Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini Cara Mengatasi Panic Attack Buat Millenial Moms

BRANDS  |  16 Sep '20


Kondisi pandemi virus Corona memaksa kita untuk menjalani kehidupan yang tidak menentu. Rutinitas kita berubah drastis karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Dalam kondisi seperti ini, ketakutan dan kepanikan menjadi respons yang wajar. Bagi Millenial Moms yang baru saja memiliki bayi, ketidakpastian dalam menjalani hidup di masa New Normal dan takut “salah” dalam mengurus bayi menjadikan panic attack suatu kondisi yang sangat rawan terjadi. Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut. 

Gejala-gejala postpartum panic attack yang perlu Moms ketahui 

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi panic attack, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu panic attack. New Moms bisa mengalami sebuah kondisi yang disebut postpartum panic attack sebagai manifestasi dari kecemasannya usai melahirkan. Banyak orang mengira gejala-gejala panic attack sebagai gejala serangan jantung atau stroke. Padahal, sebab yang mendasari ketiganya amat berbeda. Postpartum panic attack disebabkan karena kondisi mental seorang ibu setelah melahirkan mengalami kecemasan mendalam. 

Berikut ini gejala-gejala postpartum panic attack sebagaimana dilansir oleh postpartumprogress.com: 

  • Jantung berdebar-debar 
  • Sakit di daerah dada atau dada terasa sesak 
  • Napas tersengal-sengal/pendek-pendek 
  • Hyperventilating 
  • Badan terasa lemah 
  • Pusing, pening, puyeng, dsb. 
  • Mati rasa, kesemutan, dan kram otot 
  • Takut ketika ditinggal sendirian bersama si Kecil 
  • Badan bergetar, berkeringat, dan rasanya hampir pingsan 
  • Menjadi fobia terhadap sesuatu; misalnya takut mengemudi, takut benda tajam, dsb. 

Cara mengatasi panic attack pada Millennial Moms 

Jika Moms memang menunjukkan gejala-gejala di atas dan selalu merasa cemas terutama dalam hubungannya dengan mengurus si Kecil, tenanglah, Moms tidak sendirian. Ada banyak ibu di luar sana yang juga mengalami hal serupa dengan Moms. Carilah komunitas yang bisa membantu Moms menjalani hidup sebagai ibu baru bebas stres. Selain itu, lakukan langkah-langkah berikut yang dapat membantu Moms mengatasi panic attack: 

1. Buat jadwal kegiatan sehari-hari 

Dr. Jennifer Lusa, Wakil Presiden dari Program Intensif “The Village for Families & Children’s Associate” mengatakan bahwa kecemasan dapat ditangkal dengan melakukan hal-hal yang benar-benar Moms kuasai. Karena itu, cobalah membuat jadwal kegiatan sehari-hari agar Moms dapat menjalani hari-hari yang dapat diprediksi, rutin, terstruktur, dan konsisten. Dengan jadwal kegiatan, Moms memiliki kontrol akan kegiatan yang akan Moms jalani.  

2. Sering-sering bersyukur 

Penting untuk menikmati apa yang telah Moms miliki selama ini. Oleh karena itu, bersyukurlah dan hargai apa yang telah Moms dapat. Sikap ini memungkinkan Moms untuk berdamai dengan keadaan di sekitar yang tidak menentu. 

3. Tetaplah terhubung dengan orang lain 

Pandemi Corona memang menyulitkan pergerakan kita di luar rumah. Kita disarankan untuk tetap di rumah saja apabila tidak benar-benar mendesak untuk bepergian. Kegiatan bersosialisasi di luar rumah pun praktis menjadi terhenti. Untungnya, di era teknologi informasi seperti sekarang ini, Moms dapat dengan mudah tetap terhubung dengan dunia luar dengan menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer. Manfaatkan WhatsApp, Zoom, Instagram, dsb. untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, dan kenalan meskipun tidak bisa bertatap muka secara fisik. Kegiatan ini akan sangat berdampak pada kesehatan mental Moms dan mengingatkan Moms bahwa Moms tidak benar-benar sendirian. 

