Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Interaksi Antibiotik dan Pil KB: Bagaimana Cara Kerjanya?

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  22 Jul '18

Antibiotik dan pengendalian kelahiran: apakah satu obat mempengaruhi hasil kerja yang lain? Apakah antibiotik mengurangi efek kontrasepsi? Pertanyaan ini membingungkan banyak wanita. Data terakhir cenderung memberikan jawaban positif. Ditemukan bahwa beberapa antibiotik mengurangi keefektifan pil KB. Beberapa wanita hamil yang sakit, menggunakan antibiotik pada saat bersamaan dengan mengonsumsi pil KB karena mereka tidak mengerti bahwa ini bisa mengubah efek kontrasepsi.

Interaksi Antibiotik dan Pengendalian Kelahiran

Karena kontrasepsi hormonal biasanya dilakukan untuk waktu yang lama, mungkin pada suatu saat Anda harus menggunakannya bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Misalnya dengan antibiotik, obat menenangkan, dan beberapa jenis obat lainnya sesuai dengan resep dokter.

Obat Apa yang Bisa Mengurangi Efektivitas Kontrasepsi Hormonal?

  1. Antibiotik
    Jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal dan membutuhkan antibiotik untuk melindungi diri, salah satu pilihan terbaik adalah alat kontrasepsi “kondom”.

  2. Beberapa ramuan obat
    Saat ini ada beragam tanaman wort John St (Hypericum)di pasaran. Mereka digunakan sebagai hipnotis ringan dan obat penenang. Selain itu, obat tersebut juga dapat mengurangi efektivitas pil KB.

  3. Sorbent
    Sorbent mampu mengurangi penyerapan hormon di saluran cerna, sehingga efisiensi kontrasepsi bisa menurun.

  4. Alkohol
    Meski bukan obat, alkohol bisa mengurangi efektivitas kontrasepsi hormonal. Setiap wanita memiliki reaksi individual terhadap alkohol. Secara khusus, bisa menyebabkan diare atau muntah. Jika ini terjadi dalam dua jam setelah minum pil, Anda harus minum yang lain.

Mengapa Antibiotik Mempengaruhi Pekerjaan Pil KB?

Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi yang paling efektif. Ketika pertama kali muncul di tahun 1960an, mereka mengubah kehidupan wanita yang mendapat kesempatan untuk melakukan hubungan seks tanpa menghadapi risiko kehamilan yang tinggi.

Antibiotik mengubah flora usus dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme hormon. Bahan pil KB yang paling aktif dapat keluar dari tubuh saat buang air besar, dan kehamilan bisa terjadi. Antibiotik bisa mengubah flora usus dan mengurangi daya cerna hormon. Banyak dari mereka adalah induser enzim yang menyebabkan peningkatan jumlah. Semakin banyak enzim yang merusak efek kontrasepsi, semakin cepat aktivitasnya dalam darah menurun.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Contoh antibiotik yang dapat mempengaruhi pil KB adalah Amoxicillin, Ampicillin, Eritromycin, dan Tetracycline. Antibiotik lain yang juga merupakan penginduksi enzim, seperti Rifampicin dan Rifabutin, kuat dan membuat pengendalian kelahiran menjadi tidak efektif. Jenis obat ini bisa meningkatkan jumlah enzim dalam tubuh. Mereka dikenal sebagai enzim-merangsang dan dapat mempengaruhi kontrasepsi hormonal. Enzim dalam tubuh tidak kembali normal dalam beberapa minggu setelah minum obat jenis itu. Jadi, dokter menyarankan penggunaan metode kontrasepsi secara simultan.

Jika Anda menggunakan antibiotik dan kontrol kelahiran atau KB secara bersama, sebaiknya amankan kondom atau metode kontrasepsi lainnya (supositoria, kontak seksual terputus, salep spermisida, dll.). Pastikan untuk memperhatikan bagian dari petunjuk pengobatan Anda tentang interaksi dengan zat obat lainnya.

Apa Lagi Obat yang Bisa Mengurangi Efektivitas Pil KB?

  1. Antikonvulsan, seperti Phenytoin dan Carbamazepine.
  2. Obat HIV, seperti Norvir.
  3. Mengkonsumsi obat dengan Ulipristal Acetate.
  4. Mengambil obat-obatan herbal, misalnya, mengobati obat depresi.

Terlepas dari bukti bahwa antibiotik mengurangi efektivitas pil KB, mungkin ada faktor lain yang menyebabkan kegagalan pengendalian kelahiran. Misalnya, Anda mungkin tidak membawa pil KB tepat waktu atau melewatkan pil jika Anda sakit.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Program Hamil

70 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories