Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jenis Minuman dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  27 Apr '22


Minuman dan makanan sehat untuk ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin selama kehamilan. Pasalnya, minuman dan makanan sehat ini mengandung zat-zat dan nutrisi yang berlimpah sehingga kebutuhan nutrisi ibu hamil dan si Kecil dapat terpenuhi dengan baik.

Selain itu, ketika ibu hamil mengonsumsi minuman dan makanan yang menyehatkan dan kaya nutrisi, hal ini juga dapat membantu dalam melancarkan proses melahirkannya nanti. Oleh karena itu, Moms perlu mengenali makanan dan minuman apa saja yang baik untuk ibu hamil.

Berbagai Macam Jenis Minuman dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil muda harus banyak makan makanan yang berserat paling tidak sebanyak 25-30 gram setiap harinya. Contoh makanan yang kaya akan serat adalah nasi merah dan aneka kacang-kacangan. 

Dengan mengonsumsi makanan berserat secara rutin, sistem pencernaan akan terasa lebih lancar. Sementara itu, beberapa jenis minuman dan makanan sehat yang akan kami sebutkan disini juga termasuk makanan yang bagus untuk perkembangan janin. Dengan mengonsumsi makanan bergizi tersebut, efek positif tidak hanya datang untuk ibunya tapi juga untuk si Kecilnya secara langsung. Berikut merupakan beberapa minuman maupun makanan sehat yang bisa dikonsumsi ibu hamil:

Baca Juga: Kerja dan Jaga Anak Tetap Fit? 🤯

1. Brokoli

Brokoli kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil. Beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam brokoli adalah kalsium, asam folat, zeaxanthin, lutein, dan karotenoid. =Kandungan karotenoid yang ada di dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan mata si Kecil. Selain beberapa kandungan nutrisi tersebut, brokoli juga mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat membantu tubuh ibu hamil dalam menyerap zat besi yang lebih banyak. 

Brokoli juga mengandung zat besi yang dapat mencegah sembelit. Seperti yang kita tahu, ibu hamil sering mengalami sembelit karena janin semakin lama semakin besar yang memengaruhi sistem pencernaan sang ibu.

Asupan zat besi cukup juga mencegah si Kecil lahir dengan berat badan rendah. Karena itulah, jangan lupa selalu konsumsi brokoli secara rutin selama kehamilan, Moms.

2. Produk Susu

Produk susu meliputi susu ibu hamil dan makanan lain yang terbuat dari bahan utama susu juga memiliki manfaat sangat besar bagi kesehatan kehamilan Moms. Menurut hasil penelitian yang dilakukan American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil yang sudah berusia 19 tahun ke atas harus mengonsumsi produk susu yang mengandung 1000 miligram kalsium setiap harinya. 

Selain susu, ada alternatif sumber makanan lainnya yaitu  minuman yoghurt dan keju bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Moms konsumsi selama masa kehamilan. Produk susu kaya akan nutrisi-nutrisi yang cukup beragam, misalnya kalsium tinggi, vitamin B, protein, magnesium, serta beberapa jenis nutrisi lainnya. Nutrisi ini sangat bagus untuk masa kehamilan.

3. Bayam

Sayuran hijau termasuk bayam mengandung zat asam folat yang dapat mencegah terjadinya cacat lahir. Makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat dan kaya rasa. Dengan begitu, Moms juga tidak perlu ragu untuk mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini. Asam folat yang terkandung di dalam bayam ini juga dapat mencegah risiko terjadinya persalinan prematur dan preeklamsia. Hal ini membuat kesehatan si Kecil dapat terjaga dengan lebih baik.

4. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang menjadi sumber serat cukup tinggi. Tingginya kandungan serat yang ada di dalam buah alpukat akan membantu ibu hamil untuk meredakan gejala sembelit yang dideritanya.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin K, vitamin C, asam folat, kalium, vitamin B6, dan asam lemak yang tergolong tinggi. Asam lemak pada alpukat dapat memberi efek positif untuk masa kehamilan. Asam lemak juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak, sistem saraf, jaringan, hingga kesehatan kulit si Kecil. Untuk para ibu hamil yang sering mengalami kram kaki, buah ini juga dapat dikonsumsi secara rutin guna meredakan gejala kram tersebut.

