Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jangan Salah Memilih Kantung ASI

BABY  |  BRANDS  |  FEEDING  |  02 Jun '20


Memompa ASI adalah sebuah pekerjaan yang tidak gampang. Jadi, jangan sia-siakan ASI Moms. Rutin memompa ASI baik untuk merangsang produksi ASI sehingga kebutuhan ASI eksklusif terpenuhi. Meski begitu, tidak semua hasil memompa ASI bisa langsung habis diminum si Kecil. Ada kalanya, Moms perlu menyimpan ASIP untuk diminumnya saat Moms tidak sempat menyusui si Kecil atau sekadar mengosongkan payudara Moms agar tidak terjadi penyumbatan saluran susu serta agar produksi ASI semakin lancar.

Dilihat dari segi kepraktisan dan biaya, kantung ASI adalah media penyimpanan ASIP yang paling ekonomis. Moms mungkin berpikir bahwa botol susu sudah cukup untuk menyimpan ASIP Moms. Memang benar, Moms bisa juga menyimpan ASIP di botol susu. Akan tetapi, ada banyak kekurangan menyimpan ASIP di media tersebut.

Botol susu membutuhkan ruang lebih banyak ketika disimpan di freezer. Ini berbeda dengan kantung ASIP yang lebih fleksibel dan dapat dikompres. Botol susu juga lebih mahal. Terakhir, susu yang disimpan di dalam botol di freezer mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dipanaskan kembali.

Untuk mencegah ASIP cepat kedaluwarsa, penting untuk menyimpan ASI yang dipompa dengan benar. Karena itulah, Moms memerlukan kantung ASI. Seperti kebanyakan produk bayi, ada banyak pilihan kantung ASI yang beredar di pasaran. Nah, Moms, apa saja yang harus Moms perhatikan ketika memilih kantung ASI?

 

Ciri-ciri Kantung ASI Terbaik

1. Sudah lulus berbagai uji standar

Pastikan media penyimpanan ASI sudah lulus berbagai uji standar kesehatan seperti lolos tes SGS, tes Sucofindo, dan memiliki sertifikasi Gamma Ray Pre-sterilized. Produk yang lolos tes SGS sudah pasti memiliki kualitas tinggi, aman, dan berintegritas. Kemudian, analisis Sucofindo memastikan bahwa produk yang dites ramah lingkungan dan sesuai dengan deskripsi kegunaan. Terakhir, produk yang telah melalui sterilisasi sinar Gamma telah benar-benar steril. Keunggulan sterilisasi dengan sinar Gamma adalah tidak meninggalkan residu pada produk serta tidak mengubah struktur dari produk tersebut.

2. Sudah memiliki izin edar dan layak pakai

Produk apa pun yang diperjualbelikan haruslah memiliki izin edar dari badan yang bersangkutan. Dalam hal kantung ASI di Indonesia, produk tersebut harus layak pakai dibuktikan dengan sudah terdaftarnya produk itu di Departemen Kesehatan RI.

3. Kantung bening sehingga Moms bisa mengecek kondisi ASIP

Bagus tidaknya kualitas ASI yang diperah salah satunya bisa dilihat dari bentuk fisik ASI tersebut. Kantung ASI bening memudahkan Moms untuk mengecek kondisi cairan di dalamnya tanpa Moms harus membuka segelnya.

4. Bisa direct pumping ke kantung ASI

Fitur direct pumping sangat membantu Moms yang sering memompa ASI. Konsep direct pumping yang ada dalam kantung ASI pilihan haruslah rapat tanpa celah. Ini memungkinkan Moms untuk memompa langsung ke kantung tanpa harus melalui botol terlebih dahulu. Karena tidak perlu bolak-balik pindah dari botol setelah pumping, hasil pompa pastinya lebih steril.

