Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jangan Berlebihan Pakai Minyak Telon!

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  23 Apr '19

Siapa di sini ibu-ibu yang selalu membalurkan telon ke tubuh anaknya sehabis mandi? Sama, saya juga kok. Rasanya kurang afdol ya kalau tidak mencium bau minyak tersebut di badan bayi.

Tapi ternyata pemakaian minyak telon bisa menimbulkan alergi lho Moms. Saya sendiri baru tahu ketika melihat tangan, leher belakang dan punggung Sofia kemerahan. Awalnya saya bingung, ini anak kenapa lagi kulitnya.

Kalau biang keringat rasanya enggak mungkin soalnya suhu di rumah sudah sejuk berkat AC. Pengaruh sabun juga bukan karena bahan-bahan toiletries-nya Sofia memang bebas SLS (sodium lauryl sulfate) yakni Zwitsal Baby Bath 2 in 1.

Setelah saya ingat-ingat lagi, beberapa hari sebelum kulitnya kemerahan, Sofia sempat dimandikan oleh ayahnya. Dan saat itu saya lihat si ayah nuangin minyak telon ke tubuh Sofia banyak banget.

Padahal biasanya, saya kalau memakaikan minyak telon ditetesin ke tangan terlebih dahulu, digosok-gosok terus baru dibalurin ke perut dan punggung bayi. Mungkin saat itu kulit Sofia kaget dan kepanasan, makanya langsung kemerahan.

Saat itu, saya langsung menghentikan penggunaan minyak telon untuk sementara waktu. Kalau Sofia kedinginan, tinggal dipakaikan baju hangat dan kaus kaki saja. Soalnya, ada beberapa telon yang kandungan minyak kayu putihnya terlalu banyak. Jadi sebelum membalurkan ke tubuh anak, usahakan cek dulu label kemasan dan khasiat untuk mengetahui cocok tidaknya dengan kulit bayi.

Kalau kulit bayi terlalu sensitif, jangan pakaikan minyak telon ketika usianya masih di bawah tiga bulan. Kalau khawatir si Kecil kedinginan, bisa dipakaikan bedong.

Itu dia upaya saya menangani alergi minyak telon yang dialami Sofia. Bagaimana dengan cara Moms? Share ceritamu juga ya.

Semoga bermanfaat.

By: Regina Nabila Fiardini

Copyright by Babyologist

992 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories