Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jangan Sepelekan Janji kepada Anak

MY STORY  |  02 Nov '17


Sangat mudah untuk menjanjikan sesuatu hal kepada anak kita. Tapi tahukah anda kalau kita tidak menepatinya, anak akan jadi kebal terhadap janji kita dan tidak menurut sama kita? Jadi pikirlah dulu sebelum janji sama anak, apakah kita benar-benar bisa menepati janji tersebut atau tidak.

Contohnya sepele, dulu waktu umur Luke 1,5th susah-susahnya makan, jadi setiap dia susah makan saya selalu bilang "ayo Luke cepet makannya, abis makan kita main", dan alhasil dia makan jadi cepet, pikirnya cepet selesai cepet main donk ya. Tetapi setelah makan bukannya diajak main malah diajak pulang. Ya saya pikir anak juga masih kecil, kita bilang gitu juga gak bakal ngeh dan itu saya ulang beberapa kali alias itu janji palsu yah! Sampai pada suatu saat, saya bilang seperti itu lagi sama Luke waktu makan, eh dianya udah gak mau nurut loh dan rewel banget makannya. Dari situ saya sadar, wahhh anak umur segini jangan dianggap remeh juga loh, emang kelihatannya anak masih kecil, tapi dia selalu mengingat kata-kata kita.

Mulai sejak itu, saya langsung berubah. Setiap apa yang saya omongkan atau saya janjikan, saya selalu berusaha untuk menepatinya. Jadi saya juga gak sembarangan bikin janji.

Suatu hari di mall saya dan suami mau shopping, Luke saya taruh di stroller dengan keadaan mengantuk. Saya bilang sama Luke, "Luke kalau ngantuk bobo aja ya di stroller, kalau ga mau bobo ya gpp setelah mama papa shopping kita main yah." Saya pikir dia bakal ketiduran di stroller karena dia diam saja, ga minta turun, dan ga megang mainan apapun (biasanya mah udah minta turun aja). Eh setelah papa bayar di kasir langsung ditagih dengan muka kegirangan 'yukkk ma pa mainnn'! Ya karena kita udah janji, ya ayuk lahhh kita main, meski main cuma 1 jam tapi dia puas loh, yang penting udah main lega. Dari situ saya berpikir bahwa sangat penting menepati janji, karena dia begitu senang dengan janji yang kita tawarkan, bahkan benar-benar rela menahan kantuk hanya demi ingin bermain.

Kalau kita mengabaikan janji pada anak ternyata juga beresiko buruk pada perkembangan psikologis anak. Anak membangun pribadinya melalui proses belajar, termasuk meniru. Dan sumber belajar yang paling dekat adalah orang tuanya, disamping lingkungan sekolah dan orang terdekatnya.

Kebiasaan orang tua yang suka mengabaikan janji, akan memberikan efek anak akan merasa tidak dihargai. Ini akan melahirkan sikap negatif kepada anak, ia tidak akan mudah lagi percaya pada orang tuanya, dan bisa saja ia juga akan belajar untuk berbohong, meskipun dalam hal-hal sepele. Sebagai orang tua kita seharusnya memberikan contoh yang baik pada anak. Karena pada dasarnya anak akan meniru apa saja yang dilakukan orang tuanya. Ibarat kata pepatah janji adalah hutang, maka hutang haruslah dibayarkan. Maka tidak ada alasan untuk tidak menepati janji meskipun hanya pada anak kecil sekalipun.

Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang lebih bijak dan tegas pada anak. Ketika kita menepati janji kepada anak, kita membantu si kecil mengembangkan pemahaman tentang kepercayaan dan bisa menghormati orang lain. As parents bisa diproyeksikan bahwa kita ini adalah sosok yang jujur dan bisa dipercaya, itu membantu menciptakan rasa aman bagi anak-anak kita. Jika kita tidak sanggup memenuhinya, akan lebih baik jika kita berterus terang, memberikan penjelasan yang masuk akal. Jika kita berjanji, berjanjilah sesuai dengan kemampuan, baik dari sisi biaya, waktu dan kondisi yang ada.

