Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini Kandungan Susu Pertumbuhan Anak Morinaga Platinum Untuk Mencegah Stunting

BRANDS  |  MY STORY  |  REVIEWS  |  17 Sep '21


Meski pertumbuhan setiap anak unik dan tidak bisa selalu dibanding-bandingkan, tentu Moms ingin agar si Kecil merasakan tumbuh kembang optimal. Salah satu milestone yang harus Moms perhatikan selama awal-awal kehidupan si Kecil adalah tinggi badannya. Jangan sampai si Kecil mengalami stunting, sebuah masalah kesehatan serius dengan ciri tubuh lebih pendek dari anak-anak lain seusianya.

Masalah stunting cukup menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia. Hal ini terjadi karena tubuh dan otak anak tidak berkembang secara optimal. Pertumbuhan tinggi badannya pun terhambat dan kemampuan berpikirnya juga cenderung lebih lemah dari anak-anak lainnya. Seorang anak yang mengalami stunting baru terlihat tanda-tandanya ketika usianya sekitar 2 tahun. Padahal, kondisi ini bisa dicegah sejak dalam kandungan dan ketika umurnya masih di bawah 2 tahun. Perlu diketahui, stunting berbeda dengan kondisi perawakan pendek (short stature) yang tidak memengaruhi kemampuan otak seorang anak.

Memang, salah satu faktor penyebab stunting adalah masalah genetik. Akan tetapi, ada faktor-faktor eksternal lainnya yang bisa Moms cegah; salah satunya, kekurangan nutrisi dalam asupan makanan si Kecil. Agar gizi harian si Kecil tercukupi, salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah memberikan susu pertumbuhan.

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Triple Bifidus adalah susu pertumbuhan anak berusia 1 hingga 3 tahun yang mengandung semua nutrisi tambahan yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh kembang optimal.

Apa saja nutrisi yang diperlukan untuk mencegah stunting pada si Kecil?

Semua kandungan nutrisi pencegah stunting pada anak berikut dapat Moms temukan di susu pertumbuhan Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Triple Bifidus:

1. Nutrisi Makro (Karbohidrat, Protein, dan Lemak)

Salah satu indikator stunting adalah malnutrisi kronis, biasanya merupakan hasil dari pola makan yang buruk dan penyakit dalam jangka waktu lama. Balita yang memiliki kebiasaan makan yang kurang atau bahkan tidak bergizi, serta intensitas makannya sedikit karena nafsu makan rendah, berpotensi lebih rawan terkena stunting karena tingkat asupan energinya rendah.

Energi yang berasal dari makanan dapat diperoleh dari beberapa zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Fungsi energi yang paling utama adalah sebagai penunjang proses pertumbuhan, metabolisme tubuh, dan berperan dalam proses aktivitas fisik.

Secara lebih spesifik, karbohidrat merupakan penyedia energi utama. Bayi yang kekurangan karbohidrat dapat mengalami pertumbuhan fisik dan otak yang tidak optimal, dan dalam jangka panjang akan mengalami stunting.

Kemudian, protein adalah zat gizi yang berperan membangun struktur tubuh yaitu otot, kulit, dan tulang, serta sebagai pengganti jaringan yang sudah usang. Zat gizi makro ini juga berfungsi membantu metabolisme sistem kekebalan tubuh balita.

Terakhir, lemak sehat pada makanan berperan penting dalam perkembangan dan fungsi otak bayi dan balita, kesehatan mata, penyerapan nutrisi dan sistem kekebalan tubuh, menjaga suasana hati dan perilaku, mengatur gula darah, memaparkan si Kecil kepada kekayaan rasa makanan, mengatur gula darah, dan tentunya memberikan energi yang lebih tahan lama.

2. Probiotik Triple Bifidus

Probiotik Triple Bifidus merupakan gabungan 3 bakteri baik yaitu Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M16V, dan Bifidobacterium infantis M-63. Ketiga bakteri probiotik ini membantu sistem pencernaan agar lebih baik dalam menyerap nutrisi. Nutrisi yang terserap dengan baik akan meminimalkan risiko balita stunting.

Berikut ini manfaat masing-masing bakteri baik dalam Triple Bifidus:

  • Bifidobacterium longum BB536 meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah infeksi saluran napas,
  • Bifidobacterium breve M16V mencegah diare, konstipasi, dan infeksi saluran pencernaan lainnya, serta
  • Bifidobacterium infantis M-63 membantu penyerapan nutrisi, dan mencegah serta mengurangi gejala alergi.

3. AA & DHA

Arachidonic Acid (AA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) merupakan asam lemak tak jenuh yang berguna dalam pembentukan jaringan tubuh termasuk jaringan saraf, jaringan penglihatan, dan jaringan otak serta sistem imun si Kecil. Salah satu gejala stunting adalah gangguan otak yang dapat dicegah dengan cara memberikan makanan yang mengandung AA & DHA.

4. Alfa Laktalbumin

Nutrisi alfa laktalbumin, dikenal juga dengan sebutan whey protein, merupakan protein yang mempunyai peranan penting untuk meningkatkan fungsi kognitif alias kemampuan berpikir. Alfa laktalbumin memastikan ketersediaan asam amino, salah satu zat penting untuk perkembangan otak si Kecil. Selain untuk perkembangan otak, alfa laktalbumin juga berfungsi menstimulasi kekebalan tubuh sehingga si Kecil kebal dari serangan penyakit.

