Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jangan Hiraukan Jika Anak Keluhkan Rasa Pegal

HEALTH TIPS  |  16 May '18

Pada usia SD saya di bawa ke dokter tulang oleh mama saya untuk di cek. Alasannya karena saya sering mengeluhkan rasa pegal dan ngilu pada area pinggang saya. Dan to out surprise setelah saya dirujuk untuk ronsen, terlihat adanya kelainan pada tulang belakang saya, yaitu skoliosis.

Skoliosis sendiri adalah kondisi tulang belakang yang bengkok ke kanan atau kiri. Hal ini bisa disebabkan oleh karena genetik atau sesederhana bawaan tas sekolah yang terlalu berat dan kecendrungan duduk miring saat belajar di sekolah atau rumah.

Penanganan pada kondisi tulang belakang seperti ini biasanya adalah operasi, namun operasi tulang belakang sangatlah beresiko dan rumit. Sehingga biasanya pada anak, dianjurkan untuk memakai baju plastik yang dicetak khusus agar menopang tulang belakang untuk tidak semakin bengkok. Baju ini harus dipakai anak hingga kurleb usianya 20 tahun.

Pembuatan baju plastik ini bisa moms lakukan di RS Fatmawati, sedangkan ronsen nya bisa di hampir semua RS, waktu itu saya lakukan di RS Saint Carolus. Baju plastik ini sendiri sangat jauh dari kata nyaman ya, karena berat dan panas ketika digunakan, dan ini harus digunakan setiap hari kecuali saat mandi. Saat tubuh anak semakin besar, maka baju plastik tersebut harus di buat ulang mengikuti postur tubuh baru. Saya sendiri hanya bertahan menggunakannya selama 1-2 tahun karena ketidaknyamanan.

Disini saya mau mengajak setiap orang tua untuk jangan menganggap remeh tas sekolah anak yang berat, postur tubuh anak yang salah ketika duduk dan keluhan pegal yang seringkali diremehkam kita. Saya bersyukur mama saya cukup peka akan keluhan saya dan menganggapnya serius sehingga hal ini dapat diketahui segera dan saya mulai bisa memperbaiki cara saya duduk, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

By: Marlisa Tenggara

BACA JUGA: Tambah Kecerdasan Anak Dengan Senam Otak

60 Marlisa tenggara Send Message to Writer

Related Stories