Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Jaga Anak Kita dari Kecanduan Gadget

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  TODDLER  |  15 Jan '20


Sekarang ini zaman semakin berkembang membuat anak juga semakin kreatif dan inovatif. Perilakunya, sedikit banyak dipengaruhi oleh apapun yang ada di sekitarnya. Media adalah salah satunya yang sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku anak. Saat ini jenis media sudah beragam dan konten yang dihadirkan juga sangat melimpah, ada yang positif tapi tidak sedikit juga yang negatif. Semua konten dapat di akses dengan satu klik saja, asal ada akses internet, informasi apapun sangat mudah didapatkan. Bukan hanya melalui media internet, media televisi juga banyak menyuguhkan beragam cerita, baik itu yang layak atau yang tidak layak ditonton oleh anak-anak kita.


Memantau anak harus dilakukan secara konsisten, belajar dari pengalaman ibu-ibu yang saya kenal, demi anak diam di tempat, tidak pecicilan kesana kemari, kebanyakan orangtua membiarkan anak untuk menggunakan aplikasi pada gadget mereka, baik itu games maupun video dari sumber terkenal, youtube. Sebenarnya tidak ada salahnya ketika anak menggunakan aplikasi tersebut, hanya saja, perlu dilihat kembali oleh para orang tua, yang pertama, apakah games atau video yang dimainkan anak bermanfaat untuk mereka, apakah memiliki unsur edukasi bagi anak, apakah akan membentuk pribadi anak menjadi lebih baik atau tidak. Yang kedua, masalah penggunaan gadget itu sendiri, penggunaan gadget yang tidak dibatasi oleh waktu akan membuat anak kecanduan terlebih jika anak sudah mengenal games. Mereka jadi tidak dapat memilah apa yang prioritas untuk dilakukan, karena dalam pikiran mereka hanya satu yang terpenting, yaitu games. Anak juga jadi tidak fokus melakukan apapun selain games, saat belajar kepikiran games yang belum tuntas mereka mainkan, saat makan ingin sambil bermain games, saat ada pilihan main di luar, mereka lebih memilih untuk bermain games di gadget. Anak jadi kurang bersosialisasi dengan teman-temannya dan rentan mengalami obesitas karena malas bergerak.

Sebetulnya ibu tidak boleh memberikan gadget pada anak dibawah usia 2 tahun, karena khawatir akan mempengaruhi kemampuan berbicara pada anak, dengan menggunakan gadget anak akan sedikit berkomunikasi, lebih memilih diam dan fokus pada gadget mereka sehingga anak jadi kurang berlatih berbicara dengan orangtua mereka. Begitu juga dengan media televisi yang santer dengan banyak tayangan yang kurang mendidik, terlebih iklan yang menampilkan semenit dua menit adegan yang tidak layak tonton bagi anak. Sinetron yang berbau percintaan anak di bawah umur, bullying dan lain sebagainya. News pun juga harus diperhatikan karena berita yang ditampilkan kebanyakan bersifat kriminalitas yang sedikit banyak dapat mempengaruhi sudut pandang anak. Masalah media ini harus diperhatikan secara detil oleh para ibu, jangan sampai kita kecolongan akan dampak negatif yang dapat mempengaruhi anak-anak kita. Memantau anak juga berlaku pada semua kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak kita dan dengan siapa anak-anak kita bergaul. Kegiatan yang dijalani oleh anak-anak kita sudah seharusnya terlebih dahulu di ACC oleh otangtuanya, baik itu kegiatan formal ataupun non formal. Setidaknya ibu harus tahu apa saja yang menjadi agenda anak-anak, kesibukan apa yang mereka hadapi setiap harinya.

Dengan siapa mereka bergaul juga perlu diketahui oleh para orangtua, terlebih ibu. Bagaimana sifat teman-teman mereka, siapa orangtua dan dimana tinggalnya juga sedikit banyak harus diketahui juga oleh ibu. Sebetulnya bukan bermaksud terlalu protektif pada anak, hanya saja sudah menjadi kewajiban orangtua untuk menghadirkan orang yang tepat bagi anak-anak kita. Perilaku anak-anak kita sangat dipengaruhi dengan siapa mereka bergaul.

Keberhasilan anak diluar, tidak jauh dari peran orangtua dalam keluarga. Apa yang ditanamkan sejak kecil, insya Allah melekat pada anak meskipun mereka dalam lingkungan yang mungkin dalam tanda kutip kurang mendukung. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

367 Rahayu Pratiwi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak di Masa Pandemi : Food or Drink?

Moms, yuk coba ide bermain dengan si Kecil berikut ini.

Bermain Buah Potong Dapat Melatih Motorik Halus Anak

Aktivitas yang satu ini bisa dicoba untuk melatih kemampuan motorik si Kecil loh Moms!

Ide Bermain Anak - Alphabet Sorting Game

Yuk Moms kita coba permainan untuk si Kecil yang satu ini!

Metode Belajar Anak Dengan Menggunakan Flash Card

Bagaimanakah media belajar dengan menggunakan flash card, dari usia berapakah anak diperkenalkan dengan metode flash card? Flash card adalah [...]

Ide Bermain untuk si Kecil: Doughnut Ring Toss

Masih setia dengan permainan yang terbuat dari kardus, kali ini saya membuat permainan ring toss.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan ketika si Kecil Belajar Merangkak

Merangkak merupakan salah satu fase perkembangan yang dilalui oleh si Kecil.

Manfaat Membacakan Buku pada Anak

Dari dulu saya suka membaca dan saya ingin menularkan kecintaan saya pada buku pada Ai

Ide Bermain untuk si Kecil: Clip More Hair

Yuk manfaat roll tisu bekas Moms untuk mainan si Kecil

Manfaat Bermain Pasir Kinetic Bersama si Kecil

Ternyata bermain pasir kinetic itu banyak manfaatnya loh Moms

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengajak Anak Berenang

Renang merupakan aktivitas olahraga yang sarat akan manfaat.

Review Trump Card Kodomo Challenge dari Shimajiro Club

Zaman sekarang memang smartphone menjadi hal yang tak terpisahkan dari aktivitas manusia ya Moms.

Ide Bermain: Meraih Bola

Moms, apakah anak Moms sedang senang dan aktif bergerak mengeksplor lingkungannya?

Ini Dia Manfaat Rutin Memeluk si Kecil yang Wajib Diketahui

Kadang di tengah hiruk pikuk kesibukan dan aktivitas setiap hari, Moms mungkin lupa untuk mendekap dan memeluk si Kecil.

Refreshing Plus Belajar dengan Anak di Pantai

Sebenarnya saya orangnya agak parnoan kalau harus ke daerah pantai apalagi jika harus membawa anak-anak.

Ide Bermain Anak - Human Body Puzzle

Salah satu cara mengenalkan anggota tubuh pada anak adalah dengan membuatkan mainan edukatif

Ide Bermain untuk si Kecil: Tie Dye Art

Pernah melihat baju-baju dengan motif warna-warni tak beraturan tapi sangat indah terlihat?

Manfaat Bermain di Playground untuk si Kecil

Bermain di playground pasti menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil ya moms.

Ide Bermain Anak - Laundry Time

Pernah gak moms si kecil ikut membantu waktu kita menjemur pakaian? Permainan ini boleh dicoba nih Moms!

DIY Playdough untuk Main si Kecil

Ingin menghemat budget mainan si Kecil? Yuk buatkan playdough di rumah Moms

Tips Mengakrabkan Anak dengan Buku

Sebagai seorang pecinta buku dan hobi membaca, saya ingin Defan, anak saya juga memiliki hobi membaca kelak