5. Beta Palmitat

Beta palmitat merupakan komponen nutrisi yang dapat ditemukan dalam ASI. Melalui perkembangan teknologi, Morinaga menghadirkan nutrisi beta palmitat dalam susu pertumbuhan sehingga kandungannya mirip dengan ASI. Oleh sebab itulah, Morinaga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Dalam jurnal “Beta-palmitate – a natural component of human milk in supplemental milk formulas” oleh Zuzana Havlicekova dkk.,  disebutkan bahwa balita yang mengonsumsi beta palmitat menunjukkan dampak positif terhadap metabolisme kalsium karena tubuhnya dapat menyerap lebih banyak kalsium untuk pembentukan tulang. Tidak hanya itu, volume tulang yang dibentuk pun lebih tinggi sehingga tulang lebih padat dan kuat. Si Kecil pun dapat mencapai tinggi maksimalnya.

Tambahan pula, feses dari balita yang mengonsumsi cukup beta palmitat lebih lembut sehingga risiko konstipasi dapat dicegah. Penelitian yang sama juga mengamati bahwa balita tersebut menjadi lebih tidak mudah menangis atau rewel serta gejala kolik berkurang. Kondisi pencernaannya juga lebih baik yang berdampak pada peningkatan sistem imun.

6. Vitamin dan mineral

Selain nutrisi-nutrisi yang sudah tersebut di atas, susu pertumbuhan Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Triple Bifidus juga mengandung 15 vitamin dan 9 mineral lainnya yang berperan penting dalam tumbuh kembang optimal seorang balita, terutama zat besi, yodium, kalsium, dan zinc yang sangat berguna sekali dalam mencegah stunting.

Pasalnya, dalam kasus kekurangan zat besi yang ekstrem, stunting dapat terjadi sebagai efek samping. Begitu juga dengan kekurangan yodium sebelum masa pubertas yang dapat menyebabkan tubuh kecil atau abnormal (Darwinism) dan pertumbuhan yang tidak sesuai dengan umur (stunting)

Di sisi lain, kalsium sudah sangat populer perannya sebagai nutrisi terpenting dalam perkembangan tulang dan gigi. Defisiensi kalsium berdampak pada tinggi badan yang tidak optimal. Terakhir, zinc berpengaruh signifikan pada perkembangan motorik sehingga kekurangan zinc dapat menyebabkan terjadinya keterlambatan proses pertumbuhan serta fungsi motorik anak-anak.

Perlu Moms ketahui, jumlah kasus stunting di Indonesia masih termasuk tertinggi di Asia. Per Oktober 2019, kasus stunting di negeri ini mencapai 27,67%. Ayo, Moms, mari turut cegah stunting pada si Kecil dengan memberikan nutrisi tepat untuk tumbuh kembang optimalnya, salah satunya, dengan memberikan susu pertumbuhan Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Triple Bifidus.

Referensi: Alodokter, GOV.UK, Halodoc, Klik Dokter, Morinaga, Nutrition Journal, Orami, Unair

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1162 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ini Alasan Mengapa Moms Memilih Morinaga Platinum Sebagai Susu Pertumbuhan Anak

Usai masa ASI eksklusif selesai yaitu sekitar usia 6 bulan, si Kecil perlu dikenalkan dengan

Ini Kandungan Susu Pertumbuhan Morinaga Chil Kid Platinum Melawan Virus

COVID-19 yang melanda seluruh dunia memaksa masyarakat untuk mengubah kebiasaan sehari-hari. Selain menjalankan protokol kesehatan seperti [...]

Apa sih Bedanya Sippy Spout dan Straw Cup?

Transisi dari menyusu langsung dari payudara ke botol dan lalu ke cangkir minum orang dewasa merupakan salah satu dari banyak tonggak [...]

Susu Pertumbuhan Morinaga Chil Kid Platinum Untuk Kecerdasan Si Kecil

Anak yang tumbuh dengan optimal merupakan dambaan setiap orang tua. Tidak hanya selalu sehat

Moms, Inilah Segudang Manfaat Nutribaby+ Buat Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan banyak sekali nutrisi. Ketika hamil, seorang ibu butuh

Babyo Review, Reversible Waterproof, Perlak Andalan di Kala Toilet Training

Seiring dengan bertambahnya usia, tentu tidak elok apabila si Kecil masih mengompol atau

Babyo Review Dr. Browns Transition Bottle - Botol Susu Transisi si Kecil cocok untuk usia 12 bulan ke atas

Botol susu merupakan suatu benda yang sangat dekat dengan kehidupan bayi dan balita. Banyak di

Kiat-kiat untuk Mengatasi Paranoid

Pandemi COVID-19 menyebabkan orang-orang di seluruh dunia mengalami kepanikan massal. Hal ini

Babyo Review, Berdee 2 in 1 Aves

Seorang bayi baru lahir hingga usia 6 bulan sangat membutuhkan ASI untuk pertumbuhannya. Bahkan,

Babyo Review: PRENAGEN lactamom

Bayi baru lahir hingga usia 2 tahun sedang berada dalam masa-masa keemasan. Yuk Moms, kenali asupan nutrisi yang tepat disaat menyusui si Kecil [...]

Babyo Review Grow Happy Club

Melalui program Grow Happy Club, orang tua dapat menukarkan beragam hadiah dengan cara mengumpulkan poin!

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Tidur Si Kecil by Mommy Nike Yosephine

Pengalaman mempersiapkan perlengkapan tidur si kecil bagiku adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.