Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jaga Kesehatan Kulit Bayi ala Mami Kartika

HEALTH TIPS  |  15 Mar '19

Halo Moms, saat awal kelahiran Abell, saya sempat bingung melihat kulit Abell yang mengelupas. Tapi saya pikir hal ini wajar saja terjadi karena bayi yang baru lahir kan kulitnya memang sensitif dan mungkin baru saja beradaptasi dengan lingkungan luar.

Salah satu penyebab kulit si Kecil terkelupas adalah hilangnya vernix. Vernix adalah sebuah lapisan tebal yang melindungi kulit bayi dari cairan ketuban selama masih berada di dalam perut Moms. Setelah wi kecil lahir, dokter akan membersihkan cairan tersebut dan saat itulah lapisan vernix mulai hilang, hingga lapisan kulit terluar bayi mulai kering dan mengelupas. Walaupun mengelupasnya kulit ini adalah hal yang normal terjadi, namun saya tetap memberikan treatment untuk kulit si Kecil.

Hal yang saya lakukan adalah:

  1. Batasi Waktu Mandi
    Mandi yang terlalu lama akan membuat kulit si Kecil menjadi kering karena kehilangan minyak alami di tubuhnya.

  2. Pilih skincare yang aman untuk bayi
    Saya memilih skincare yang bebas dari parfum dan juga SLS. Oh iya, seputar SLS Moms bisa membaca lebih lanjut di sini ya: "Mandi dengan Sedikit Busa, Apakah Bersih?"

  3. Gunakan lotion
    Sehabis mandi saya selalu memakaikan lotion ke seluruh tubuh si Kecil untuk menjaga kelembapannya.

  4. Gunakan detergen khusus untuk bayi
    Salah memilih detergen juga bisa memengaruhi kesehatan kulit si Kecil loh Moms. Oleh sebab itu Moms perlu memilih detergen khusus untuk pakaian bayi.

  5. Hindari udara dingin
    Udara dingin dapat membuat kulit si Kecil menjadi kering, Moms bisa menggunakan baju berlengan panjang, sweter ataupun kaos kaki untuk menjaga si Kecil tetap hangat.

  6. Selalu terhidrasi
    Seperti yang sudah kita ketahui, mencukupi cairan dalam tubuh itu sangat penting bagi kesehatan salah satunya untuk kesehatan kulit kita. Begitu pula dengan si Kecil, agar kulitnya selalu terhidrasi dengan baik Moms perlu mencukupi cairannya dengan memberikan ASI.

Semoga bermanfaat.

By: Kartika Wulan Sari

Copyright by Babyologist

149 Kartika Wulan Sari

Comments

Related Stories