By: Novita Scorpiony Mahendra 

 

 

 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

780 Novita Scorpiony Mahendra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil

Persiapan Libur Panjang, Yuk Intip Aktivitas Seru untuk si Kecil. Meski

Rekomendasi ASI Booster versi Babyo

Agar Moms bisa menimbang kebutuhan ASI booster yang sesuai, berikut adalah rekomendasi ASI booster untuk ibu menyusui versi Babyo. Bagaimana [...]

Mom, Keluargaku Menentang Kehamilanku

SELASA CURHAT: Keluarga sama sekali ga membantu aku. Malah bilang, "Rasain tuh suruh siapa hamil". Padahal aku dan suamipun ga merencanakan. [...]

Mom, Apa Semua Harus Jadi Salahku?

SELASA CURHAT: Akhir-akhir ini aku ngerasa hambar dengan pernikahan ini. Aku harus gimana ya moms?

Mom, Apakah Ngidamku Ini Salah?

SELASA CURHAT: Aku ingin curhat seputar ngidam pada kehamilan, ada yang bilang ngidam itu wajar dan ada juga yang bilang itu cuma [...]

Kesempatan Kedua Setelah Kehilangan

APA KATA MOMS? Bagaimana sih menurut Moms tentang kesempatan kedua setelah kehilangan (keguguran)?

Mom, Aku Tidak Didukung Menyapih

SELASA CURHAT: Aku merasa tidak mendapat support darimana-mana. Di rumah sendiri aku kewalahan, di rumah orangtua aku dikomentarin.

Mau Me Time, Tapi Kepikiran Anak

APA KATA MOMS? Bagaimana sih cara Moms menjalani me time tanpa rasa bersalah dan jadi kepikiran soal anak?

Moms, Apakah Hubunganku dengan Suami Sehat?

SELASA CURHAT: Aku seringkali berdebat sama suami soal banyak hal termasuk cara mendidik anak. Apa memang semua rumah tangga awalnya begini ya [...]

Salah Banget Ya, Gunakan MPASI Instan?

APA KATA MOMS? Tentunya Moms punya pertimbangan sendiri memilih MPASI Instan, yang notabene juga bisa memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Moms, Anakku Susah Diatur

SELASA CURHAT: Anakku belakangan ini dia mudah sekali ngambek kalo kehendaknya gak di turutin, mulai agak jail sama teman-temannya, dan kalo aku [...]

Komentar Nyebelin untuk Ibu Hamil

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi orang yang suka berkomentar 'nyebelin' untuk ibu hamil?

Anti Panik Menjaga Kesehatan Gigi Anak 0-3 Tahun

Hallo parents, pernah tidak merasa kesulitan menjaga kesehatan gigi anak?

Membuat Anak Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita?

Moms, Aturan Anakku Dilanggar Kakek Neneknya

SELASA CURHAT: Aku selama dirumah jarang banget kasih anakku jajanan MSG atau cokelat yang ga bagus untuk giginya. Eh giliran di rumah kakek [...]

Serba Salah Menjadi Orang Tua

APA KATA MOMS? Bagaimana Moms menghadapi kondisi serba salah menjadi orang tua?

Mom, Pandemi Ini Membuatku Goyah

SELASA CURHAT: Ekonomi yang lagi surut karna pekerjaan suami terkena dampak, ditambah kondisi anak yang memerlukan perhatian penuh.

Asisten Rumah Tangga, Perlu atau Tidak?

APA KATA MOMS? Sayangnya, kadang anak malah jadi lebih dekat pada asisten rumah tangga atau pengasuhnya daripada bersama dengan Moms. Bagaimana [...]

Mom, Aku Lelah!

Setiap Selasa, Babyo ingin memberikan kesempatan Moms untuk curhat seputar kehamilan dan parenting. Akan ada curhat Moms yang akan Babyo post [...]

Suka Duka Bersama Mertua

APA KATA MOMS? Berhubung harus di rumah aja, minggu ini Babyo ingin mendengar pendapat Moms tentang tinggal bersama dengan mertua, nih.