4. Menulis diary 

Dengan mencurahkan isi hati dan segala ketakutan sehari-hari  ke dalam tulisan, nyatanya bisa sebagai media terapi untuk Moms yang menghadapi panic attack. Selain peralatan yang tidak mahal yaitu hanya membutuhkan jurnal dan pena,  menulis diary ternyata memiliki segudang manfaat, lho, Moms! Yaitu sebagai wadah curhat, membantu mengenal diri sendiri, meningkatkan kreativitas dan sebagai catatan sejarah diri, yang sewaktu-waktu bisa Moms kunjungi lagi dan melihat perjalanan yang sudah Moms lewati. 

5. Makan-makanan bergizi 

Agar tubuh tetap sehat, Moms tentu harus memenuhi nutrisi tubuh dengan makan-makanan bergizi. Tentunya, ada beberapa poin yang perlu Moms perhatikan sehubungan dengan pemenuhan nutrisi di masa New Normal ini.  

Pertama, perbanyak diet makan-makanan nabati dan kurangi diet makanan berbasis daging. Seperti yang kita ketahui, daging yang kurang matang bisa menjadi sumber penyebaran virus. Moms juga harus menghindari konsumsi daging eksotis yang tidak jelas asalnya dan pengolahannya. Sebaliknya, perbanyak konsumsi sayur mayur dan buah. 

Kedua, kurangi kebiasaan jajan makanan luar. Masaklah sendiri makanan yang hendak Moms dan keluarga konsumsi sehingga Moms dapat menjaga kehigienisannya. Manfaatkan waktu memasak untuk mempererat hubungan dengan Dads dan si Kecil. 

Terakhir, pastikan kebersihan bahan makanan yang hendak Moms makan dan olah. Cuci bahan makanan hingga bersih. Cek tanggal kedaluwarsa makanan. Jangan mengonsumsi makanan yang kemasannya sudah rusak. 

Ketika Moms tahu dengan pasti asal dan cara mengolah makanan yang Moms konsumsi, hilanglah rasa cemas mengenai apa yang akan terjadi sesudah Moms mengonsumsi makanan-makanan tersebut. 

6. Olahraga teratur 

Agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga, tetaplah rutin berolahraga. Setidaknya, luangkan waktu 3 kali seminggu untuk mengolah tubuh. Manfaatkan free workouts online course yang dapat memandu Moms berolahraga di rumah saja. Istirahatlah sejenak setiap jam apabila Moms working from home. Pastikan postur tubuh benar, sering-seringlah stretching, dan berjalan-jalan agar sirkulasi darah lancar dan otak beristirahat dengan baik. 

Setiap hari, luangkan waktu paling tidak 10 menit untuk berjemur. Kegiatan berjemur dapat menekan sistem imun yang terlalu aktif, bahkan dapat menjadi salah satu metode penyembuhan penyakit autoimun psoriasis. Produksi sel darah putih juga meningkat ketika tubuh terpapar sinar matahari. Sel darah putih dapat mencegah infeksi dan memerangi penyakit yang menyerang tubuh. 

Rutin berolahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri Moms juga. Gaya hidup aktif seperti ini dapat menjauhkan Moms dari sikap murung, sedih, dan pesimistis yang menjadi penyebab kecemasan.

7. Pastikan kualitas udara tetap bersih 

Polutan seperti debu, asap, bulu, jamur, bakteri, tungau, virus, dan alergen sangat-sangat berpotensi menjadi sumber penularan penyakit. Polutan akan muncul apabila kualitas udara tidak baik, seperti kotor dan bau. Maka, secara tidak langsung, udara yang berkualitas tinggi menentukan imunitas tubuh seseorang yang menghirupnya. 

Pasanglah air purifier di rumah Moms untuk menangkap polutan di udara dan mendistribusikan udara bersih setelah melalui proses pemfilteran. Air purifier yang baik memiliki filter HEPA dan fitur sinar UV-C germicidal internal; filter HEPA untuk mengurangi penyebab alergi di udara dan sinar UV-C untuk mematikan kuman, bakteri, virus, dan alergen. Sinar lampunya juga dapat membantu penderita insomnia tidur nyenyak karena bisa menciptakan suasana relaks. 

Memiliki air purifier yang dipasang di rumah tentu saja akan membuat Moms #BernapasLebihBaik. Polutan yang menempel di permukaan benda dan mengkotori udara berkontribusi pada banyak kondisi medis termasuk kesehatan mental dan kecemasan yang bisa berujung pada panic attack. Memasang air purifier akan mengurangi kekhawatiran Moms terhadap udara kotor dan seiring berjalannya waktu akan mengarah pada peningkatan kesehatan dan kecemasan secara keseluruhan. 

