Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jarak Aman untuk Hamil Kembali

PARENTING  |  PREGNANCY  |  31 Oct '18


Moms yang sudah memiliki anak jangan terlalu tenang, karena bukan berarti Anda tidak akan ditanyain, "kapan mau kasih dedek lagi?". Untung saya hamilnya susah jadi saya serahkan sama yang di atas kapan dikasih lagi. Saya sama sekali tidak jaga atau KB karena memang sulit mempunyai anak, dan kemarin sudah ke obgyn dan dibilang akan susah untuk hamil lagi karena PCO saya sudah kumat. Kemarin sudah coba pake spiral tapi kena infeksi jadi dicabut.

Nah Moms telah merencanakan program anak kembali, ada hal yang perlu diperhatikan

WHO menganjurkan jarak kehamilan (birth to pregnancy interval) minimal 24 bulan dan maksimal 59-75 bulan (5-6 tahun). Jadi jika bisa dijaga jangan sampai 'kesundulan' sebelum 2 tahun dan jangan terlalu lama juga jika ingin program memiliki anak kembali karena ternyata banyak risikonya.

Apa saja resikonya?

  • Alat reproduksi Moms belum pulih sempurna, Moms bisa saja mengalami anemia defisiensi besi, ketuban pecah dini, keguguran, preeklampsia, hingga kematian.
  • Baby blues. Mengurus 2 anak dalam waktu berdekatan pastinya menguras banyak tenaga dan pikiran ya Moms. Jadi support dari lingkungan sekitar sangat penting.
  • Moms yang lahiran secara SC berisiko robek rahim spontan bila jarak kehamilan <18 bulan
  • Semakin tua Moms saat hamil meningkatkan resiko kelainan kromosom/kecacatan karena kualitas sel telur yang menurun. Usia hamil ideal antara 20-35 tahun. Bila terlalu muda organ-organ reproduksi dikhawatirkan belum sempurna. Bila terlalu tua, Moms rentan mengalami perdarahan karena kontraksi otot-otot rahim sudah tidak sebaik saat masih muda.


Jika Moms sudah melakukan program memiliki anak kembali, usahakan untuk periksa kehamilan sedini mungkin dan teratur sesuai yang disarankan oleh dokter kandungan.


Semoga bermanfaat.

By: Febby Haryono

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1873 Febby haryono

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

New Moms Wajib Waspada Gejala berikut!

Bagi para new Moms dan juga new Dads, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan ya. Yuk, simak bersama.

Pregnant with a Toddler

Hamil ketika sedang mempunyai anak berusia balita? Bagaimana cara mengatasi kedua hal ini?

Benarkah Janin Bisa Mendengar dan Belajar Bahasa?

Sejak masih di dalam kandungan, janin ternyata sudah mampu mendengar dan belajar menyerap bahasa lho Moms!

Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ternyata ketika hamil dan menyususi, kalsium pada tubuh Moms akan diambil oleh si Kecil untuk memenuhi kebutuhan bayi.