5. Berteknologi canggih sesuai kemajuan zaman

Saat ini, telah ada fitur canggih terbaru kantong ASI yaitu QR Code dan indikator suhu. QR Code di kantung ASI berhubungan langsung dengan aplikasi manajemen ASIP. Dengan aplikasi tersebut, Moms dapat mengakses HistoryReport Details, dan Pumping Reminders sehingga Moms selalu dapat menjaga kualitas ASIP tersebut. Sementara itu, indikator suhu dalam kantong ASI membantu Moms menentukan kapan ASI telah siap diberikan kepada si Kecil setelah dipanaskan dari freezer.

6. Menyediakan tempat menulis informasi ASIP

Informasi mengenai kapan ASI diperah sangat penting untuk menentukan saat kedaluwarsa persediaan susu tersebut. Kantung ASI yang baik haruslah menyediakan label yang dapat ditulisi tanggal pemerahan ASI bahkan hanya dengan menggunakan bolpoin biasa, tidak perlu menggunakan spidol.

7. Self-standing bag

Kantung ASI yang dapat berdiri sendiri memiliki nilai plus karena lebih mudah ditata di dalam freezer. Fitur ini juga mencegah kantung tersebut mudah jatuh.

8. Mempunyai fitur double zipper lock dan leak-proof

Fitur antibocor dalam sebuah kantung ASI tentu sangat krusial. Kantung ASI berkualitas tinggi sudah dilengkapi dengan teknologi double zipper lock agar isinya tidak mudah tumpah.

9. BPA-Free

Produk yang berhubungan dengan makanan dan bayi haruslah terbuat dari material yang tidak membahayakan kesehatannya. Kantung ASI terbaik sudah memiliki jaminan bebas bahan aktif berbahaya Bisphenol-A alias BPA-Free.

10. Sesuai dengan kebutuhan minum si Kecil

Karena kantung ASI tidak bisa digunakan kembali, volume susu yang disimpan di dalamnya sebaiknya sesuai dengan kebutuhan sekali minum si Kecil. Ini juga karena membuka tutup kantung ASI bisa memperbesar risiko kontaminasi bakteri. Moms perlu membeli kantung ASI dengan ukuran yang tepat, seperti misalnya 50ml untuk newborn. Ketika si Kecil sudah minum lebih banyak dalam sekali waktu, belilah kantung ASI dengan kapasitas lebih besar, misalnya 200ml.

Nah, Moms, itu tadi 10 kriteria kantung ASI yang baik yang perlu Moms tahu sebelum membeli dan menggunakan tempat menyimpan ASI tersebut. Jangan salah pilih, ya, Moms!

Referensi: Jurnal Teknik Biomedis IndonesiaMom Loves BestMy BestSucofindoThe Bump

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

244 gabag Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Relaktasi Apa dan Gimana ?

Apa itu relaktasi dan bagaimana caranya? Yuk simak berikut ini.

Seberapa Pentingkah Mesin Dryer dan Sterilizer?

Mencuci barang-barang yang digunakan si Kecil tetap higienis adalah prioritas yang penting, apalagi benda-benda seperti botol susu dan alat [...]

7 Tips Memilih Sterilizer yang Tepat

Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sterilizer untuk si Kecil? Yuk, simak berikut ini.

Benarkah Kolik Disebabkan oleh Alergi Susu Sapi?

Tahukah Moms, ada banyak penyebab kolik pada bayi. Benarkah alergi susu adalah salah satunya?

Dr. Brown's presents: Dr. Brown’s Options+ PESU Wide Neck Bottle!

Pemilihan botol susu yang tepat akan menciptakan pengalaman minum susu terbaik untuk si Kecil.

What's New on Dr. Brown's Options+ Narrow Neck Bottle?

Options+ hadir dengan fitur yang meningkatkan kenyamanan si Kecil ketika menyusu.

Manfaat Botol Susu Dr. Brown's untuk Bayi

Karena beberapa hal, ibu biasanya tidak bisa menyusui bayinya secara langsung.

Cara Mencegah Si Kecil Muntah ketika Minum Susu!

Tahukah Moms kalau gumoh pada bayi dapat dicegah? Yuk, simak beberapa tips mencegah gumoh di artikel ini!