5. Pisang

Sudah ada banyak ibu hamil yang percaya bahwa pisang sangat bermanfaat ketika dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama.

Kandungan vitamin B6 yang ada di buah pisang ini dipercaya dapat mengurangi rasa mual yang dialami oleh ibu hamil. Selain itu, pisang juga mengandung kalium dalam jumlah yang cukup tinggi dan dapat membantu Moms dalam mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit selama kehamilan.

Baca Juga: Mom's Lyfe vs Work Lyfe Balance

6. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat membuat volume darah meningkat selama masa kehamilan. Dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, ibu hamil dapat mengurangi risiko terjadinya kelahiran prematur serta si Kecil lahir dengan berat badan yang rendah. Asupan daging tanpa lemak yang sesuai porsi bagi ibu hamil dapat membantu sel darah merah, yang terbentuk dari kombinasi zat besi dan mineral, lancar mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh ibu hamil. Yang jelas, jangan mengonsumsi daging tanpa lemak secara berlebihan. Imbangi dengan asupan makanan lainnya sesuai anjuran dokter kandungan.

Olahraga Apa yang Sebaiknya Dilakukan Selama Hamil?

Tidak semua jenis olahraga akan baik untuk dilakukan oleh ibu hamil. Ketahui jenis olahraga tertentu yang aman dilakukan selama hamil tanpa meningkatkan risiko kehamilan. Adapun manfaat olahraga saat hamil antara lain mengurangi stres, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot, serta mengurangi sakit punggung dan kembung. 

Berikut ini apa saja jenis olahraga dapat dilakukan selama masa kehamilan, yaitu:

  • Jalan santai dengan jarak yang tidak terlalu jauh.
  • Berenang di waktu yang tepat.
  • Aerobik yang khusus untuk ibu hamil.
  • Menari yang tidak terlalu rumit.
  • Yoga khusus ibu hamil.
  • Mengikuti kelas pilates.
  • Senam khusus ibu hamil.

Beberapa jenis olahraga di atas tidak terlalu membuat lelah tubuh sehingga sangat baik untuk dilakukan oleh para ibu hamil. Untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat dan bugar, Moms perlu melakukan olahraga secara rutin paling tidak selama 30 menit setiap harinya.

Kesehatan tubuh ibu hamil wajib dijaga dengan baik selama masa kehamilan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi minuman makanan sehat untuk ibu hamil serta menerapkan pola hidup yang sehat lainnya. Dengan menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, kesehatan si Kecil juga akan terjamin.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

269 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Serba-serbi Susu Hamil

Biar ga bingung-bingung lagi, yuk, simak penjelasan serba-serbi susu hamil di artikel berikut!

6 Buah Promil Ini Tingkatkan Kesuburan, Mengapa?

Buah untuk promil mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang dapat membuat organ reproduksi Moms & Dads lebih subur.

4 Daftar Kegiatan Me Time Buat Moms yang Aktif

Memanjakan diri sendiri, walau hanya sebentar, sudah cukup kok untuk “ngecas” mental Moms! Cek ide aktivitas “me time” buat Moms di sini!

Tips Healing A La Minbyo, Mana yang Moms Pilih?

Definisi self healing adalah proses pemulihan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Zaman yang serba cepat dan instan ini telah [...]

Kemenkes RI Setop Peredaran Obat Sirup, Sebut Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

BREAKING NEWS! Kemenkes RI dalam Konferensi Pers tgl. 19 Oktober 2022 pukul 11.30 melarang pemakaian obat bebas dan obat bebas terbatas [...]

Tips Aman dari Gempa untuk Anak TK

Minbyo akan jelaskan nih, beberapa safety tips saat terjadi gempa untuk anak-anak, terutama yang usianya 3-4 tahun atau usia anak TK.

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]