Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ini Alasan Mengapa Moms Harus Memilih Botol Susu yang Bisa Jaga Gizi ASIP

BABY  |  BRANDS  |  MY STORY  |  27 Oct '20


Memberikan ASI eksklusif secara langsung merupakan metode terbaik untuk memenuhi nutrisi seorang bayi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Tetapi bagaimana untuk Moms yang kembali bekerja dan tidak dapat menyusui si Kecil secara langsung? Moms perlu mempersiapkan persediaan ASIP dengan cara memompa dan menyimpannya ke dalam tempat penyimpanan ASIP, baik itu botol atau kantong ASIP. Kemudian, ASIP yang telah disimpan didinginkan agar bisa bertahan lebih lama. Si Kecil pun masih bisa mendapatkan ASI meski Moms sedang bekerja.

Botol susu masih menjadi tempat menyimpan persediaan ASIP favorit para ibu. Namun, tahukah Moms bahwa ASIP yang disimpan di botol susu dapat berkurang kandungan nutrisinya? Artikel jurnal berjudul “The Macronutrients in Human Milk Change after Storage in Various Containers” oleh Yu-Chuan Chang dkk. menyebutkan bahwa kandungan lemak dalam ASI ketika melalui proses penyimpanan, pendinginan, dan pencairan mengalami penurunan signifikan hingga 9% ketika disimpan dalam berbagai macam wadah termasuk botol susu kaca dan botol susu plastik.

Analisis tersebut melibatkan 18 busui dan 42 sampel ASI fresh yang didapat dengan cara mengekspresikan ASI dengan menggunakan tangan atau pompa ASI. Ke-42 sampel tersebut lantas langsung disimpan di dalam kontainer kaca di lemari pendingin selama 3 hari sebelum dianalisis. Setiap sampel memiliki total volume 280 ml milik 1-2 donor ASIP. Hilangnya kandungan lemak pada ASIP setelah disimpan kemungkinan besar adalah karena ASI menempel pada di dinding wadah, lipolisis, atau peroksidasi lipid.

Pada penelitian lain yang dilakukan oleh C. Ramirez-Santana dkk. yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul “Effects of Cooling and Freezing Storage on the Stability of Bioactive Factors in Human Colostrum”, ditemukan bahwa kandungan Interleukin-10 (IL-10) pada kolostrum yang disimpan di lemari pendingin bersuhu 4 derajat Celcius hingga 48 jam mengalami penurunan. IL-10 berfungsi sebagai anti-inflamasi pada sistem imun manusia. Masih pada penelitian yang sama, terpantau kolostrum yang disimpan pada lemari beku bersuhu -80 derajat Celcius hingga 12 bulan mengalami penurunan kandungan Immunoglobulin A (antibodi yang berperan penting dalam fungsi kekebalan selaput lendir), Interleukin-8 (protein penting untuk imunitas), dan TGF-β1 (protein penting untuk pertumbuhan).

Selain penurunan kandungan protein dan lemak yang sangat berarti dalam pembentukan sistem imun dan tumbuh kembang si Kecil, ASIP yang disimpan dalam botol susu biasa juga rentan terkontaminasi bakteri. Alhasil, sudah gizinya berkurang, berbahaya pula jika ASIP tersebut diberikan kepada si Kecil.

Oleh karena hal-hal tersebut di atas, Moms tidak boleh memilih botol susu secara sembarangan. Pilihlah botol susu yang bisa jaga gizi ASIP sehingga si Kecil tetap mendapatkan kandungan ASI secara sempurna. Inilah beberapa kriteria yang harus dimiliki botol susu pilihan Moms:

  • 100% vacuum free sehingga bisa menjaga kadar nutrisi di dalam susu lebih baik dan menyediakan pengalaman minum susu bebas udara sehingga mengurangi kembung
  • Breast-like nipple dapat mencegah bingung puting karena si Kecil mudah beradaptasi minum dari botol ke menyusui langsung dan sebaliknya
  • Internal vent system yang memisahkan jalur udara dengan susu sehingga terbukti secara klinis mengurangi kolik, muntah, masuk angin, dan perut kembung; membantu menyehatkan saluran pencernaan bayi sehingga si Kecil dapat tidur lebih nyenyak
  • Natural Flow memberikan laju aliran susu yang konsisten sehingga mendukung direct breastfeeding
  • Botol Susu dengan bahan Borosilicate Glass / bahan kaca karena tidak adanya pori-pori dalam material botol menjadikan nutrisi ASIP tetap terjaga.

Botol susu berkualitas tinggi mampu jaga gizi ASIP. Pastikan si Kecil mendapatkan pengalaman minum susu yang sempurna sehingga kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembangnya selalu terpenuhi, ya, Moms!

 

Referensi: Journal of Dairy Science, Pediatrics and Neonatology

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

141 Dr. Brown's Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Babyo Review: Stroller Babycare

Bepergian bersama si Kecil adalah saat yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Di balik pengalaman