya si Kakak sempat menolak, tapi setelah dicoba pada akhirnya mau tandem breastfeeding dengan baby. Bahagia banget rasanya, waktu mengASIhi kakak sambil menatap matanya, terlihat ada kerinduan. Walaupun terasa berat, tapi sempat aku lakukan selama 6 bulan, demi menebus momen mengASIhi yang terlewatkan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

361 Litha Nur Muarani

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Menyapih Bahagia

Tiap hari bersama anak pasti selalu punya cerita. Ingin sekali berbagi cerita soal proses menyapih anakku.

Menyapih Anak yang Sedang Tandem Nursing dengan Adiknya, Susah Ga Ya?

22 November 2018, usia Mora tepat 2 tahun. Bahagianya saya karena Mora berhasil lulus ASI sampai 2 tahun.

Anakku Sukses Disapih, Tapi dengan Kebohongan

Saat si Kecil hadir ke dunia, hal yang terlintas dalam benak saya hanyalah memberikan ASIX hingga 2 tahun.