Kita memang tidak tahu pasti kapan kita bisa hidup bebas dari virus Corona. Meski begitu, tetaplah yakin dan optimistis menjalani kehidupan dengan cara konsisten terhadap rutinitas, sering-sering bersyukur, tetap terhubung dengan orang-orang yang Moms cintai, memenuhi kebutuhan nutrisi, berolahraga teratur, dan memastikan kualitas udara tetap bersih. Kesehatan fisik dan mental memang perlu selalu terjaga agar imunitas Moms semakin kuat dalam memerangi Corona. #breathwellwithDREW 

 

Referensi: Anxiety Attack SolutionsPostpartum ProgressThe Village 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

79 Drew Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Tetap Produktif dari Rumah

Dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, banyak dari kita yang kini menghabiskan

Babyo Review Dr. Brown's Silicone One-Piece Breastpump

Apa saja sih manfaat dari menggunakan Pompa ASI bagi Moms? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Biasakan Si Kecil Merawat Gigi Sejak Dini

Mengajarkan si Kecil merawat gigi perlu dilakukan sejak dini. Hal ini bertujuan untuk membiasakan si kecil hidup sehat. berikut ini tips yang [...]

Si Kecil Sering Kembung Setelah Minum? Ini Solusinya

Di awal-awal kehidupannya, seringkali kita menjumpai bayi dengan keluhan perut kembung. Saat si Kecil kembung, Ia akan cenderung rewel dan sulit [...]

Manfaat Berolahraga di Sore Hari Bersama Si Kecil

Di tengah rutinitas sehari-hari, manusia perlu berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Nah, melibatkan si Kecil saat [...]

Bedtime Routine, Senjata Ampuh Agar Si Kecil Tidur Lelap

Apakah Moms merasa kesulitan menidurkan si Kecil di kala malam tiba? Bedtime routine alias rutinitas tidur yang konsisten dapat membantu si [...]

Tips Mengoptimalkan Tumbuh Kembang si Kecil

Apa saja cara yang bisa dilakukan orang tua agar tumbuh kembang si Kecil optimal? Yuk, Moms, simak tips berikut ini.

Si Kecil Mencret? Yuk, Beri Ia Makanan Berikut

Moms, apakah si Kecil sering diare? Jika ya, kondisi ini sebenarnya lazim terjadi kok pada balita.

Babyo Review Nestlé LACTOGROW 3

80% sistem imunitas berada di dalam saluran cerna sehingga kesehatan saluran cerna sangat penting untuk dijaga.

Exclusive Privilege: Lactaboost Andalan Nutrisi

Selain mencukupi nutrisi, masa menyusui menjadi momen bonding dengan si Kecil.

Yuk Kenalan dengan Dr.ato Baby Skincare Series

Rangkaian perawatan Dr.ato sudah siap untuk menemani dan melindungi kesehatan kulit si Kecil.

Why Does Baby Need Baby Shampoo?

Why do we use baby shampoo instead of our own shampoo to wash our baby’s hair?

Why Does NAIF Nourishing Shampoo Give Your Baby a Good Hair Day?

Why doe NAIF Nourishing Shampoo give your baby a good hair day? Let's find out here!

Why Does Untangled Hair Happen to Babies?

Why does untangled hair happen in babies? Let's find out!

Why Does Foam Cause Hair Fall?

Kandungan SLS memberikan efek berbusa, namun bisa menghilangkan minyak di kulit kepala.

So, Why Is NAIF Effective for Untangled Hair?

NAIF Nourishing Shampoo memiliki kandungan cottonseed oil yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Mamibot, The First Cordless, Small, and Light Vacuum Cleaner

Mamibot UV LITE100 didesain dengan ukuran yang kecil dan ringan sehingga praktis saat digunakan.

Bagaimana Proses Pemotretan Newborn?

Proses pemotretan Newborn sering dianggap mudah, padahal banyak tantangan sebelum melakukan pemotretan.

Why Should You Choose NAÏF Nourishing Shampoo For Newborns?

Banyak sampo bayi yang dapat Moms temukan di pasaran. Tapi apakah sampo tersebut aman bagi newborns?

Why Is NAÏF Nourishing Shampoo Perfect for Your Little One?

Banyak sampo bayi yang dijual di pasaran. Tapi kenapa Nourishing Shampoo NAÏF pilihan yang paling pas?