Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Inilah Alasanku Pilih KB Laktasi daripada KB Kombinasi

FEEDING  |  MY STORY  |  20 Nov '19


Dengan jarak usia anak pertama dan kedua kurang dari 2 tahun, saya dan suami memutuskan untuk menggunakan kontrasepsi. Dan saya lebih berani menggunakan kontrasepsi dengan pil daripada dengan spiral, suntik, atau implan. Namun saya sempat ragu karena saat ini saya sedang dalam masa menyusui anak kedua saya.

Beberapa orang bahkan orang tua saya mengatakan bahwa terdapat beberapa efek samping untuk ibu menyusui yang ditimbulkan oleh pil KB ini. Kemudian kami berkonsultasi dengan ahli kandungan untuk memilih kontrasepsi yang tepat.

Menyusui sebenarnya bisa menjadi KB alami, tetapi tidak bisa memprediksikan kapan dan bagaimana kondisi kesuburan kita. Itu sebabnya saya memutuskan untuk menggunakan pil KB. Yang dikatakan dokter saya, sebenarnya penggunaan alat atau pil kontrasepsi dinilai aman untuk ibu menyusui. Namun tidak semua pil KB aman untuk kita yang menyusui lho Moms, dari sekian banyak merk dan berbagai jenis pil KB yang ada di pasaran.

Ternyata ada jenis pil KB kombinasi ini yang tidak dianjurkan untuk ibu menyusui, Mengapa?

Pil KB kombinasi merupakan pil kontrasepsi yang sangat efektif untuk menghambat kehamilan. 
Ketika kita menyusui, yang berperan aktif yaitu hormon prolaktin yang berfungsi untuk merangsang keluarnya ASI di dalam tubuh. Namun setelah saya tau kandungan dari pil KB kombinasi ini terdapat hormon estrogen, yang justru menjadi penghambat kerja hormon prolaktin ini, saya ragu dan mulai mencari tau. Dan ternyata hal ini karena hormon estrogen dapat menurunkan volume air susu, namun tidak memiliki efek samping yang dapat membahayakan bayi. Walaupun tidak membahayakan bagi si bayi, pil KB jenis kombinasi ini tidak dianjurkan digunakan untuk kita yang sedang menyusui, dan disarankan menggunakan Pil KB yang tidak mengandung hormon estrogen yaitu pil KB laktasi. Itulah perbedaan yang sangat menonjol dari penggunaan pil kombinasi dan pil laktasi ini.

Saya memilih pil KB laktasi ini karena aman untuk saya yang sedang menyusui anak kedua, meskipun begitu saya juga harus waspada agar rutin meminumnya sesuai dengan jadwal, karena saya agak pelupa. Untuk solusinya saya menggunakan alarm pada ponsel atau bekerja sama dengan suami agar mengingatkan saya. Dan selama 3 bulan ini saya mengonsumsi pil laktasi dan aman-aman saja tanpa ada keluhan apa pun, termasuk tentang produksi ASI saya. Walaupun ASI saya tidak terlalu melimpah sekali, namun cukup untuk menyusui anak kedua saya dan juga dipompa untuk disimpan.
Untuk harga pil KB laktasi ini juga cukup ramah di kantong, yaitu tidak sampai Rp 15 ribu untuk durasi selama 28 hari terdiri dari 28 tablet yang kandungannya yaitu Lynestrenol 0.5 mg atau biasa kita tau dengan sebutan hormon progestin.

Adapun efek samping yang saya rasakan setelah menggunakan KB laktasi ini dan cara saya mengatasinya:

- Ngeflek2 atau spotting sewaktu haid, tidak teratur dan terkadang hanya bercak-bercak darah yang tidak banyak namun dalam waktu yang lama, itu memang wajar terjadi kata dokter saya sewaktu saya berkonsultasi.
- Agak mual dan sakit kepala, saya sering mengalami hal ini, dan memang jika tubuh kita tidak dalam kondisi yang bagus, hal ini memang sering terjadi. Ambillah waktu istirahat sejenak jika mulai pusing dan mual2 ya Moms.
- Payudara agak nyeri, biasanya jika masih dalam waktu akan haid, payudara akan nyeri sekali. Saya biasanya akan kompres dengan air hangat saja.
- Mood swing, terkadang emosi juga naik turun, dan jika hal ini terjadi, segeralah istirahat ya Moms, dan minum minuman hangat akan sangat membantu menguranginya dan membuat lebih rileks.
- Peningkatan nafsu makan, saya tipe orang yang jika makan porsinya sedikit tapi sering, namun seiring saya menggunakan pil KB, nafsu makan saya meningkat dan terasa enak makan, bagi saya yang berat badan kurang ini cukup membantu untuk membuat badan lebih berisi. Awalnya saya hanya 40 kg dan sekarang meningkat 45 kg.

Nah jadi buat saya memilih KB Laktasi ini aman sekali Moms, buat busui seperti saya, karena benar-benar tidak mempengaruhi produksi maupun kualitas ASI saya, ASI tetap lancar dan tidak ada keluhan apa pun dari si Kecil, seperti yang ditakutkan banyak ibu-ibu lainnya.

Namun, apabila Moms memutuskan untuk memilih ber-KB, apakah itu KB pil atau suntik implan dll, sebaiknya diskusikan dahulu dengan pasangan kita, kemudian cari tau juga sebanyak banyaknya info tentang KB tersebut. Jika ragu sebaiknya berkonsultasi dengan orang yang ahli di bidangnya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

227 Arlina Yunita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]